Sponsors Link

Tangan Kaku Tidak Bisa Digerakkan – Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Tangan kaku dan tidak bisa digerakkan disebabkan kaena berbagai macam hal diantaranya adalah rematik, radang, hingga terjadinya cedera. Penyebab tangan kaku seperti jari tangan sakit dan kesemutan merupakan dampak yang dapat terjadi akibat dari gangguan saraf. Pada umumnya hal tersebut terjadi juga yang dirasakan dengan kram yang disertai oleh rasa nyeri.

ads

Jika hal ini terjadi maka akan menghambat pada aktivitas sehari hari yang dilakukan oleh penderita. Kondisi ini juga akan membuat tangan yang terasa menjadi kaku kemudian akan mengalami sakit. Pada umumnya hal ini banyak terjadi pada orang dewasa. Banyak pula terjadi pada anak. Pada anak yang memiliki resiko untuk mengalami hal ini umumnya akan terjasi kerika sedang berinteraksi dengan lingkungan. Hal ini akan mengganggu aktivitas tangan. Berikut adalah beberapa penyebab tangan menjadi kaku.

Penyebab Tangan Kaku

1.  Gangguan Saraf

Pada bagian saraf tepi yang ditemukan yakni terletak di bagian daerah area pergelangan. Pada tangan juga akan mengalami gangguan pada telapak tangan. Gangguan ini akan dapat dialami dengan perasaan yang kaku. Pada tubuh ini memiliki kekurangan vitamin B. Jika kekurangan pada Vitamin B akan terjadi secara terus menerus maka yang akan terjadi akan meyebabkan tangan menjadi kaku. Jika seseorang kekurangan atau tidak memiliki adanya cadangan pada kandungan vitamin B yang memadai di dalam tubuh, maka akan terjadi penghambatan pada kelancaran aliran darah. Hall ini juga akan mengganggu bagian seputar saraf saraf. Tidak hanya itu namun juga bagian otot tangan.

2. Terserang Trigger Finger

Peyebab lain tangan kaku dan tidak bisa digerakkan juga yang bisa terjadi adalah gangguan ini. Jika hal ini terjadi pada bagian otot  dan sendi dengan sedikit saja yang melekat. Maka tangan kaku tidak bisa digerakkan yang akan terjadi pada tulang dengan jari jari tangan yakni sering disebut dengan trigger finger. Hal ini akan menjadikan kondisi yang terjadi  menyebabkan bagian pada tangan kaku. Pada bagian yang lain juga akan tiba tiba muncul dengan rasa nyeri. Sensasi ini akan sering dialami oleh banyak para wanita. Kasus ini banyak ditemukan pada saat wanita memasuki masa menopause. Wanita yang hamil juga beresiko sebagaimana yang dialami dengan pasca melahirkan.

3. Rematik

Penyakit rematik ini banyak menyerang orang dewasa dapat menjadi penyebab nyeri sendi jari tangan. Hal ini karena merupakan salah satu penyakit yang banyak meimbulkan gejala tangan menjadi kaku. Para penderita yang mengalami ini pada umumnya banyak ditemukan pada usia dengan kisaran lima puluh tahun. Pada usia tersebut akan mengalami peradangan yang terjadi di area tanga. Hal ini telah menyerang pada bagian kapsul sendi.

Saat tubuh dengan antibodi  mengalami gangguan rematik kemudian melakukan penyerangan pada  bagian kapsul sendi. Efek yang akan dirasakan adalah tangan para penderita kemudian akan kram dan kaku. Tangan tersebut lantas akan sulit untuk digerakkan. Pada kondisi ini akan sering terjadi untuk menyerang pada bagian tangan. Rematik juga akan terasa dengan sesaat umumnya akan terasa saat bangun tidur di waktu pagi hari

4. Sindrom Carpal Tunnel

Sponsors Link

Pada sindrom ini akan terjadi bagian saraf medianus dimana jari tangan sakit kalau ditekuk. Pada tangan kaku tidak bisa digerakkan bagian jaringan akan juga mengalami terjepit sehingga kemudian akan terjadi kegiatan yang akan mengharuskan untuk penggunaan tangan yang tertekan. Jika pada  beban otot melebihi dengan kapasitas maka yang akan terjadi bagian tangan akan mengalami menderita kaku. Pada hal ini juga akan terjadi peredaran darah yang berjalan dengan tidak lancar.

Bagian saat saraf dan otot yang terjadi pada tangan kemudian mengalami pemaksaan untuk melakukan beban yang secara terus menerus. Kemampuan yang akan dilakukan untuk menahan beban akan mengalami penurunan. Hal ini juga akan menjadi penyebab tangan menjadi kaku. Misalnya yang terjadi pada bagian yang bisa dialami yakni kegiatan yang dilakukan oleh para pekerja keras misalnya buruh bangunan.

5. Karena Cuaca Ekstrem

ads

Cuaca yang terlalu dingin dapat menjadi penyebab tangan kaku karena cuaca yang terlalu dingin yang juga bisa terjadi pada ruangan dengan penggunaan AC berlebihan dapat mengganggu kelancaran aliran darah ke seluruh tubuh termasuk pada tangan. Ketika peredaran darah tersendat sendat akibat temperatur udara yang sangat dingin maka akan muncul tekanan pada saraf dan otot tangan yang menyebabkan tangan menjadi kaku. Cara meluruskan tulang yang bengkok penting pula untuk diketahui.

6. Penyakit De quervain

Penyakit ini adalh penyakit yang terjadi pada seseorang yang mengalami tangan kaku tidak bisa digerakkan kesulitan untuk menggerakkan bagian tangan. Selain tangan juga kehilang kemampuan untuk menggerakan pada bagian jari. Pada  jari yang terjadi dimana ada seseorang yang mengalami pada terjepitnya bagian otot ibu jari. Pada bagian otot di  ibu jari akan dapat menpengaruhi bagian saraf yang terjadi di semua jari – jari yang lain. Hal lain juga mungkin akan terjadi adalah cedera. Pada kegiatan dengan tekanan yang berat dimana memeras pakaian.

7. Kurang bergerak

Pada orang yang kurang bergerak maka akan terjadi kekakuan. Pada seseorang yang mengalami malas dalam melakukan aktivitas ini maka akan membutuhkan banyak energi. Jika kita rajin dalam melakukan olahraga maka bagian saraf dan bagian otot di tangan kemudian kan terhindar kaku. Pada orang yang memiliki riwayat penyakit sering terserang rasa nyeri yang terasa layaknya penyakit rematik. Pada aktivitas yang bergerak kemudian akan menjadi penyebab tangan menjadi kaku. Hal yang akan terjadi yakni bisa menyebabkan berbagai proses osteoporosis. Pada osteopororsis kemudian akan memiliki potensi yang menyebabkan serangan kram.

8.Terkilir

Pada kasus yang terkilir maka dapat pula terjadi  adanya kegiatan dimana aktivitas yang kemudian akan mengandalkan tangan. Terutama pada kasus mengangkat beban. Pada bagian tangan yang memiliki kegiatan untuk mendorong benda dengan berat atau melakukan memanggul barang dengan bahan dasar yang memilii berat akan menyebabkan resiko untuk menyebabkan keseleo. Hal ini harus diperhatikan karena dapat mengganggu susunan dan struktur tulang. Pada otot tangan yang mengalami terkilir kemudian akan kesulitan untuk melakukan kegiatan. Hal ini tidak akan memberikan kenyamanan sehingga juga mengganggu istirahat.

9. Bengkak

Pada rasa kaku juga dapat disebabkan karena bengkak. Bengkak ini yang akan menyebabkan tangan juga terasa tidak nyaman. Bengkak dapat disebbakan karena banyak hal diantaranya adalah cedera, peradangan, dan lain – lain. Jika mengalami bengkak dapat dilakukan dengan kompres. Kompres dapat dilakukan dengan es maupun dengan air hangat sesuai dengan kebutuhan. Kompres dapat memberikan rasa nyaman sehingga dapat pula untuk mnegurangi inflamasi.

10. Peningkatan Asam urat

Jika seseorang mengalami kelebihan zat purin yang ada didalam daerah persendian, maka akan beresiko untuk menyebabkan bagian sendi dan bagian otot terasa nyeri. Rasanya seperti kram. Selain itu juga mampu untuk menyebabkan bagian tangan berubah menjadi kaku. Jika kita kemudian mengurangi asupan pada makanan laut, hal ini dilakukan karena makanan laut diketahui banyak mengandung zat purin. Makanan laut memang memiliki banyak penggermar karena rasa yang sangt lezat meski bumbu yang diberikan sederhana. Kandungan kalsium yang sangat tinggi juga sangat baik untuk kesehatan pada tulang dan sendi.

Banyak hewan laut yang menjadi sumber protein diantaranya kerang, tiram, sotong, cumi, dan lain – lain. Hingga kini setiap daerah memiliki kakayaan makanan khas hasil laut yang sangat sayang untuk dilewati. Kdar garam dan purin yang tinggi ini seringkali dikonsumsi tanpa disadari. Pada akhirnya asam urat menjadi tidak terkendali dan menjadi tinggi. Jika hal ini terjadi maka kemudain asam urat dapat menjadi penyebab kekakuan yang dialami.

Sponsors Link

11. Tulang Retak

Pada bagian tulang tangan yang mengalami retak kaan mengalami kekakuan karena tulang belum sembuh atau pulih dengan sempurna. Tulang yang kehilangan fungsinya akan pula kehilangan fleksibiltas. Hal ini akan mengganggu kenyamanan disertai dengan rasa nyeri yang tidak tertahankan. Jika hal ini terus terjadi maka kemungkinan akan memberikan perasaan yang kekhawatiran. Pada tulang yang retak harus mendapatkan perawatan dengan tepat. Jika perawatan tidak berjalan dengan baik, maka hal yang akan terjadi adalah tulang bisa mengalami resiko untuk terkena komplikasi. Keretakan sebaiknya juga diperiksakan dengan melakukan rontgen. Jika dibiarkan yang didapatkan hanyalah resiko hingga kecacatan yang terjadi permanen.

12. Paska Operasi

Kekakuan juga dapat terjadi karena penderita baru melakukan tahap paska operasi. Jika seseorang yang mengalami ini maka dapat dikonsultasikan. Hal ini bisa menjadi wajar karena efek samping sementara dari paska operasi atau memang ada kelainan yang harus dilakukan perawatan lanjutan.

Adapun beberapa pengobatannya yang bisa anda ketahui sebagai berikut:

  • Terapi Tulang
  • Melakukan Operasi
  • Fisioterapi

Itulah beberapa ulasan tentang tangan bisa kaku dan tangan tidak bisa bergerak yang bisa anda ketahui bagaimana penyebabnya dan pengobatannya.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 03rd, January 2018 / 07:43 Oleh :