Sponsors Link

10 Gejala Kanker Tulang Lutut yang Perlu Dikenali Mulai dari Sekarang

Sponsors Link

Kanker adalah salah satu penyakit yang mempunyai tingkat kematian tinggi. Kondisi ini menjadi hal yang mengkhawatirkan penderita dan selalu mencari cara apapun untuk menyembuhkannya. Banyak sekali kanker yang selama ini menyerang manusia mulai dari kanker otak, kanker rahim, kanker payudara, kanker serviks, kanker kulit, sampai dengan kanker tulang. Salah satu jenis kanker yang akan kami bahas pada halaman ini adalah kanker tulang yang terjadi dan menyerang beberapa bagian tulang dalam tubuh. Diantara kanker tulang yang sering kita dengar adalah kanker tulang lengan, kanker tulang paha sampai dengan kanker tulang lutut.

ads

Kanker tulang lutut disebut juga dengan penyakit osteosarcoma. Penyakit ini sering dijumpai pada remaja berusia 20 ke bawah dan anak-anak. Pada masa awal perkembangannya dimulai dari tumor sebelum akhirnya menjadi penyakit kanker, jika sudah cukup membahayakan akan dinamakan osteosarcoma stadium 4. Kondisi ini rentan menyerang tulang-tulang berukuran besar yang memiliki tingkat pertumbuhan cepat, seperti misalnya tulang lutut. Oleh karena itulah penyakit tumor tulang lutut, atau kanker tulang lutut (osteosarcoma lutut) terjadi di masa remaja, karena pada fase inilah tulang tumbuh dengan cukup cepat. Untuk itu anda perlu memahami sejak ini apa saja Gejala Kanker Tulang Lutut ini.

Namun sebelumnya, masih banyak yang perlu di bahas tentang penyakit ini. Osteosarcoma adalah salah satu jenis kanker yang sangat agresif, akan tetapi mayoritas pasien bisa sembuh setelah melalui beberapa metode pengobatan osteosarkoma yang di lakukan secara rutin. Supaya kita bisa mengantisipasi dan mengatasi masalah yang satu ini, tentunya perlu memahami beberapa hal penting mengenai kanker ini seperti mengenali penyebabnya, pencegahan atau pengobatan sampai dengan Gejala Kanker Tulang Lutut itu sendiri.

Dengan begitu, anda juga bisa segera menghadapinya tanpa adanya tekanan seperti “shock” yang luar biasa. Karena pada kenyataan yang sering kita jumpai, seseorang yang mengabaikan kondisi awal akan di buat kaget setelah kondisi sudah parah. Apalagi mendengar bahwa kanker menjadi penyakit mematikan. Penyakit ini bisa menyebar pada bagian tubuh lain yang sehat. Kanker biasanya tumbuh pada sel-sel ganas di tulang.

Banyak pertanyaan, apakah osteosarcoma bisa membuat pengapuran sendi lutut atau pengeroposan tulang sendi lutut? Bicara soal ini, yang pasti cepat atau lambat semua hal buruk tetap akan terjadi pada tulang lutut. Kanker merupakan penyakit yang timbul dari sel-sel yang terjangkit oleh virus dan lambat laun menjadi rusak. Setelah itu, sel tersebut bisa saja menyebar atau menyerang organ lain dalam waktu yang tidak bisa di prediksi tapi yang pasti lebih cepat apabila belum ada penanganan. Dikatakan ganas apabila kondisi ini bisa sampai menyebar ke organ lain. Kanker jenis ini dapat bersifat primer, yakni kanker yang berasal dari tulang, atau disebut bersifat sekunder apabila kanker berasal dari organ lain seperti paru-paru, payudara, prostat, dan lainnya.

Terjadinya suatu akibat pasti berawal dari sebab yang terjadi. Bicara tentang hal ini, kanker tulang lutut di picu oleh beberapa hal. Penyebab dari penyakit ini antara lain karena riwayat keturunan atau faktor genetik yang memang tidak dapat dihilangkan begitu saja. Garis keturunan adalah faktor paling rentang terjadi bagi siapapun dan untuk penyakit apapun. Selain genetik, penyebab lainnya juga berasal dari lifestyle atau gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Sedangkan faktor lain yang mampu menimbulkan penyakit ini adalah karena kecelakaan parah hingga infeksi suatu virus. Adapun pola makan yang harus di hindari sebelum terkena kanker yaitu:

  • Tidak merokok
  • Tidak minum-minuman yang mengandung alkohol
  • Tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman
  • Mengurangi asupan kandungan kafein dalam minuman baik teh atau kopi
  • Kurangi minuman bersoda
  • Kurangi makanan siap saji
  • Kurangi makanan yang di asap

Sedangkan pencegahan kanker tulang yang harus di lakukan sejak dini adalah:

  • Perbanyak minum air putih
  • Olahraga teratur
  • Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan
  • Perbanyak makan sayur-sayuran
  • Suplai dengan vitamin

Akan tetapi, penyakit adalah hal yang tidak bisa di pungkiri lagi ketika telah terjadi. Pada tahap awal mengetahui bila anda terkena kanker adalah dengan langsung berkonsultasi pada dokter. Dari situlah anda semakin tahu kuat tentang kondisi yang di hadapi. Tidak perlu khawatir, pada kesempatan ini akan di jelaskan beberapa Gejala Kanker Tulang Lutut yang belakangan ini cukup meresahkan.

Sponsors Link

Gejala dan Resiko Kanker Tulang Lutut

Tanda bahwa seseorang telah terserang kanker tulang lutut bisa di ketahui dari keadaan yang berbeda dari biasanya. Dibawah ini ada beberapa hal yang menjadi gejala dari kanker tulang lutut tersebut:

  1. Nyeri

Timbulnya rasa nyeri dan sakit parah pada bagian tulang, terutama dibagian lutut dan biasanya penderita akan merasa kesulitan untuk bangun setelah bangun tidur dan seusai beraktivitas. Nyeri ini biasanya sering terjadi ketika malam hari. Jika memang kejadian ini sudah menimpa Anda, sebaiknya hindarilah berbagai macam pantangan nyeri sendi lutut ini dan segera lakukan cara mengobati nyeri sendi lutut supaya kejadian tidak semakin parah dan segera teratasi.

  1. Tumbuh Benjolan

Munculnya benjolan atau dikenal sebagai suatu pembengkakan yang membesar secara bertahap. Kondisi ini terkadang sering memunculkan rasa sakit pada tulang lutut.

  1. Bengkak Sendi

Gejala bengkak lainnya terjadi yang menyerang pada sendi dan otot apabila kanker tersebut telah parah. Untuk mencegahnya semakin membesar, segeralah lakukan penanganan dengan cara mengobati tulang bengkak berikut, hal ini dikarenakan ketika semakin besar maka rasanya juga semakin sakit.

  1. Sering Demam

Perlu di curigai apabila seseorang seringkali demam yang di sertai dengan tiga hal di atas. Demam ini menjadi suatu tanda berikutnya bahwa anda terkena kanker tulang. Akan tetapi hal itu belum tentu benar 100% sebelum di sertai dengan tanda lainnya. Lebih baik adalah dengan periksa secepat mungkin.

ads
  1. Mudah Patah Tulang

Mudahnya tulang patah meskipun mengalami cedera yang tidak terlalu parah. Padahal patah tulang terjadi ketika seseorang telah cedera dalam tingkatan parah atau mengalami kecelakaan parah. Supaya kejadian ini tidak terjadi lagi, sebaiknya Anda mengikuti cara mencegah patah tulang dengan cepat dan efektif ini.

  1. Mudah Lelah

Mudah mengalami lelah meskipun tidak beraktifitas banyak. Tubuh akan merasakan lemas dan tak bertenaga seperti biasanya. Contoh kecilnya yakni seperti aktivitas berjalan atau mungkin angkat barang-barang tertentu dengan jarak yang sebenarnya tidak terlalu jauh.

  1. Pucat

Wajah tidak terlihat fresh sebagaimana awalnya sebelum mendapati beberapa hal di atas. Raut muka seringkali terlihat pucat atau sebagian besar orang menyebut kondisi seperti ini sebagai lesu.

  1. Gerak Lutut Terbatas

Gejala Kanker Tulang Lutut lainnya dan yang pasti terjadi adalah keterbatasan gerak lutut. Adapun contohnya adalah ketika seseorang hendak melakukan sesuatu selalu saja terhenti karena lutut tidak bisa bekerja secara maksimal. Terutama pada saat mengangkat beban berat bisa saja anda kewalahan yang di timbulkan dari lutut yang tidak nyaman. Tidak hanya itu saja, untuk gerak yang terbatas ini juga merupakan salah satu ciri ciri cedera ligamen lutut yang harus dikenali sejak dini.

  1. Tulang Rapuh

Kepastian kondisi kanker tulang lutut disertai dengan gejala selanjutnya yakni kerapuhan. Tulang lutut perlahan akan mengalami pengapuran (rapuh). Bisa jadi kejadian ini telah disebabkan oleh makanan penyebab tulang keropos berikut tanpa Anda sadari sebelumnya.

  1. Gaya Berjalan Aneh

Cara berjalan menjadi lebih aneh alias tidak seperti biasanya. Apabila seseorang penderita tidak merasakan perubahan itu, maka orang lain yang bisa menilai dan melihat.

10 tanda kanker tulang lutut tersebut bisa anda atasi dengan beberapa langkah. Meskipun semua itu memang memerlukan waktu yang tidak cukup singkat. Akan tetapi pada kasus yang lebih parah lagi ada juga penderita yang mengalami mati rasa. Meskipun keadaan ini jarang terjadi, namun cukup melengkapi tanda-tanda osteosarcoma lutut.

Pengobatan Kanker Tulang Lutut

  • Tes Darah

Melakukan tes darah sebagai sampel untuk mendeteksi kondisi yang sedang menyerang. Dengan kata lain cara ini untuk mendiagnosis kanker itu sendiri secara medis. Biasanya serangkaian tes darah ini juga dilakukan terhadap penderita tulang betis terasa ngilu, walaupun tidak seberapa namun efek samping dari ngilu tersebut juga cukup membahayakan bagi kesehatan tubuh.

  • Pemindaian Tulang

Pemindaian tulang dilakukan dengan cara menyuntikkan zat tertentu pada pembuluh darah. Dengan melakukan metode ini, tulang yang bermasalah akan menyerap zat tersebut lebih cepat apabila dibandingkan dengan tulang yang sehat. Barulah setelah melakukan penyuntikan dengan zat tersebut dilakukan pencitraan sinar X guna melihat perubahan yang sedang terjadi akibat pengaruh dari zat tersebut.

Sponsors Link

  • CT Scan

Salah satu kemampuan kerja dari CT Scan adalah mampu melihat penyebaran sel kanker yang sudah menginfeksi organ-organ lainnya. Sehingga dengan melakukan ini anda lebih tahu jelas sudah sejauh mana kanker menyebar.

  • MRI Scan

Tidak jauh berbeda dengan CT Scan, hanya saja tes ini lebih memberikan gambaran lebih detail dari osteosarkoma lutut yang sedang di derita.

  • Positron Emission Tomography

Terapi ini adalah langkah yang bisa di tempuh selain beberapa cara di atas. Cara kerjanya dengan menggunakan bahan radioaktif tertentu.

  • Pencitraan Sinar X Biopsi

Biopsi ini adalah tes yang akan dilakukan setelah tim dokter menemukan kemungkinan kanker lutut usai melakukan pencitraan sinar X. Kemudian para tim dokter akan mengambil jaringan tulang yang kemungkinan terkena kanker untuk di teliti lebih lanjut. Dikarenakan cara ini cukup manjur, maka wajar saja kalau teknik ini juga sangat direkomendasikan dalam penyembuhan patah tulang tanpa operasi.

Setelah beberapa tahap telah di lakukan, pasien akan menjalani pengobatan seperti kemoterapi, operasi, implan logam, sampai dengan amputasi. Namun semua pengobatan ini di lakukan berdasarkan tingkat keparahan penyakit.

Itulah 10 gejala Kanker Tulang Lutut yang wajib dikenali mulai dari sekarang sebelum kejadiannya parah sehingga untuk melakukan pengobatannya itu membutuhkan waktu yang lama.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Sunday 20th, May 2018 / 21:08 Oleh :
Kategori : Kanker Tulang