Sponsors Link

Perbedaan Keseleo dan Retak Pada Tulang yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Keseleo atau retak yang terjadi pada tulang seringkali membuat penderita was-was. Keduanya sulit dikenali, dan kebanyakan orang yang mengalami semua ini mencari tukang pijat untuk mengatasinya. Padahal, tanpa mereka sadari bahwa kondisi yang sedang di alami adalah retak tulang. Sebaliknya, ketika telah berkonsultasi pada medis yang ternyata hanya keseleo.

ads

Antara keseleo atau retak tulang terjadi akibat suatu aktifitas berlebih. Biasanya keseleo terjadi kala seseorang berlari tanpa henti, menyebabkan otot sangat tegang dan lelah. Sementara retak pada tulang biasa terjadi akibat benturan atau hantaman keras, seperti terjatuh. Kejadian jatuh ini juga ada berbagai macam, khususnya bagi wanita sebab akan ada dampak tersendiri serta akibat jatuh terduduk bagi wanita yang cukup mambahayakan untuk kesehatan serta masa depannya.

Perbedaan Keseleo dan Retak Pada Tulang memang menjadi permasalahan tersendiri oleh sebagian orang. Nah, supaya tidak bingung lagi, berikut informasi terkait keseleo dan retak pada tulang, anda bisa membedakan keduanya dari poin-poin berikut:

Perbedaan Keseleo dan Retak Pada Tulang

  1. Tanda-Tanda Keseleo Pada Tulang

Tanda-tanda atau gejala disini bisa menjadi Perbedaan Keseleo dan Retak Pada Tulang yang cukup jelas. Mengenali bahwa tulang anda sedang keseleo, antara lain sebagai berikut:

  • Nyeri

Nyeri sudah biasa menjadi komponen umum apabila tulang mengalami gertakan, entah keseleo atau retak. Rasa nyeri timbul seketika tulang mengalami goncangan saat itu juga. Ada yang berlangsung lama, dan ada yang hanya sebentar. Untuk menyembuhkannya, Anda dapat mengkonsumsi obat nyeri tulang kaki berikut, memang tidak sama bagian yang diobati akan tetapi besar kemungkinan khasiat yang akan didapat tidak terlalu jauh berbeda.

  • Memar

Bagian tulang menimbulkan memar atau kemerahan. Apabila seperti ini masih di lakukan aktifitas maka akan semakin parah dan warna merah bisa menjadi kebiruan. Terlebih jika mengalami tulang ekor memar, maka pengobatan harus segera Anda lakukan supaya dampak yang lebih buruk menghampiri diri Anda.

  • Bengkak

Keseleo yang sangat berat menimbulkan bengkak pada tulang. Tetapi ada juga keseleo yang di alami seseorang tidak membuat bengkak, hal ini tergantung seberapa besar tekanan yang terjadi pada tulang. Sedangkan untuk mengatasi hal tersebut, berikut cara mengobati tulang bengkak yang paling ampuh.

  • Tidak Terlalu Sakit

Saat terjadi keseleo pertama kali memang sakit, tapi hanya beberapa detik saja saat tulang merasa kaget. Selanjutnya akan di ikuti dengan rasa nyeri yang berselang cukup lama di bandingkan rasa sakit tadinya. Saat di pijat perlahan, biasanya keseleo bisa berangsur pulih dan bisa untuk berjalan walau tertatih. Namun memijat tulang yang keseleo tidak boleh terlalu keras, cukup berikan sentuhan perlahan saja.

Sponsors Link

Ciri-ciri ketika tulang hanya mengalami keseleo yakni bisa berangsur sembuh dalam jangka waktu yang tidak lama. Setiap orang yang mengalami keseleo masih bisa beraktifitas meski tidak sesempurna kala sehat.

  1. Tanda-Tanda Retak Pada Tulang

Memang tidak semuanya berbeda karena ada beberapa poin yang menjadi tanda umum untuk penyakit tulang. Akan tetapi, bisa dibilang kalau tanda dari Retak pada tulang ini lebih banyak dan keadaannya juga lebih parah dan harus segera menerapkan cara menyembuhkan tulang retak untuk mengatasinya sehingga tubuh bisa digunakan untuk beraktifitas lagi. Berikut tanda-tanda retak pada tulang yang perlu diketahui:

ads
  • Terjadi Suara Retakan

Keadaan tulang yang mengalami gertakan pertama kali akan terdengar bunyi “krek”. Artinya tulang telah mengalami keretakan. Kebanyakan, kejadian ini terjadi pada bagian tangan yang mana berpusat pada bahu, bahkan saat dilakukan penyembuhan patah tulang bahu sekalipun, suara masih tetap terdengar, akan tetapi setelah selesai semuanya akan kembali normal dalam jangka waktu tertentu.

  • Nyeri

Rasa nyeri yang terjadi karena retak tulang lebih sakit dan berlangsung cukup lama. Pada saat tulang terkena hantaman, saat itu juga sakit melanda dengan sangat kuat. Bahkan beberapa pasien merasakan kesakitan tak tertahankan sampai bisa membuatnya pingsan. Rata-rata seseorang akan tidak sadar diri ketika rasa nyeri yang dialaminya terjadi pada tulang rusuk yang dapat Anda ketahui berbagai macam penyebab tulang rusuk sakit pada link tersebut.

  • Bengkak

Sama-sama menyebabkan bengkak, tetapi Perbedaan Keseleo dan Retak Pada Tulang adalah masa pembengkakan yang bisa di katakan lama. Terkadang seseorang yang mengalami terkilir langsung memijatkan bengkaknya. Padahal, kondisi bengkak tidak boleh langsung di pijatkan.

  • Sakit Saat di Sentuh

Retak pada tulang akan teramat sakit bila di sentuh sedikit saja. Bagian yang terserang akan sensitif saat di sentuh meskipun dengan kelembutan. Apakah kejadian ini Anda rasakan pada bagian hidung? Jika iya mungkin salah satu dari penyebab tulang hidung sakit saat dipegang ini telah menyerang tubuh Anda.

  • Mati Rasa atau Baal

Tulang yang terserang akan mengalami mati rasa. Hal ini di akibatkan karena kondisi tulang yang telah retak. Kalau tidak di tangani dengan segera bisa permanen tidak bisa berjalan alias mengalami kelumpuhan.

  • Tidak Bisa Berdiri

Seketika seseorang mengalami suatu kecelakaan pada tulang, tanda bahwa hal itu mengalami keretakan adalah seseorang tidak bisa mengangkat tulang itu. Apabila terjadi pada tulang kaki, mereka tidak bisa berdiri, dan jika kondisi ini menyerang tangan maka penderita tidak bisa mengangkat tangannya.

Sponsors Link

Perbedaan Keseleo dan Retak Pada Tulang memang masih menjadi pemikiran sendiri bagi sebagian orang. Terutama untuk mereka yang seringkali melakukan olahraga fisik, tidak jarang sering mengalami permasalahan atau kecelakaan yang menyerang tulang. Cara terbaik ketika seseorang mengalami hal ini yaitu, biarkan duduk sebentar dan tunggu apakah keadaan bisa pulih atau tidak.

Selain itu, Anda sebagai penderita atau yang mengalami tentu tahu, jika teramat sakit hingga menyiksa bisa saja kejadian yang tengah Anda alami adalah retak tulang. Apabila merasa tidak puas, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk mengetahui hasilnya. Jangan terburu-buru untuk melakukan pijat, karena kita tidak tahu apa yang sedang terjadi. Atau mungkin ketahui terlebih dahulu ilmu tentang penyembuhan tulang retak berikut ini.

Retak pada tulang bisa di atasi dengan teknik medis atau terapi, sedangkan keseleo biasa bisa berangsur pulih dengan membaringkan tubuh dan tidak melakukan aktifitas terlebih dahulu. Inilah perbedaan keduanya, semoga dapat membantu.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Sunday 03rd, June 2018 / 14:28 Oleh :