Sponsors Link

Wajib Ketahui Inilah 6 Ciri-Ciri Hidung Bengkok yang Mudah Dikenali

Sponsors Link

Dari seluruh struktur tulang yang ada pada wajah, tulang hidung merupakan tulang yang paling rentan dan paling sering mengalami benturan dari kecelakaan maupun cedera yang bisa menjadi penyebab tulang terasa sakit dan ngilu pada hidung. Walaupun begitu, tulang hidung mudah untuk disembuhkan kembali apabila dilakukan penanganan yang tepat setelah cedera. Salah satu cedera yang cukup sering terjadi pada hidung adalah tulang hidung bengkok.

ads

Ciri-ciri hidung bengkok biasanya muncul karena adanya pembengkokan atau pergeseran pada tulang keras maupun tulang rawan yang memisahkan antara dua lubang hidung. Selain dapat terjadi karena cedera, tulang hidung bengkok ini bisa merupakan kelainan kongenital atau bawaan sejak lahir. Meskipun mudah disembuhkan, jika hidung bengkok atau septum deviasi yang terjadi tergolong parah dan tidak segera mendapatkan pengobatan dapat menimbulkan datangnya infeksi yang bisa menyerang sinus atau mukosa hidung. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu diketahui mengenai ciri-ciri hidung bengkok atau geser antara lain:

1. Mimisan atau pendarahan

Selain dapat menjadi penyebab tulang hidung sakit, kondisi hidung bengkok juga dapat menyebabkan mimisan. Mimisan dapat terjadi karena ketika tulang hidung mengalami gangguan, maka dapat menyebabkan hidung cenderung kering yang akan meningkatkan risiko terjadinya mimisan atau pendarahan dari hidung.

2. Hidung tersumbat

Ketika hidung bengkok atau bergeser bisa menyebabkan pembengkakan, yang akan mengakibatkan penyumbatan dapat terjadi di salah satu maupun di kedua lubang hidung. Sehingga akan mengakibatkan kesulitan bernapas melalui hidung, yang pada akhirnya akan terbantu dengan bernapas melalui mulut. Hidung tersumbat ini akan semakin terasa efeknya apabila penderita sedang mengalami flu atau gangguan pernapasan lainnya.

3. Berisik saat tidur

Ciri-ciri hidung bengkok lainnya adalah pada saat tidur penderita akan mengeluarkan suara berisik seperti mendengkur dari hidung. Kondisi ini disebabkan karena pada saat hidung bengkok akan terjadi pembengkakan pada jaringan intranasal, yang tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa namun juga penderita yang masih anak-anak.

4. Nyeri pada wajah

Pada saat hidung bengkok, biasanya nyeri tidak hanya dirasakan pada bagian hidung atau daerah sekitar hidung. Hidung bengkok juga dapat menjadi penyebab tulang sakit, juga dapat menyebar ke bagian wajah lainnya.

5. Infeksi pada hidung

Ketika tulang mengalami gangguan termasuk tulang hidung, maka dapat meningkatkan risiko hidung terserang infeksi terutama jika kondisi hidung bengkok parah. Sinus adalah infeksi hidung akibat serangan bakteri, yang bisa menyebabkan hidung mengalami peradangan. Sehingga perlu segera dilakukan pengobatan atau terapi tulang hidung bengkok untuk meluruskan hidung dan meminimalisir infeksi.

6. Sakit kepala

Penyempitan saluran pernapasan pada hidung sebagai ciri-ciri hidung bengkok dapat menyebabkan suplai oksigen ke dalam tubuh terutama otak menjadi berkurang. Jika tidak segera dilakukan cara mengatasi tulang hidung bengkok Selain dapat menyebabkan pernapasan terganggu, kekurangan oksigen di dalam otak juga dapat menyebabkan munculnya pusing atau sakit kepala.

Dengan mengetahui beberapa ciri-ciri hidung bengkok di atas, diharapkan dapat menjadi acuan untuk melakukan penanganan, pengobatan atau pemeriksaan yang dibutuhkan apabila Anda  mengalami tulang hidung bengkok. Selain pengobatan juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan untuk mempercepat penyambungan tulang retak untuk mempercepar penyebuhan hidung bengkok. Sekian informasi mengenai beberapa ciri-ciri atau gejala tulang hidung bengkok yang harus diketahui dan diwaspadai. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 23rd, August 2018 / 03:08 Oleh :