Sponsors Link

Penderita Diabetes Rentan Tulang Keropos, Benarkah? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sponsors Link

Kadar gula darah yang abnormal di dalam tubuh akan memberikan dampak yang buruk terhadap kesehatan, baik pada tubuh yang kekurangan gula darah maupun kelebihan gula darah yang akan berujung pada penyakit diabetes. Orang yang menderita penyakit diabetes harus menjalani diet ketat untuk mengurangi kadar gula darah yang tinggi agar bisa stabil kembali, sehingga penderita diabetes akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan kalsium untuk tubuh sehingga penderita diabetes rentan tulang keropos. Oleh karena itu bagi penderita diabetes wajib untuk mengetahui ciri-ciri tulang keropos agar bisa segera diatasi.

ads

Benarkah Penderita Diabetes Rentan Tulang Keropos?

Kurangnya asupan makanan yang bernutrisi dan kalsium akibat menjalani diet yang ketat untuk menjaga asupan gula memang dapat menyebabkan penderita diabetes rentan tulang keropos, bahkan ada beberapa fakta tentang penderita diabetes rentan tulang keropos, berikut faktanya.

  • Kerusakan tulang dan penurunan kualitas tulang serta penurunan kepadatan tulang sangat mudah dialami oleh penderita diabetes.
  • Penderita diabetes juga beresiko tinggi untuk mengalami fraktur atau patah tulang.
  • Tulang penderita diabetes akan lebih cepat dan mudah dalam mengalami degenerasi fungsi tulang.

Cara Mengatasi Tulang Keropos pada penderita Diabetes.

Cara untuk mengatasi tulang keropos ini adalah dengan mengkonsumsi banyak kalsium dan nutrisi yang berguna dalam menjaga kesehatan dan kepadatan tulang agar tulang tetap kuat. Namun pada penderita diabetes tentu akan sangat sulit dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Berikut penanganan yang tepat untuk mengatasi tulang keropos pada penderita diabetes.

  1. Jaga kesehatan dan gaya hidup, harus dilakukan yang seimbang dan tidak berlebihan serta rutin dalam berolah raga.
  1. Menjauhi makanan penyebab tulang keropos.

Seperti :

  • Makanan yang mengandung kafein, karena kafein yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan dan pertumbuhan tulang serta menghalangi tubuh dalam penyerapan kalsium yang sangat berguna untuk tulang.
  • Minuman bersoda, minuman ini merupakan penyebab tulang rapuh karena minuman ini mengandung fosfor yang jika berlebihan tidak akan baik untuk kesehatan tulang dan dapat menjadi penyebab tulang keropos.
  • Garam berlebih selain dapat menyebabkan hipertensi juga dapat membuat kalsium di dalam tubuh menjadi berkurang.
  • Alkohol yang berlebihan juga bisa mengganggu tubuh dalam menyerap kalsium untuk tulang.
  1. Dapatkan nutrisi dan kalsium, untuk mengembalikan fungsi dan kesehatan tulang dari sumber lain yang aman untuk penderita diabetes dan juga mengkonsumsi makanan yang baik untuk tulang keropos, seperti :
  • Mengkonsumsi suplemen yang berkalsium agar kebutuhan kalsium dalam tubuh bisa terpenuhi walaupun sedang menjalani diet yang ketat.
  • Sayur Brokoli memiliki kalori yang rendah namun tinggi akan kandungan kalsium dan nutrisi lainnya yang bisa membuat tulang kembali kuat dan sehat, sehingga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.
  • Kacang-kacangan memiliki banyak kalsium dan omega 3 serta juga bisa menstabilkan gula dalam darah.
  • Makanan dari gandum seperti oatmeal ini memiliki banyak kalsium untuk tulang dan juga mengandung serta tinggi yang bisa mengontrol gula dalam darah yang menjadikannya aman untuk dikonsumsi penderita diabetes sekalipun.
  • Yogurt yang rendah lemak namun berkalsium tinggi bisa dikonsumsi penderita diabetes karena kandungan protein dan karbohidratnya bisa menjaga kadar gula darah dalam tubuh.
  1. Mengkonsumsi supllemen yang mengandung kalsium, yang juga aman untuk penderita diabetes sehingga nutrisi untuk kesehatan tulang bisa terpenuhi.

Demikianlah cara penanganan untuk penderita diabetes rentan tulang keropos yang bisa dilakukan dengan menjaga asupan makanan untuk mengobati tulang keropos dan nutrisi dengan tepat. Dan sebaiknya lakukan pencegahan tulang keropos sebelum terjadi gejala osteoporosis atau pengapuran pada tulang.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 14th, March 2018 / 08:23 Oleh :