Sponsors Link

Bekas Operasi Patah Tulang Bengkak: Penyebab, Pengobatan dan Penanganannya

Sponsors Link

Setelah melakukan operasi patah tulang, bukan berarti pasien telah sembuh total dan bebas bergerak sesuka hati. Ada beberapa kondisi yang bisa timbul pada setelah operasi patah tulang, misalnya saja muncul pembengkakan di daerah bekas operasi tulang yang patah. Pembengkakan ini bukanlah tanda adanya kelainan pada tulang karena ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab bekas operasi patah tulang bengkak, seperti berikut ini:

ads

1. Menjadi salah satu tahap pemulihan

Tahap pertama setelah penanganan patah tulang dengan operasi adalah tahap peradangan, dimana dalam jangka waktu tertentu pada daerah yang dioperasi akan mengalami bengkak disertai rasa nyeri. Hal ini disebabkan karena terjadinya hematoma atau darah terkumpul di daerah cedera.

2. Adanya infeksi di daerah bengkak

Infeksi juga bisa menjadi salah satu penyebab bengkak setelah operasi patah tulang, apalagi jika daerah patah tulang terus menerus terkena air. Jika infeksi ini terjadi, pasien akan sangat rentan terkena benturan atau cedera kembali di daerah bekas tulang patah.

3. Mengalami gangguan pada syaraf

Penyebab lain bekas operasi patah tulang bengkak adalah gangguan syaraf yaitu mengalami kerusakan. Biasanya gangguan syaraf ini akan diikuti dengan gejala lain seperti terasa kebal, kesemutan dan terasa kaku.

4. Aliran darah yang terganggu

Apabila pasokan darah di daerah bekas patah tulang mengalami gangguan atau hambatan juga bisa menyebabkan bengkak. Aliran darah ini juga bisa menjadi penyebab mengapa tulang terasa sakit dan ngilu karena mengakibatkan jaringan menyusut.

Untuk mengatasi kondisi bengkak ini dapat diobati dengan cara yang alami maupun medis, menggunakan obat sesuai yang dianjurkan oleh dokter. Ada beberapa cara pengobatan yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas operasi patah tulang bengkak, antara lain:

  • Mengkonsumsi NSAID atau obat anti inflamasi non steroid misalnya ibuprofen, celcoxib, naproksen dan lain sebagainya.
  • Mengkonsumsi obat yang bersifat anti depresan contohnya seperti trisiklik atau MAO inhibitor.
  • Memenuhi nutrisi dari makanan yang banyak mengandung zat protein, vitamin dan makanan yang mengandung kalsium tinggi.
  • Mengkonsumsi air putih yang banyak setiap hari, setidaknya 8 gelas per hari agar tubuh terhidrasi dengan baik.
  • Mengkonsumsi minuman yang mengandung jahe, susu, jus buah dan sayur yang mengandung banyak nutrisi untuk mengurangi pembengkakan.

Apabila pasien mengkonsumsi obat-obatan dari dokter, agar pembengkakan bisa hilang lebih cepat dapat diimbangi dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang berguna sebagai cara menghilangkan bengkak setelah operasi patah tulang. Jadi tidak hanya sekedar mengkonsumsi obat-obatan medis saja untuk mengatasi bekas operasi patah tulang bengkak. Selain itu ada beberapa cara penanganan yang bisa dilakukan untuk mengurangi dan mencegah pembengkakan yang dialami lebih parah, antara lain:

  • Mengangkat atau melakukan elevasi pada bagian tubuh yang mengalami patah tulang, untuk mengurangi bengkak juga membantu cara mengobati patah tulang secara alami.
  • Mengompres bagian yang mengalami bengkak dengan es batu, air hangat atau bahan alami lain yang mengandung khasiat sebagai anti inflamasi dan antibiotik.
  • Mengistirahatkan bagian tubuh yang mengalami bengkak dan jangan memaksakan latihan gerak juga bisa membantu metode pengobatan sebagai cara mengobati tulang bengkak.

Demikian ulasan tentang beberapa penyebab, pengobatas juga penanganan bekas operasi patah tulang bengkak. Jika pembengkakan tidak kunjung sembuh sebaiknya lekas dikonsultasikan dengan dokter ortopedi agar tidak salah penanganan, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Wednesday 17th, October 2018 / 02:31 Oleh :