Sponsors Link

10 Penyebab Nyeri Pada Tulang Vagina yang Belum Banyak Disadari

Sponsors Link

Rasa nyeri pada bagian vagina kerap dirasakan oleh sebagian wanita yang akhirnya sangat menganggu dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Rasa sakit yang muncul tentu saja menandakan bahwa ada sesuatu yang tidak beres yang sedang terjadi pada area kewanitaan.

ads

Bisa karena terjadi infeksi, terjadinya cedera akibat benturan pada tulang vagina, faktor kehamilan atau bisa juga karena ada kerusakan pada organ dalam pada area kewanitaan sehingga menimbulkan rasa nyeri pada area vagina. Namun pada kasus yang sering terjadi penyebab nyeri pada tulang vagina ini biasanya akibat kehamilan yang mulai membesar dan memasuki usia tua bahkan juga ada yang merasakan sakit tulang ekor setelah melahirkan.

Penyebab Nyeri Pada Tulang Vagina.

Penyebab nyeri pada tulang vagina secara umum yang sering dirasakan oleh wanita bisa disebabkan oleh banyak  faktor berikut :

  1. Benturan atau cedera

Adanya benturan atau cedera yang menyebabkan trauma pada tulang kemaluan atau panggul sehingga menimbulkan rasa sakit yang cukup mengganggu hingga ke tulang ekor. Cara mengobati tulang ekor sakit karena jatuh bisa dengan meminum obat penghilang rasa nyeri.

  1. Akibat infeksi atau adanya penyakit

Terjadinya suatu masalah pada bagian organ dalam di area sekitar panggul atau rahim akibat infeksi, bakteri, atau karena suatu penyakit yang menjadi penyebab tulang ngilu dan menimbulkan rasa nyeri pada area kewanitaan.

  1. Faktor kehamilan

Faktor kehamilan juga memiliki andil besar dalam menjadi penyebab nyeri pada tulang vagina, karena pada saat kehamilan semakian besar dan tua persendian dan jaringan yang berada di sekitar area panggul menjadi lebih longgar dan lunak sehingga menimbulkan rasa ngilu dan nyeri saat beraktivitas. Dalam hal ini rasa sakit dan nyeri pada tulang vagina ini bisa di atasi dengan pemakaian korset khusus agar daerah panggul bisa tersangga dengan baik.

  1. Simfisis Pubis Disfungsi atau SPD

Merupakan gangguan pada tulang pubis yang bisa terjadi karena hormon relaksin yang terlalu aktif sehingga menyebabkan ligamen – ligamen pada panggul menjadi renggang sehingga tulang terasa sakit dan ngilu.

  1. Aktivitas berat yang berlebihan

Terlalu banyak beraktivitas berat yang terlalu menekan area panggul sehingga persendiannya menjadi tertekan atau menyebabkan kelainan pada tulang panggul yang akhirnya menjadi penyebab nyeri pada tulang vagina.

  1. Kerusakan atau kelainan sendi

Terjadi kerusakan atau kelainan pada sendi di area panggul sehingga menyebabkan fungsi persendian tidak bekerja dengan baik, seperti terjadinya perubahan bentuk panggul yang tidak rata.

  1. Kelainan pada otot panggul

Terjadinya kelainan atau disfungsi otot panggul sehingga mengganggu kinerja otot area panggul yang berhubungan dengan sendi pelvis.

Sponsors Link

  1. Penyakit ISK atau Infeksi Saluran Kencing

Bisa juga terjadi akibat penyakit infeksi saluran kemih yang juga dapat menimbulkan rasa nyeri pada area vagina, untuk penyebab ini bisa dihindari dengan menjaga kebersihan dan tidak menahan kencing terlalu lama dan keseringan.

  1. Tumor atau kanker pada rahim

Adanya tumor atau kanker pada rahim seperti kanker kista atau kanker ovarium juga bisa menyebabkan tulang kemaluan terasa sakit, sehingga harus segera melakukan pemerikasaan jika terjadi rasa nyeri yang sebabnya tidak dikatahui secara pasti agar bisa terdeteksi lebih dini dan mendapatkan pengobatan lebih cepat.

  1. Radang panggul

Radang panggul bisa terjadi karena serangan dari bakteri yang tumbuh dan berkembang dalam organ dalam kewanitaan sehingga menimbulkan infeksi dan menyebabkan pelvic inflammatory disease atau radang panggul yang juga dapat menyebabkan tulang ekor sakit.

Itulah beberapa penyebab nyeri pada tulang vagina yang harus diketahui dan sebaiknya segera lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk menjaga kesehatan tulang konsumsilah makanan yang mengandung kalsium.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Sunday 18th, March 2018 / 03:17 Oleh :