Sponsors Link

Sakit Persendian Lutut – Penyebab dan Penanganannya

Sponsors Link

Persendian lutut adalah salah satu bagian dari tubuh manusia yang sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit. Ada berbagai macam sakit sendi yang mungkin menjadi salah satu sakit dari persendian lutut pada seseorang. Misalnya, nyeri sendi lutut, pendarahan pada lutut, dan berbagai macam jenis penyakit sendi lutut lainnya yang pada intinya akan mengganggu aktivitas kita dan juga menurunkan tingkat produktivitas dari para penderita sakit dari persendian lutut. Melihat bahwa penyakit sendi lutut bisa menyerang pada hampir semua kelompok usia, tentunya kita semua perlu mengetahui apa saja penyebab dan juga bagaimana cara untuk menangani penyakit sendi lutut yang mungkin kita alami.

ads

Oleh karena itulah, dalam artikel ini akan kita bahas berbagai macam penyebab dan juga beberapa cara untuk menangani penyakit sendi lutut yang mungkin bisa bermanfaat dalam menghadapi penyakit persendian lutut. Tidak peduli apakah kamu anak-anak ataupun orang tua, artikel ini sangat penting untuk dibaca sampai akhir supaya kamu bisa mengetahui apa saja penyebab sakit pada persendian lutut beserta beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Jangan lupa untuk membaca pula pengobatan pengapuran tulang lutut. Apa saja penyebab dan penanganan pada sakit persendian lutut? Tanpa memperlama lagi, berikut ini adalah beberapa informasi penting yang perlu kamu ketahui mengenai sakit pada persendian lutut:

1. Cedera

Cedera adalah salah satu jenis penyebab berbagai macam sakit dan penyakit yang mungkin terjadi pada persendian lutut yang kita miliki. Pada dasarnya, cedera adalah salah satu jenis penyebab nyeri sendi lutut yang cukup sering terjadi atau dialami oleh banyak orang. Cedera adalah suatu kondisi luka fisik yang terjadi pada sendi lutut akibat suatu aktivitas tertentu yang dilakukan oleh seseorang. Misalnya, seorang pesepak bola bisa mengalami cedera pada sendi lutut yang dia miliki ketika terjatuh dalam sesi latihan bola yang ia lakukan bersama dengan tim olahraga atau sepak bola yang ia miliki.

Ada berbagai macam penyebab cedera, bahkan saking banyaknya mungkin akan sulit untuk membuat daftar pasti penyebab cedera yang mungkin terjadi pada seseorang. Akan tetapi, pada dasarnya cedera bisa terjadi karena ada aktivitas tertentu yang menyebabkan terjadinya luka fisik pada sendi lutut seseorang tanpa adanya penyakit tertentu yang sebelumnya dia alami pada sendi lutut yang ia miliki. Oleh karena itulah, langkah terbaik dalam mencegah agar kita tidak mengalami cedera adalah dengan cara melakukan pemanasan yang cukup sebelum beraktivitas, serta senantiasa mengawasi agar lutut yang kita miliki tidak ada dalam posisi tertentu yang memicu cedera. Dengan melakukan berbagai cara tersebut, semoga kita bisa menghindari cedera yang tidak hanya berbahaya untuk sendi lutut, akan tetapi juga bagi tubuh kita pada umumnya.

2. Penyakit tulang atau sendi

Masalah lain yang juga menyebabkan sendi pada lutut bisa mengalami sakit adalah karena adanya penyakit tulang pada sendi ataupun lutut. Penyakit yang dimaksud bisa meliputi berbagai macam jenis penyakit seperti artritis, osteoartritis, asam urat, tendoitis dan berbagai macam penyakit lain yang bisa berbahaya untuk kesehatan tulang ataupun kesehatan sendi. Orang yang mengalami berbagai macam penyakit di atas tentunya akan menyebabkan munculnya rasa sakit persendian lutut yang cukup mengganggu aktivitas para penderitanya dan tentunya mengganggu kesehatan dari penderita itu sendiri.

Agar kita bisa menghindari penyebab yang satu ini, tentunya dibutuhkan upaya pencegahan yang tepat terhadap berbagai macam penyakit yang mungkin menyerang tulang ataupun sendi yang ada di sekitar lutut. Oleh karena itulah kita harus mengetahui berbagai macam penyakit tersebut dengan lebih baik agar kita bisa mencegah munculnya berbagai macam penyakit tersebut. Dengan cara ini kita bisa mengamankan kesehatan sendi lutut kita dari berbagai kemungkinan penyakit yang bisa menyerangnya.

3. Pendarahan pada sendi

Sponsors Link

Selain dua masalah di atas, pendarahan pada sendi juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit pada persendian lutut. Pendarahan pada sendi itu sendiri merupakan akibat dari masalah lain pada sendi. Beberapa sebab dari pendarahan pada sendi antara lain adalah karena adanya luka, cedera, dan berbagai penyebab lain yang membuat darah bisa keluar dari pembuluh darah yang ada pada sendi. Dengan kata lain, agar pendarahan pada sendiri bisa dihindari, diperlukan upaya untuk menjaga agar darah tidak keluar dari peredaran darah.

Ada berbagai macam cara untuk mencegah terjadinya pendarahan pada sendi. Akan tetapi, yang paling penting adalah menjaga kesehatan tubuh dengan cara berolahraga dengan rutin dan tentunya dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Selain itu juga menjaga asupan nutrisi agar tubuh mendapatkan gizi yang diperlukan untuk terus berfungsi dengan optimal.

4. Infeksi

Infeksi pada sendi lutut merupakan salah satu penyebab sakit persendian lutut yang mungkin juga merupakan salah satu penyebab yang paling sering terjadi. Infeksi seperti infeksi artritis adalah penyebab yang paling sering mengakibatkan munculnya sakit pada persendian lutut. Oleh karena itulah, kita harus menghindari infeksi pada sendi lutut agar kita bisa mencegah agar persendian lutut tidak menjadi salah satu hal yang mungkin akan menyerang kita. Dengan demikian lutut kita bisa sehat dan terbebas dari penyakit atau infeksi sendi.

5. Kurang olahraga atau aktivitas

ads

Kurang berolahraga atau kurang beraktivitas yang banyak menggunakan sendi lutut adalah salah satu penyebab mengapa persendian lutut bisa sakit. Hal ini disebabkan karena persendian lutut yang jarang digunakan atau dilatih akan mengalami berbagai macam masalah seperti misalnya rentan mengalami nyeri sendi, dan berbagai macam masalah sendi lutut yang lainnya. Oleh karena itulah, kita harus sering melakukan olahraga ataupun beraktivitas sederhana untuk membantu agar sendi lutut memiliki kekuatan yang cukup agar sendi lutut tetap kuat.

Ada berbagai alternatif olahraga yang bisa kamu gunakan untuk melatih persendian lutut. Mulai dari jalan-jalan, melakukan latihan ringan seperti push up, dan berbagai macam olahraga lain yang terbukti telah membantu tubuh agar tetap bugar. Agar lebih pasti, kamu bisa mengikuti berbagai macam latihan harian yang direkomendasikan oleh tenaga medis seperti dokter ataupun ahli kesehatan tubuh khususnya mengenai kebugaran sendi dan juga tulang pada umumnya. Dengan demikian kita bisa menjaga kesehatan tubuh dengan baik termasuk menjaga agar sendi lutut kita tidak mudah mengalami sakit. Ingatlah bahwa penyebab yang satu ini juga termasuk sebagai penyebab sakit lutut di usia muda.

6. Obesitas atau kelebihan berat badan

Selain beberapa penyebab di atas, masalah lain yang juga bisa menyebabkan sakit pada persendian lutut adalah karena masalah obesitas atau kelebihan berat badan. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, lutut merupakan bagian tubuh yang menjadi sandaran atau tumpuan berat badan tubuh. Dengan kata lain, semakin berat tubuh seseorang, semakin besar pula beban yang harus ditanggung oleh orang tersebut agar bisa beraktivitas. Oleh karena itulah, semakin berat badan seseorang, semakin besar potensi seseorang untuk mengalami sakit pada sendi lutut yang mereka miliki.

Apabila berat badan pada suatu waktu melebihi beban maksimal yang bisa ditanggung oleh lutut atau sendi lutut, maka tentu saja lutut bisa mengalami cedera atau luka fisik sehingga membuat sendi mengalami cedera. Dengan demikian, maka mau tidak mau maka tentu saja akan muncul sakit pada sendi lutut yang menahan beban tubuh terlalu besar tersebut. Oleh karena itulah, untuk menghindari hal ini, maka kita semua hraus rajin dalam menjaga agar berat badan kita tetap ideal atau sesuai dengan indeks berat badan ideal yang bisa kamu ketahui dari dokter ataupun hitungan sederhana dari internet.

7. Riwayat penyakit sendi atau patah tulang

Selain beberapa penyebab di atas, ada satu lagi penyebab munculnya penyakit sendi atau patah tulang yang mungkin dialami oleh seseorang termasuk kita sendiri. Salah satu hal yang mungkin menyebabkan nyeri sendi terjadi adalah karena sebelumnya pernah terjadi nyeri sendi di tempat yang sama. Dengan kata lain, nyeri sendi yang terjadi pada salah satu sendi ataupun berbagai jenis penyakit sendi lainnya merupakan salah satu sebab utama mengapa sakit pada persendian lutut bisa dialami oleh seseorang. Tentunya semakin sering atau semakin banyak terjadi sakit pada salah satu persendian, maka risiko dari penyakit sendi tersebut ke depannya akan semakin besar. Oleh karena itulah kita semua disarankan untuk senantiasa menjaga kesehatan terlebih apabila sebelumnya telah mengalami sakit pada salah satu sendi yang kita miliki.

Itulah beberapa macam penyebab sakit pada persendian lutut yang mungkin akan kita alami. Dengan menghindari berbagai macam penyebab di atas, maka kita bisa menghindari berbagai macam kemungkinan terjadinya penyakit sendi lutut yang berbahaya dan bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan lainnya pada tubuh yang kita miliki. Apabila kamu mengalami masalah sekecil apapun, termasuk ngilu pada lutut, jangan lupa untuk segera mengobatinya.

Sponsors Link

Penanganan Sakit Pada Persendian Lutut

Dengan mengetahui berbagai macam penyebab sakit pada persendian lutut di atas, mungkin kita telah berhasil mengetahui apa saja yang perlu kita hindari dan bagaimana cara kita untuk menghindarinya agar kita bisa terhindar dari penyakit sendi lutut. Akan tetapi, hanya dengan mengetahui apa saja penyebab dari nyeri sendi lutut, tentunya tidak akan bisa membuat kita berhasil menangani sakit pada persendian lutut dengan cara yang baik. Oleh karena itu kita pun perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi sakit persendian lutut bukan?

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sakit pada persendian lutut yang bisa kita coba.

  • Operasi untuk menangani cedera yang menyebabkan nyeri sendi lutut
  • Mengistirahatkan tubuh khususnya lutut lebih banyak agar terhindar dari tekanan sehingga bisa sembuh dengan lebih cepat
  • Mengonsumsi obat-obatan analgesik untuk meredakan nyeri
  • Melakukan suntikan kortikosteroid, pelumas sendi dan PRP untuk mengurangi radang
  • Melakukan fisioterapi untuk melatih dan menguatkan otot apabila terjadi pelemahan utut
  • Mengompres lutut yang sakit dengan es yang dibalut dengan kain yang nyaman
  • Mengonsumsi teh rebusan daun dan ranting besaran (Morus australis poir)
  • Mengurangi gerakan lutut supaya penyembuhan bisa terjadi lebih cepat

Itulah beberapa macam cara mengobati sakit pada persendian lutut yang bisa kamu lakukan. Semoga dengan beberapa macam cara mengatasi sakit pada persendian lutut di atas, kita bisa sembuh dari sakit yang terjadi pada persendian lutut. Jangan lupa membaca bagaimana mengatasi tulang lutut bergeser. Selamat menjaga kesehatanmu!

Sponsors Link
, ,
Post Date: Tuesday 19th, December 2017 / 03:54 Oleh :
Kategori : Radang Sendi