Sponsors Link

4 Pengobatan Tumor Tulang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Tumor tulang merupakan salah satu jenis masalah tulang yang bisa menyerang banyak orang. Keadaan tumor tulang merupakan tumbuhnya massa jaringan yang disebabkan karena sel-sel di tulang tumbuh dengan tidak terkendali. Sebagian besar tumor tulang memiliki sifat jinak, bukan merupakan kanker dan tidak dapat mengalami penyebaran. Akan tetapi hal ini tidak berarti bahwa tumor tulang tidak akan menyebabkan kerusakan pada tulang.

ads

Bahkan, tumor tulang bisa menyebabkan daerah yang terkena masalah ini menjadi lemah dan rentan terhadap benturan. Di sisi yang lain, tumor tulang juga bisa bersifat ganas, alias menjadi kanker. lain dari tumor tulang bersifat ganas dan merupakan kanker. Apabila sudah menjadi kanker, maka tumor bisa menyebar ke seluruh tubuh dan merusak jaringan tulang yang normal. Oleh karena itulah kita semua perlu mengetahui, setidaknya beberapa hal umum mengenai pengobatan tumor tulang yang bisa kita lakukan apabila kita mengalami hal tersebut.

Memangnya bagaimana sajakah pengobatan yang bisa kita lakukan untuk mengobati tumor tulang ini? Kapan kita bisa memulai mengobatinya? Dan bagaimana cara yang tepat untuk bisa melaksanakan pengobatan tersebut? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, tentu saja kita perlu mengetahui beberapa hal mengenai tumor tulang. Apa saja hal tersebut? Untuk menjawabnya, kamu harus membaca artikel ini sampai tuntas di bawah ini.

Gejala dan Tanda-tanda Tumor Tulang

Sebelum membahas mengenai pengobatan pada tumor tulang, tentunya kita perlu mengetahui apa saja gejala tumor tulang yang bisa menjadi tanda bahwa tumor tulang telah kita alami. Tentunya hal ini akan mempercepat proses penyembuhan karena kita bisa mendapatkan gejala awal tulang dengan cara yang tepat.

  • Memangnya apa sajakah gejala atau tanda-tanda tumor tulang tersebut? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:
  • Terdapatnya massa jaringan tidak lazim tumbuh di suatu tempat di tubuh
  • Seringnya mengalami tubuh berkeringat di malam hari
  • Mengalami gejala demam sebagai salah satu gejala umum adanya infeksi pada salah satu bagian tubuh
  • Munculnya rasa nyeri pada salah satu bagian tubuh (tulang) yang konstan dan makin lama makin terasa lebih sakit dari waktu ke waktu
  • Pada beberapa kasus, bisa jadi tidak muncul rasa sakit karena tumor masih berada dalam tahap jinak kecuali dilakukan pemeriksaan seperti scan pencitraan

Apabila kamu mengalami beberapa macam gejala di atas, ada baiknya apabila kamu segera memeriksakan diri ke dokter yang tepercaya sehingga kamu bisa segera diperiksa dan apabila positif terkena tumor tulang, bisa segera diobati dengan baik. Jangan lupa untuk melihat pula gejala tumor tulang belakang yang juga sangat berbahaya.

Penyebab Tumor Tulang

Selain mengetahui berbagai macam gejala di atas, tentu pertanyaan berikutnya yang patut pula kita ajukan adalah apa saja penyebab tumor tulang ini? Tentunya hal ini juga perlu untuk diketahui supaya kita bisa mencegah agar kita tidak sampai mengalami tumor tulang dan tidak perlu melakukan pengobatan yang menelan biaya dan waktu. Walaupun sebab pasti tumor tulang belum bisa dipastikan, akan tetapi beberapa faktor risiko dan kemungkinan penyebab tumor tulang di antaranya adalah sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Terjadinya malfungsi pada salah satu bagian tubuh yang menyebabkan gangguan perkembangan sel tubuh sehingga berpotensi menjadi tumor
  • Munculnya tumor karena pengobatan dengan tipe radiasi yang berjumlah terlalu banyak (overdosis)
  • Cedera tulang tertentu yang pada akhirnya memicu kelainan pada sel jaringan tulang, apabila terjadi pada tulang belakang bisa saja menyebabkan terjadinya kerusakan sumsum tulang belakang
  • Efek samping dari obat anti kanker yang digunakan pada anak-anak akan tetapi menjadi sebab munculnya tumor tulang
  • Metastatis atau kanker tulang sekunder

Itulah beberapa macam faktor risiko yang mungkin menjadi penyebab terjadinya tumor tulang.

ads

Pengobatan untuk Tumor Tulang

Mungkin inilah salah satu hal yang paling kamu cari dari artikel ini. Perlu dipahami bahwa tumor tulang jinak, tanpa pengobatan tumor tulang, biasanya tumor akan hilang sendiri tanpa perlu diberikan perlakukan tertentu. Akan tetapi tentu saja hal tersebut harus disesuaikan dengan masalah yang riil dialami. Tanpa memperlama lagi, berbagai cara atau metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tumor tulang antara lain adalah sebagai berikut

1. Operasi

Pada kasus tumor yang sudah ganas, mau tidak mau harus segera dilakukan operasi untuk mengangkat masalah tumor tulang tersebut. Pada umumnya hal ini dilakukan setelah melalui berbagai macam pertimbangan, dimulai dari seberapa jauh kanker tumbuh, dan lain sebagainya. Operasi dilakukan untuk mengangkat tumor tulang yang telah parah kemudian dilakukan implan logam untuk membuat tulang bisa melakukan pergerakan yang normal. Apabila kanker sudah sedemikian parah, maka langkah yang perlu dilakukan selanjutnya adalah amputasi.

2. Pengobatan di rumah

Selain melakukan operasi, kita juga perlu melakukan penanganan masalah tumor tulang di rumah kita. Beberapa macam cara untuk mengatasi tumor tulang di rumah di antaranya meliptui berbagai macam hal sebagai berikut:

  • Melakukan kunjungan rutin ke dokter pasca operasi agar bisa dipantau perkembangan tulang yang telah dioperasi
  • Hindari melakukan olahraga ekstrem yang dapat melukai tulang agar tulang tidak mengalami cedera yang lebih serius, sebagaimana dalam proses penyembuhan patah tulang
  • Menenangkan psikologis dan bersabar karena laju pemulihan tergantung pada jenis tumor
  • Bergabung dengan kelompok dukungan kanker untuk meningkatkan energi positif agar kita bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan bersemangat dan membantu meningkatkan penyembuhan kita.

3. Limb salvage

Cara untuk mengatasi tumor tulang berikutnya yang bisa dilakukan dan dicoba oleh dokter adalah metode limb salvage. Metode pengobatan ini bisa dilakukan apabila tumor atau kanker belum menyebar terlalu jauh atau masih berada di area sekitar tulang. Selain itu, pengobatan tumor tulang yang satu ini juga bisa dilakukan apabila kanker berada di tungkai.

Melalui metode ini, jaringan kanker akan diangkat tanpa perlu memotong tulang. Apabila tulangnya terlanjur terkena kanker, maka tulang yang terkena kanker akan diradiasi dan setelah itu akan dikembalikan ke tempatnya semula. Metode ini memiliki kekurangan, yaitu hanya bisa dilakukan apabila saraf dan pembuluh darah di sekitar area yang terkena kanker masih sehat. Apabila tidak, maka hal ini tidak bisa dilakukan untuk mengobati tumor tulang.

4. Rekonstruksi tulang

Cara pengobatan penyakit tumor tulang berikutnya adalah dengan melakukan rekonstruksi tualng. Cara ini digunakan untuk membantu melakukan pengobatan terhadap tumor tulang apabila tulang yang terkena kanker tidak bisa diselamatkan.

Sponsors Link

Proses rekonstruksi tulang secara ringkas dilakukan dengan cara memotong tulang yang terkena kanker lalu menggantinya dengan tulang buatan atau tulang hasil donor. Oleh karena donor tulang di Indonesia cenderung jarang, maka khusus untuk pengobatan tumor tulang di Indonesia dengan metode ini lazimnya dilakukan dengan cara mengganti tulang dengan implan dari senyawa logam seperti baja, titanium, kromium, atau kobalt dengan bahan polietilen yang digunakan untuk dijadikan sendi penghubung antar tulang.

Itulah beberapa informasi penting mengenai pengobatan tumor tulang. Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu ya.

Selamat menjaga kesehatan tulang!

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 10th, January 2018 / 16:02 Oleh :
Kategori : Tumor Tulang