Sponsors Link

Otot Tangan Berdenyut: Bahaya, Pengobatan dan Tips Mengatasinya

Sponsors Link

Otot berdenyut dapat dirasakan oleh seseorang karena otot mengalami kontraksi. Kondisi ini paling sering dirasakan pada sekitar otot yang biasanya disebut dengan kedutan, namun juga dapat dirasakan di bagian tubuh lain seperti otot tangan. Otot yang berdenyut bisa merupakan kondisi normal ketika seseorang mengalami kelelahan pada otot, namun juga bisa merupakan pertanda adanya suatu penyakit atau gangguan seperti menjadi macam penyebab spasme otot atau lainnya. Nah artikel kali ini akan dibahas mengenai bahaya, cara mengatasi dan obat tangan berdenyut atau berkedut.

ads

Apakah otot tangan berdenyut berbahaya?

Ketika otot mengalami kelelahan atau penderitanya memiliki pola hidup yang tidak sehat, otot tangan berdenyut bisa saja terjadi. Jika otot berdenyut hanya beberapa saat saja biasanya adalah kondisi yang wajar sebagai reaksi otot, namun jika otot tangan berdenyut terus menerus tidak kunjung reda dan tangan terasa mulai lemas makan bisa menjadi tanda sebuah penyakit ortopedi. Berdenyutnya otot tangan bisa menimbulkan dampak fatal pada kondisi tertentu atau tidak segera ditangani dengan obat tangan berdenyut, antara lain:

  • Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS), yang disebabkan karena terjadi gangguan pada sel syaraf neuron motorik yang mengatur pergerakan otot tubuh.
  • Gangguan autoimun, yang salah satu gejalanya adalah terjadinya gangguan pada otot dan persendian tulang.
  • Distrofi otot, yang mana salah satu gejala dari penyebab distrofi otot adalah melemahnya kekuatan otot.
  • Penyakit neuropati, merupakan kelainan syaraf karena gagal mengirimkan sinyal yang mempengaruhi syaraf yang terdapat pada anggota gerak.
  • Dystonia, adalah gangguan yang menyebabkan otot berkontraksi berulang tanpa disadari dan biasanya penderita akan mengalami gejala tremor.

Bagaimana pengobatan kondisi ini?

Otot tangan berkedut secara berulang sebaiknya perlu diwaspadai, sehingga cara yang paling baik adalah memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan obat tangan berdenyut yang tepat. Beberapa pemeriksaan yang biasanya dilakukan untuk memastikan kondisi ini antara lain:

  • Pemeriksaan darah, untuk memastikan fungsi tiroid dan kadar elektrolit penderita, biasanya juga dipakai untuk kasus jari tangan sakit dan kesemutan.
  • Elektromiogram (EMG), untuk merekam aktivitas listrik yang terjadi pada otot rangka tubuh.
  • CT scan atau MRI, untuk mengetahui kondisi tulang belakang dimana terdapat syaraf motorik.

Setelah melewati beberapa pemeriksaan, pada umumnya dokter akan memberikan arahan untuk penanganan berupa terapi lebih lanjut karena sampai saat ini belum ada obat untuk mengatasi kondisi ini. Namun biasanya untuk membantu mengontrol kedutan akan diberikan obat seperti antipsikotik, antikonvulsan atau antidepresan yang juga sering dipakai untuk obat penghilang rasa sakit pada tulang.

Bagaimana tips untuk mengatasi otot tangan berdenyut?

Di samping berbagai metode atau obat tangan berdenyut, ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk meredakan gejala dan mencegah keparahan otot tangan berdenyut, antara lain:

  • Konsumsi banyak air putih untuk mencegah otot dehidrasi dan mengalami ciri-ciri kram otot.
  • Mengurangi melakukan aktivitas yang membutuhkan kekuatan fisik besar.
  • Berolahraga rutin dan tidak lupa selalu melakukan peregangan di tengah aktivitas.
  • Menghindari konsumsi alkohol, kopi dan berhenti merokok.
  • Memenuhi asupan nutrisi kalium dari buah dan sayur seperti sayuran untuk rematik.
  • Membentuk pola tidur yang teratur dan bangun di waktu yang teratur setiap hari.

Demikian info mengenai obat tangan berdenyut dan kemungkinan bahaya atau penyakit, pengobatan beserta tips mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Thursday 25th, October 2018 / 02:48 Oleh :