Sponsors Link

Inilah Bahaya Kista Yang Diabaikan Selama Ini Dan Cara Menghilangkannya

Sponsors Link

Tumor tulang merupakan salah satu macam-macam penyakit tulang yang menyebabkan adanya pembengkakan pada tulang namun bukan termasuk kanker. Keberadaannya seringkali membuat takut orang yang mengidapnya, tak terkecuali jika mengidap tumor yang disebut kista ganglion. Tumor satu ini tumbuh di atas sendi atau jaringan yang menghubungkan otot ke tulang (selubung penutup tendon). Biasanya tumor ini juga tumbuh pada bagian atas pergelangan tangan, sisi telapak pergelangan tangan, pangkal jari di sisi telapak, dan bagian atas sendi ujung jari.

ads

Gejala kista tulang atau ganglion ini berupa benjolan yang berair di bawah kulit, dengan tekstur gel kental lengket, bening namun tidak berwarna. Kista ganglion mempunyai bentuk sebesar kacang polong hingga bisa membesar seperti bola golf. Ukuran ini tergantung tingkat keparahan yang sudah terjadi. Tetapi sebesar apapun ukurannya, tumor ini masuk kategori jinak, tidak berbahaya karena tidak menyebabkan penyebaran ke daerah lain. Bukan berarti karena tidak berbahaya, kista jenis ini tidak akan terasa sakit, karena seringkali bahaya kista ganglion yang diabaikan akan menimbulkan rasa sakit, karena kista ini akan menekan saraf di dekatnya, malah bisa menyebabkan mati rasa di wilayah tumbuhnya tumor ini.

  • Bahaya Munculnya Kista Ganglion

Seseorang menjadi mengidap kista ganglion karena berbagai faktor, yang pertama benjolan muncul saat cairan sinovial (pelumas sendi atau tendon) bocor dan mengumpul di dalam kantung. Untuk yang kedua bisa juga kemunculannya karena trauma yang berimbas pada jaringan sendi jadi pecah dan memunculkan kista-kista kecil, yang akhirnya mengumpul jadi besar. Ketiga adalah ketika dulunya seseorang cedera pada sendi atau tendon yang menyebabkan terluka dan tidak ditangani dengan baik, akan memunculkan kista. Keempat, bagi yang suka olahraga dan sering menggunakan sendinya juga bisa berpotensi, terutama perempuan. Kelima, kelainan pada tulang berupa osteoarthritis diidap oleh orang yang mempunyai arthritis pada persendian jari yang paling dekat kuku ini berisiko terkena kista.

  • Menghilangkan Kista Ganglion

Kista Ganglion bisa dilihat karena kebanyakan benjolan tidak menyebabkan rasa sakit dan juga tumor ini mengempis dengan alami. Tetapi ada juga yang menimbulkan rasa sakit, sehingga pengidapnya harus mengurangi kegiatan sehari-harinya yang banyak menggerakan sendi, mengonsumsi obat kista ganglion, dan menjalani pengobatan kista tulang. Atau jika memang masih terasa sakit luar biasa, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Aspirasi, merupakan penarikan cairan akan dilakukan hingga tumor ini mengempis. Dalam terapinya, dokter akan melakukan suntikan pada Kista Ganglion.
  2. Imobilisasi, ketika ukuran Kista Ganglion semakin membesar, maka caranya mengobatinya adalah melakukan bidai. Terapi ini tidak disarankan dilakukan jangka panjang, karena akan melemahkan otot. Maka dari itu, Anda harus berdiskusi dengan dokter perihal penggunaan terapi ini.
  3. Operasi, hal terakhir jika kedua hal di atas tidak dapat menyembuhkan kista ganglion. Biasanya dalam tahap ini, Anda sudah merasakan nyeri, mati rasa, tergelitik dan dapat mengganggu kegiatan rutin dalam keseharian. Dalam operasi kista ganglion ada dua jenis, pertama pembedahan terbuka, dalam proses ini, dokter akan menyayat sepanjang 5 cm di lokasi kista ganglion. Kedua adalah pembedahan artroskopi. Opera ini dalam tahap awalnya akan menyayat dengan ukuran yang lebih kecil. Setelahnya kamera kecil yang bernama artroskop akan dimasukkan ke dalam sayatan agar dokter bisa melihat lokasi persis dari tumor ini. Selanjutnya akan memasukkan alat untuk mengangkat kista ganglion.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 25th, March 2019 / 09:50 Oleh :