Sponsors Link

Tulang Pipi Menonjol Sebelah: Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Di zaman sekarang ini nampaknya penampilan adalah hal penting yang wajib diperhatikan. Bagaimana tidak disamping kesehatan, penampilan juga bisa menjadi “modal utama” untuk memasuki dunia kerja. Selain itu penampilan yang baik akan menambah kepercayaan diri seseorang. Namun tidak semua orang percaya diri dengan penampilan fisiknya kini. Maka dari itu saat ini kita sudah bisa menemui banyak sekali tempat – tempat yang menyediakan bedah plastik untuk memperbaiki wajah maupun tubuh.  Dan jangan salah setiap tahunnya peminat bedah plastik selalu meningkat dan lebih di dominasi oleh kaum hawa.

ads

Biasanya seseorang yang datang untuk memperbaiki wajah, karena wajah adalah bagian tubuh yang pertama kali dilihat jadi sangat penting untuk memperbaiki bentuk wajah yang kurang proporsional. Jenis bedah plastiknya sendiri bisa berupa memancungkan hidung, memunculkan kelopak mata, mengecilkan bibir, memperbaiki kelainan pada tulang wajah misalnya saja meniruskan tulang rahang, cara membuat tulang pipi menonjol atau bisa juga memperbaiki tulang pipi menonjol sebelah, dan lain sebagainya.

Penyebab Tulang Pipi Menonjol Sebelah

Banyak wanita yang memiliki tulang pipi menonjol sebelah sehingga membuat mereka jadi kurang percaya diri. Sebenarnya cara mengecilkan tulang pipi yang lebar  atau tulang pipi menonjol sebelah bisa disamarkan dengan makeup, namun tentu saja makeup tidak bisa bertahan lama dan tidak bersifat permanen. Sebelum kita mengetahui bagaimana cara mengatasinya, kita akan mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan tulang pipi menonjol sebelah.

  1. Anatomis tulang sejak lahir

Secara genetis setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda satu dengan yang lainnya, ini disesuaikan dengan struktur tulang yang membangun tubuh kita. Meskipun bentuk tulang bergantung pada pasangan genetisnya namun perubahan tetap ada. Ada yang berubah dengan drastis dan ada juga yang mengalami perubahan hanya sedikit. Begitu juga dengan struktur tulang pipi manusia yang dipengaruhi secara genetis. Kita sebagai orang Asia tentunya memiliki bentuk tulang pipi yang lebih menonjol yang tentunya berbeda dengan tulang pipi dengan keturunan Eropa atau Afrika.

  1. Memiliki riwayat patah tulang pipi

Tulang pipi menonjol sebelah bisa dikarenakan anda pernah mengalami patah pada tulang pipi sehingga membuat tulang pipi anda kurang simetris. Patah tulang pipi ini bisa disebabkan karena salah satu pipi anda terkena benturan yang keras, jatuh, dan kecelakaan kendaraan beroda dua. Jika anda mengalami ciri-ciri tulang pipi retak atau patah maka cobalah obat tulang pipi retak agar mempercepat penyembuhan dan tidak membuat otot wajah terasa kaku.

  1. Ukuran otot tulang pipi

Ternyata ukuran otot tulang pipi juga membuat tulang pipi terlihat lebih menonjol. Seseorang dengan ukuran otot tulang pipi yang besar maka akan membuatnya besar dan sebaliknya. Tentunya hal tersebut tidak dialami oleh semua orang, hanya beberapa saja yang mengalaminya.

  1. Keaktifan tulang pipi

Tulang pipi yang kurang aktif tentunya akan membuat pipi menjadi kecil. Dengan kita mengunyah makanan dengan kedua gigi geraham baik kiri maupun kanan dengan tempo yang sama, hal ini akan membuat pipi kita menjadi simetris. Contohnya saja pada seseorang yang mengalami kelumpuhan pada bagian kaki, maka bagian yang lumpuh akan mengecil ketika organ tubuhnya tidak digunakan.

  1. Komposisi dan pendistribusian lemak di pipi

Tulang pipi kita normal dan tidak ada yang menonjol sebelah, lantas apa yang menyebabkan pipi kiri dan kanan ukurannya berbeda? Jawabannya adalah lemak. Ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki berat badan berlebih.


  1. Terlalu kurus

Berbeda dengan poin ke lima, pada poin ini seseorang yang terlalu kurus juga bisa membuat tulang pipi lebih menonjol  baik kiri dan kanan maupun salah satunya karena lemak di pipi berkurang. Selain itu juga pipi terlihat cekung yang semakin memperlihatkan tulang pipi anda.

  1. Penyakit berbahaya

Selain penyebab – penyebab diatas, penyebab yang terakhir adalah adanya penyakit serius. Tulang pipi yang menonjol sebelah diikuti dengan rasa sakit bisa disebabkan karena sinusitis, kista, tumor, abses, infeksi pada gigi yang akhirnya menyebar ke pipi, dan lainnya.

Cara Mengatasi Tulang Pipi Menonjol Sebelah

Kita telah mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan tulang pipi menonjol sebelah kita juga perlu tahu bagaimana cara mengatasinya. Yuk kita simak bagaimana caranya:

  1. Pemeriksaan

Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah pemeriksaan. Karena sangat sulit mengetahui cara mengatasi tulang pipi menonjol sebelah tanpa adanya pemeriksaan dan bila perlu sertakan foto rontgen.


  1. Operasi plastik

Operasi plastik memang sangat membantu kita untuk mendapatkan bentuk tubuh maupun wajah yang lebih proporsional dalam waktu singkat. Operasi plastic ini bisa anda pilih namun anda harus siap dengan biayanya yang tentu tidak murah. Sebelum melakukannya, ada baiknya untuk terlebih dahulu berkonsultasi pada dokter bedah yang sudah berpengalaman dan jangan lupa untuk menanyakan apa saja faktor resiko yang terjadi.

  1. Penanganan bila disertai dengan rasa sakit

Tulang yang menonjol jika diikuti oleh rasa sakit, anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut :

  • Mengompress dengan air dingin yang bisa menjadi cara menghilangkan bengkak di pipi
  • Jangan menekan atau mengurut bagian yang menonjol atau bengkak
  • Meminum obat pereda bengkak sesuai petunjuk dokter
  • Melakukan pemeriksaan gigi, karena gigi bisa menjadi penyebab tulang pipi menonjol sebelah

Jangan anggap sepele tulang yang menonjol apalagi jika disertai dengan rasa sakit karena bisa menjadi pertanda adanya penyakit yang berbahaya. Segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 25th, February 2019 / 02:47 Oleh :