Sponsors Link

Tulang Menonjol di Bawah Lutut, Bahayakah? Apa Akibatnya?

Sponsors Link

Tulang merupakan organ tubuh yang sangat penting. Tulang memiliki banyak manfaat yang mendukung fungsi normal tubuh. Salah satu fungsi tulang yang paling penting adalah sebagai rangka yang memberikan bentuk dan postur terhadap tubuh. Bentuk dan postur tubuh yang bungkuk, tegak, atau miring dipengaruhi oleh tulang yang menyusun tubuh. Selain itu, sebagai rangka tubuh, tulang juga berfungsi tempat menempelnya otot-otot rangka, sehingga berbagai bagian tubuh seperti tangan, kaki, dan kepala dapat digerakkan untuk menunjang aktivitas.

ads

Umumnya, sebagian besar aktivitas manusia sehari-hari paling banyak melibatkan pergerakan tangan dan kaki. Pergerakan tangan dilakukan untuk aktivitas kerja, seperti menulis, memasak, mengetik, dan lainnya. Sementara itu, pergerakan kaki lebih banyak dilakukan untuk mobilisasi atau perpindahan tempat, seperti berjalan dan berlari. Adanya gangguan pada tangan atau kaki dapat menimbulkan hambatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

 

Resiko Timbulnya Penyakit Dibawah Lutut

Lutut merupakan salah satu sendi terbesar dan paling kompleks dalam tubuh. Sendi lutut menghubungkan tulang paha dengan tulang kering. Tulang lutut merupakan tulang kecil yang menyusun sendi lutut dan berada di sebelah dapan dari tulang paha. Selain tulang lutut, juga terdapat tendon yang menghubungkan tulang lutut dengan otot yang menggerakan sendi dan terdapat ligamen yang menghubungkan antar tulang dan berfungsi menjaga kestabilan sendi lutut.

Adanya tulang yang menonjol di bawah lutut dapat menjadi berbahaya atau tidak, sangat bergantung pada ada tidaknya gejala lain yang menyertainya. Jika benjolan dirasa keras seperti tulang dan tidak ada gejala lain seperti sakit persendian lutut, ngilu pada lutut, bengkak, penurunan berat badan yang sangat drastis, dan keluhan kesehatan lainnya, kemungkinan benjolan keras yang dirasakan memang merupakan tulang yang secara normal memang ada namun nampak lebih teraba dan terlihat akibat berat badan yang terlalu kurus.

Tonjolan tulang di bawah lutut yang terjadi akibat berat badan yang terlalu kurus merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya. Namun masalah berat badan yang terlalu kurus sendiri beresiko menimbulkan beberapa masalah kesehatan, seperti:

  • Osteoporosis. Berat badan yang terlalu kurus dapat menyebabkan kepadatan tulang menjadi menurun dan menimbulkan kondisi osteoporosis. Osteoporosis sendiri dapat menimbulkan dampak yang negatif, salah satunya dapat menjadi penyebab patah tulang patologis akibat tulang yang rapuh.
  • Malnutrisi. Malnutrisi merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan nutrisi, sehingga terganggu pertumbuhan dan metabolismenya. Malnutrisi menimbulkan kondisi cepat lelah, lebih mudah sakit, gangguan menstruasi, rambut rontok, kulit kering, dan masalah pada gigi.
  • Penurunan fungsi imun. Pada kondisi berat badan yang terlalu kurus, ketersediaan protein untuk pembentukan imun menjadi kurang. Hal tersebut menyebabkan penurunan fungsi imun, sehingga akan mudah terserang penyakit, khususnya penyakit infeksi.
  • Infertilitas. Pada wanita yang berat badannya terlalu kurus akan beresiko mengalami amenorrhea, atau suatu kondisi dimana tidak terjadi menstruasi, dan gangguan siklus menstruasi. Jika kondisi ini terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan tidak keluarnya sel telur yang menyebabkan kemandulan.

Banyaknya resiko kesehatan akibat berat badan yang terlalu rendah dan kurus menyebabkan sangat penting untuk mencapai berat badan yang normal dan melakukan upaya untuk meningkatkan berat badan.

Bahaya Akibat Tulang Lutut Menonjol

Salah satu masalah pada tulang anggota gerak yang sering dikeluhkan adalah adanya tulang menonjol di bawah lutut. Adanya kelainan ini sering menimbulkan kekhawatiran pada kebanyakan orang yang mengalaminya. Namun sebenarnya, apakah tulang yang menonjol di bawah lutut berbahaya? Apa saja akibatnya jika mengalami tulang yang menonjol di bawah lutut?

Sponsors Link

Tulang menonjol di bawah lutut yang tidak diikuti gejala lain memang dikategorikan normal, namun jika diikuti nyeri, ngilu dan bengkak, bisa jadi merupakan gejala penyakit yang dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Beberapa kondisi penyebab dan akibatnya di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Abses pada daerah sendi lutut

Abses merupakan benjolan lunak kecil yang terjadi pada permukaan kulit. Benjolan ini berisi cairan nanah. Biasanya disebabkan oleh penyumbatan kelenjar keringat, peradangan, atau trauma ringan pada area kulit. Adanya abses menyebabkan lutut menjadi sakit, kemerahan, dan nyeri ketika ditekan. Abses dapat sembuh dengan mengeluarkan cairan, namun pengeluaran perlu dilakukan oleh tenaga kesehatan untuk mencegah infeksi.

  • Ganglion cyst pada sendi lutut

Ganglion cyst atau kista ganglion merupakan benjolan atau pembengkakan dari sendi, yang berisi cairan bening dan mirip jelly yang agak lengket. Pada sendi kista ini berisi cairan sendi yang biasanya muncul akibat tekanan berlebihan pada sendi lutut. Adanya kista ini akan mengakibatkan nyeri yang sangat hebat, khususnya ketika sendi digerakkan. Selain itu, kista juga dapat mengganggu fungsi sendi dan menyebabkan kelemahan pada otot di sekitarnya.

Sponsors Link

  • Tumor tulang

Tumor tulang terjadi ketika terdapat kelainan pada sel tulang sehingga sel membelah secara berlebihan dan membentuk jaringan abnormal. Kanker osteosarcoma pada sel tulang biasanya menimbulkan adanya benjolan di sekitar lutut. Benjolan dapat terasa sakit ketika ditekan atau tidak sakit sama sekali. Biasanya diikuti gejala lain seperti demam, berkeringat, dan kurang nafsu makan. Tumor tulang jika dibiarkan dapat berkembang dan menyebar ke bagian tubuh lain. Adanya tekanan dari tumor juga dapat menjadi penyebab patah tulang patologis.

Beberapa kondisi tulang menonjol di bawah lutut tersebut dapat memberikan dampak berbahaya jika dibiarkan dan tentunya akan mengganggu aktivitas. Jika mengalami tulang menonjol di bawah lutut disertai dengan keluhan lain, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab yang pasti. Semakin cepat penyebab diketahui maka akan semakin cepat pengobatan dilakukan, sehingga akan terhindar dari bahaya yang mungkin ditimbulkan.

Itulah beberapa ulasan tentang penyakit tulang bisa menonjol yang ada di bawah lutut yang bisa anda ketahui beberapa akibatnya.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Tuesday 20th, February 2018 / 04:39 Oleh :