Sponsors Link

18 Penyebab Penyakit Rematik yang Wajib Segera Anda Waspadai

Sponsors Link

Sebelum kita membahas apa saja yang menjadi penyebab penyakit rematik ini sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu rematik? Rematik ini adalah salah satu gejala yang merupakan kumpulan dari beragam penyakit. Siapapun yang terkena rematik akan merasakan rasa sakit yang menyakitkan di bagian sendi. Rasa sakit ini disebabkan oleh adanya reaksi inflamasi yang terjadi di sendi tersebut seperti infeksi tulang belakang. Rematik biasanya adalah penyakit yang dikaitkan dengan orang yang sudah lansia, namun ini bukan mustahil menyerang kalangan yang lebih muda.

ads

Sebelum kita lanjut mempelajari penyebab penyakit rematik, kita harus tahu bahwasanya rematik ini adalah penyakit yang terdiri dari beberapa jenis dan ini bisa menggerogoti bagian sendi manapun seperti rematik setelah melahirkan. RA adalah salah satu jenis dari rematik yang kerap kali terjadi dan menyerang banyak orang. Bahkan RA ini merupakan jenis rematik yang justru lebih sering menyerang wanita di usia yang masih produktif alias wanita muda.

Penyebab Penyakit Rematik

Sebenarnya, penyebab penyakit rematik secara pasti belum benar-benar diketahui, namun beberapa masalah di bawah ini bisa menjadi faktor pemicu dan menjadi salah satu penyebab penyakit rematik, yaitu:

1.  Jenis kelamin

Jenis kelamin ini merupakan salah satu resiko yang menyebabkan penyebab rematik menjadi semakin menjadi. Wanita sebenarnya diketahui lebih mudah terserang rematik jika dibandingkan dnegan pria. Diketahui bahwasanya penyebab penyakit rematik ini disebabkan oleh adanya hormon estrogen yang ada pada wanita. Ini merupakan hormon yang bisa menyebabkan reaksi auto imun yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

2.  Genetika

Penyebab penyakit rematik selanjutnya adalah masalah genetika. jadi, jika ada keluarga yang menderita penyakit ini maka ada kemungkinan anda juga akan mengalami penyakit yang sama seperti mandi malam penyebab rematik.

3.  Obesitas

Siapa sangka ternyata orang-orang yang obesitas memiliki faktor resiko yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidak obesitas atau kegemukan. Karena sendi-sendi besar seperti pinggul maupun lutut akan memiki beban yang lpebih berat jika anda adalah orang yang obesitas dan ini akan memudahkan masalah infeksi sendi yang berujung pada gejala rematik.

4.  Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan juga berpengaruh terhadap terjadinya masalah rematik ini. karena faktor lingkungan nantinya akan mempengaruhi sistem imun kita, kita tahu bahwa orang yang berada di kalangan atau di lingkungan yang tidak sehat akan lebih mudah terkena penyakit. Ini juga sangat berbahaya bagi tubuh yang mudah tertular banyak penyakit.

5.  Merokok

Kita juga harus tahu bahwa bahaya rokok sangatlah banyak. Merokok ini juga dikategorikan sebagai penyebab masalah rematik yang banyak menyerang orang-orang. Jadi, haris diwaspadai jika anda adalah seorang perokok seperti efek samping merokok saat masa pembentukan tulang.

6. Asam Urat

Jika anda terkena masalah asam urat, maka ini akan emmudahkan tubuh untuk mengidap dan terkena masalah rematik. Bentuk pengaruh buruk dari penumpukan zat asam urat di dalam tubuh ini bisa menyebabkan masalah rematik bagi banyak orang.

7. Osteoporosis


Ini merupakan penyakit yang menyababkan pengikisan tulang hingga tulang akan semakin menipis dan mudah untuk rusak. Ini merupakan salah satu penyebab tersering terjadinya jenis rematik tulang yang patut diwaspadai. Kita tahu bahwasanya rematik sendiri memiliki banyak jenis yang berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti cara mengobati rematik dnegan daun kelor.

8. Terpapar AC

Sekarang ini, menggunakan AC pada perkantoran maupun rumah dan tempat-tempat ramai lainnya sudah bukan hal yang aneh lagi. Bahkan ini adalah salah satu hal yang menjadi sangat dibutuhkan  di dalam sebuah ruangan. Apalagi jika anda adalah orang yang secara terus-terusan terpapar AC maka akan menambahkan bahaya untuk terkena rematik ini.

9. Mandi Malam Hari

Seperti penjelasan topik tentang mandi malam penyebab rematik, memang sangat direkomendasikan untuk mandi tidak terlalu malam. Ini dikarenakan udara dan dinginnya air bisa menajdi salah satu faktor pemicu inflamasi sendi yang berujung pada masalah rematik. Udara dan air dingin di malam hari ini bsa menjadi salah satu faktor yang nantinya bisa membuat kapsul sendi menjadi kerupit dan sendi akan menjadi semakin nyeri. Menggunakan air hangat adalah satu alternatif untuk anda yang ingin mandi malam-malam.

10. Faktor Usia

Seperti yang kita jelaskan di atas bahwasanya rematik ini merupakan penyakit yang umum menyerang para lansia. Biasanya, orang yang berusia >45 tahun akan lebih mudah mengalami maslaah rematik ini. Dan tentunya kita memerlukan penanganan yang tepat untuk menghindarkan tubuh terkena rematik. Lansia akan mendapatkan penurunan fungsi tubuh sehingga mudah mendapatkan penyakit apapun.

11. Melakukan Pekerjaan Berat

Siapapun yang sering beraktifitas dan ini tergolong aktifitas yang berat, maka akan lebih mudah terkena rematik apalagi jika usianya sudah melebihi 45 tahun. Kelelahan dan penurunan sistem imun akan memicu adanya gejala rematik seperti nyeri sendi tersebut.

12. Sering Keluar Malam

Tidak jauh berbeda dengan makanan penyebab flu tulang, angin dan udara malam yang dingin ini sangat tidak bersahabat dnegan tubuh. Udara dingin di malam hari ini sangatlah tidak sehay dan ini akan membuat tubuh menjadi lebih rentan terkena banyak masalah atau penyakit seperti rematik ini.

13. Baju Basah

Sama seperti maalah mandi malam dan kelura pada malam hari. Terlalu sering membiarkan tubuh menggunakan baju basah tidak hanya bermasalah untuk kulit dan imun, ini juga menjadi salah satu hal yang memicu terjadinya rematik pada seseorang.

14. Minuman Keras

Tidak hanya berpotensi membuat penyakit muncul, ini juga tidak baik bagi tubuh secara keseluruhan. Minuman beralkohol dan rokok adalah 2 hal berbahaya yang bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih rusak dan sistem imun menjadi melemah.

15. Dehidrasi

Dehidrasi ini tidak hanya terjadi saat tubuh kekurangan asupan air mineral. Ini juga terjadi akibat tubuh mengalami masalah seringnya seseorang mengkonsumsi minuman beralkohol. Apapun penyebab tubuh menjadi dehidrasi, ini akan berdampak buruk bagi kesehatan. Jadi, cukupi kebutuhan air setiap hari minila 2 liter.

16. Stres

Siapapun bisa mengalami stress ini. Tidak terkecuali orang biasa yang tidak memiliki penyakit yang serius. Stress bisa mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. oarang yang mengalami stres akan lebih mudah terserang penyakit daripada yang tidak terkena stres. jadi, cobalah menggunakan penanganan yang tepat bagi siapapun yang terkena stres agar tidak memicu penyakit lain seperti rematik.

17. Obat-obat Tertentu

Kita harus selalu menyadari dampak buruk dari obat-obatan. Ini akan menyebabkan masalah rematik jika anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang nantinya bisa menyebabkan efek samping berupa iritasi dan inflamasi pada bagian sendi. Namun, terkadang kita memang memerlukan konsumsi dari obat-obatan ini. Obat-obatan gagal jantung dan obat untuk menurunkan tekanan darah bisa menyebabkan maslaah rematik. Obat yang sebaiknya dihindari adalah diuretik, beta blockers, aspirin maupun siklosporina.

18. Mengonsumsi Makanan Tinggi Purin

Makanan tertentu yang mengandung purin yang tinggi akan menyebabkan resiko mengalami rematik akan semakin menjadi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan agar tidak mengkonsumsi makanan tinggi purin ini. Misalnya saja bayam, hati, daging dan makanan lainnya.

Pencegahan rematik

Ada banyak terapi maupun pengobatan baik secara medis dan alami yang bisa meringankan gejala rematik ini dan salah satu hal yang penting untuk dipelajari adalah bagaimana nantinya kita bisa mengurangi masalah rematik ini. Ini diperlukan pengetahuan tentang tindakan pencegahan, yaitu:


  • Memperbanyak konsumsi air putih.
  • Menghindari makanan atau bahan makanan yang mengandung banyak zat purin.
  • Mengatur pola makan dnegan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang.
  • Lakukan olahraga secara teratur agar tubuh terjaga kesehatan serta kebugarannya.
  • Selalu menjaga berat badan ideal, jangan sampai mengalami obesitas karena ini akan mempertinggi resiko terkena rematik tersebut.
  • jangan lupa untuk menggunakan suplemen kesehatan agar kesehatan bisa terjaga dengan baik apalagi bagi para lansia yang imunnya telah menurun.
  • jangan biasakan mandi dimalam hari, keluar terlalu sering dimalam hari atau terpapar udara malam yang tidak bersahabat.
  • Hindari rokok dan hindari juga konsumsi alkohol.

hal penting lainnya dalam mengatasi maslaah rematik ini adalah dnegan melakukan deteksi dini. Ini berguna agar kita bisa lebih waspada dan mengetahui kapan harus menemui dokter dan melakukan pemeriksaan serta perawatan lebih lanjut. jangan lupa untuk selalu melakukan peregangan dan senam ringan agar tubuh bisa lebih lentur dan sendi-sendi ditubuh tidak menjadi kaku.

pastikan bahwa anda selalu siaga dan melaporkan jika terjadi masalah dan gejala yang menyerupai rematik. Jangan ragu menemui dokter ahli jika misalnya anda mengalami banyak gejala yang mendekati maslaah rematik seperti sendi-sendi sering terasa nyeri dan sakit berkelanjutan. Dengan mendeteksi lebih awal maka penanganan akan lebih mudah dilakukan. Para dokter akan memberikan perawatan yang etpat untuk mengatasi rematik dan mengatasi gejala yang menganggu tersebut.

Anda juga sangat dianjurkan untuk selalu membiasakan pola hidup sehat agar terhindar dari beragam masalah kesehatan, tidak hanya rematik tentunya. Pastikan anda selalu melakukan penanganan atau terapi rematik yang ebnar. Cari tahu informasi mengenai penanganan rematik dirumah untuk mempermudah kita melakukan penanganan terhadap penyakit ini nantinya. Ada banyak jenis penanganan rematik yang berbeda dan ampuh untuk dijalani.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Monday 10th, December 2018 / 03:49 Oleh :
Kategori : Rematik