Sponsors Link

4 Ciri Ciri Kanker Otot yang Sering Diabaikan

Sponsors Link

Banyak sekali kondisi memprihatinkan menyerang manusia, salah satunya adalah penyakit kanker. Kanker sendiri banyak jenisnya, mulai dari kanker otak, kanker payudara, kanker rahim dan masih banyak lagi termasuk kanker otot. Semua itu tergantung dimana kondisi atau bibit penyakit terletak secara kritis atau membahayakan. Sekilas saja bicara tentang kanker otot, penyakit yang satu ini adalah termasuk dikategorikan kanker ganas yang kerap menyerang balita. Menurut beberapa ahlinya, tumor tulang ini dapat hidup dimana saja kecuali di jaringan tulang.

ads

Pada umumnya kanker ini muncul di bagian kepala, leher prostat, kandung kemih, dan vagina anak-anak. Penyakit kanker tak hanya menyerang orang dewasa saja, kanker juga bisa menyerang anak-anak. Apalagi kanker otot ini termasuk salah satu jenis kanker yang kerap menyerang anak balita atau dalam bahasa medisnya adalah rabdomiosarkoma. Tidak mudah mendeteksi penyakit kanker ini, apalagi anak kecil, gejala yang muncul pun samar.

Sayangnya, hal ini sudah berhasil membuat banyak orang tua merasa was-was. Lantas apa yang dimaksud rabdomiosarkoma sendiri ? Menurut beberapa ahli medis, Rabdomiosarkoma ialah pertumbuhan sel ganas di jaringan lunak yang ada di dalam tubuh.  Jaringan-jaringan tersebut seperti otot dan jaringan ikat (tendon atau urat). Pada rabdiosarkoma, sel kanker ini begitu terlihat hampir mirip dengan sel otot yang belum matang. Kanker otot ini termasuk jenis kanker yang dikategorikan langka.

Dalam kandungan, sel otot yang disebut rabdiomioblas ini mulai berkembang membentuk jaringan otot pada minggu ketujuh usia kehamilan. Ketika sel otot tersebut mulai tumbuh cepat namun tidak normal dan ganas, sel itu pun berubah menjadi sel kanker rabdomiosarkoma.

Hal ini dikarenakan perkembangan sel otot rabdiomioblas terjadi pada masa embrio, maka ciri ciri Kanker Otot ini lebih sering di alami oleh anak-anak. Meskipun begitu, tak menutup kemungkinan jika orang dewasa bisa mengalaminya.

4 Ciri Ciri Kanker Otot

  1. Tumor Rabdomiosarkoma di Hidung atau Tenggorokan

Tumor yang mulai tumbuh di saluran pernafasan ini dapat mengakibatkan mimisan, sulit menelan, pendarahan yang hebat, bahkan sampai terjadi masalah pada sistem saraf jika kanker mulai menjalar ke otak sehingga menyebabkan kanker di kepala juga.

Untuk itu Anda perlu banget untuk mengenali ciri ciri tumor tulang kepala supaya dapat melakukan pengobatan tumor tulang secepatnya. Dan untuk melakukan pencegahan supaya tidak terjadi lagi, Anda perlu menghindari berbagai penyebab tumor tulang berikut.

  1. Tumor Disekitar Mata

Tumor yang ada di area mata ini menyebabkan mata sedikit menonjol, bengkak di sekitar indera penglihatan, atau mungkin penderita akan mengalami rasa nyeri yang begitu hebat di bagian matanya.

  1. Tumor Dibagian Telinga

Tumor di telinga ini membuat si penderita merasakan sakit, telinga mulai membengkak secara perlahan, hingga kanker otot berhasil membuat si penderita kehilangan pendengarannya. Untuk kejadian ini berbeda dengan tulang belakang telinga sakit, dan untuk efek yang ditimbulkan juga berbeda.

  1. Tumor Pada Kandung Kemih dan Vagina

Tumor secara perlahan akan tumbuh di area sensitif ini menyebabkan penderita mengalami masalah buang air besar dan kecil. Tak hanya itu saja, ciri ciri Kanker Otot ini menimbulkan masalah dalam pengendalian air seninya. Selain itu, apakah Anda juga mengalami rasa nyeri pada tulang vagina? Mungkin salah satu atau beberapa penyebab nyeri pada tulang vagina ini telah Anda alami sebelumnya.

Belum diketahui pasti apa penyebab kanker otot ini 90% menyerang anak-anak. Dari kelompok usia balita bisa diketahui apa saja faktor dan resiko yang membuat anak rentan mengalami kanker otot.

Sponsors Link

  • Lebih sering terjadi pada laki-laki dibandingkan perempuan
  • Anak yang sudah cacat dari lahir
  • Anak yang berusia di bawah 10 tahun, namun bisa terjadi pada remaja maupun orang dewasa.
  • Kelainan genetik (yang membuat seseorang cenderung terserang penyakit kanker otot).

Mungkin dari beberapa ciri ciri di atas memang tidak pernah anda sadari, namun mulai saat ini lebih baik Anda mulai memperhatikan kondisi tubuh. Kadang penyakit memang tak terlihat jelas, namun membahayakan. Untuk kanker otot sendiri, jika sudah menemui beberapa ciri ciri Kanker Otot sebaiknya lakukan penanganan yang pas. Salah satu atau langkah pertamanya dengan mengunjungi pihak medis seperti dokter. Dalam hal ini dokter yang paling ahli di bidang kesehatan, sehingga mampu membuat anda menemukan solusi yang terbaik.

Cara Mengobati Kanker Otot

Ketika Anda menemukan salah satu ciri dari keempat ciri tersebut, sebaiknya segera melakukan penanganan. Untuk mengobatinya tentu perlu dilakukan berdasarkan lokasi dan jenis rabdomiosarkama itu sendiri. Pengobatannya meliputi, operasi, kemoterapi, dan terapi radiasi. Secara umum, cara mengobati kanker melalui jalur operasi dan terapi radiasi ini hanya untuk menangani tumor yang ada di lokasi utamanya. Sementara kemoterapi, untuk mengobati kanker yang sudah mulai menyebar di seluruh bagian tubuh.

Menjaga kesehatan itu sangatlah penting, sehingga anda tidak boleh mengabaikan begitu saja. Sebelum penyakit ini terjadi pada diri Anda, sebaiknya terapkan pencegahan kanker tulang berikut, walaupun sebenarnya tidak sama bagiannya namun kurang lebih sama-sama menyehatkan bagi tubuh. Semoga dengan wawasan ini anda menjadi kenal akan hal-hal yang menjadi tanda bahwa kanker otot mulai menyerang.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 12th, September 2018 / 23:44 Oleh :