Sponsors Link

Benarkah Mandi Malam Penyebab Rematik? Bagaimana Penanganannya?

Sponsors Link

Banyak orang menyarankan agar tidak mandi larut malam atau ketika sudah memasuki magrib. Sebagian orang beranggapan bahwa Mandi Malam Penyebab Rematik. Benar atau tidaknya belum bisa diketahui setiap orang, namun yang jelas sudah banyak yang merasa enggan untuk mandi malam lantaran rematik. Tetapi sebagian masih saja banyak yang melakukan mandi di malam hari. Biasanya, mereka yang mandi malam adalah setelah melakukan aktifitas seperti gym atau futsal.

ads

Sebagaimana yang telah dikatakan oleh seorang pakar kesehatan kalau mandi malam memang tidak sepenuhnya menyehatkan. Hal ini dikarenakan udara dingin dan air dingin menjadi salah satu faktor predisposisi yang mengakibatkan nyeri sendi. Oleh sebab itu, penderita rematik atau jenis rematik lainnya di larang sekali untuk melakukan mandi di malam hari sehingga untuk mandi malam ini termasuk ke dalam salah satu dari 30 macam pantangan penderita rematik yang wajib dihindari. Akan tetapi kalau memang Anda terpaksa mandi malam, sebaiknya gunakan air hangat.

Suhu dingin memang mengakibatkan kapsul sendi mengkerut. Sehingga keadaan ini memicu munculnya rasa nyeri pada penderita rematik. Untuk itulah disarankan bagi penderita rematik agar tidak mandi di malam hari agar kondisi tidak semakin memburuk.

Akan tetapi, tidak dibenarkan juga bahwa seseorang yang sehat akan terkena rematik kala mandi di malam hari. Untuk pernyataan tersebut telah disampaikan secara langsung oleh Dr. Andry Reza Rahmadi, SpPD, MKes yang merupakan salah satu dokter spesialis penyakit. Ia menegaskan bahwa mandi dengan menggunakan air hangat menjadi salah satu metode yang sangat di anjurkan bagi penderita rematik. Sebaliknya, tidak benar jika orang sehat akan terkena rematik dengan mudah hanya karena mandi malam. Karena sampai sekarang belum ada bukti yang membenarkan hal itu.

Jadi terkait Mandi Malam Penyebab Rematik itu tidak benar selama belum ada bukti yang akurat. Akan tetapi, untuk apa anda mandi di malam hari jika pada sore hari sudah merasa longgar. Nah, untuk penanganannya sendiri ada banyak hal yang bisa di lakukan dalam menepis rematik. Berikut beberapa cara untuk menangani kondisi rematik:

  • Brotowali

Apa itu brotowali? Merupakan sebuah tumbuhan yang mempunyai sejuta manfaat dalam menyembuhkan berbagai penyakit termasuk rematik. Anda bisa memanfaatkan tumbuhan ini dan mengolah untuk di jadikan ramuan tradisional untuk rematik. Bahan yang perlu dipersiapkan yakni:

  1. 10 sentimeter batang brotowali
  2. Air Putih 3 gelas

Setelah menyiapkan keduanya, cucilah batang brotowali dan potong-potonglah sepanjang 3 sentimeter. Kemudian rebuslah batang brotowali tersebut dengan tiga gelas air di dalam panci hingga mendidih. Biarkan dingin, lalu di minum sehari 3 kali. Meski Anda tidak sedang menderita rematik, Anda juga dapat mengkonsumsinya secara rutin jika mau sebab Brotowali juga termasuk ke dalam salah satu cara mencegah rematik paling berkhasiat.

  • Akar Beluntas

Bukan hanya batang brotowali saja, namun akar beluntas juga bisa menyembuhkan rematik. Akar beluntas sangat bagus untuk meringankan rasa nyeri yang terjadi pada kondisi rematik. Sedangkan untuk daunnya sangat berkhasiat untuk obat herbal sendi kaku saat bangung tidur dengan cara mengkonsumsinya secara rutin di pagi hari. Untuk mengolah ramuan akar beluntas ini, anda harus menyiapkan akar beluntas secukupnya dan satu gelas air putih. Setelah semua siap, lakukan langkah-langkah berikut:

Sponsors Link

  1. Cuci bersih akar beluntas
  2. Rebus bersama air putih satu gelas dalam panci sampai mendidih
  3. Jika sudah mendidih, angkat dan biarkan dingin lalu di minum sebanyak satu kali dalam sehari. Cara ini tidak jauh berbeda dengan membuat ramuan brotowali.
  • Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang mempunyai khasiat baik bagi kesehatan. Selain menjadi rempah pelengkap suatu masakan, jahe banyak di konsumsi sebagai seduhan wedang. Ternyata khasiat jahe sangat manjur untuk rematik, bahkan cara mengobati rematik dengan jahe ini tidaklah begitu sulit

Setiap orang mempunyai selera masing-masing, ada yang di bakar terlebih dahulu jahenya untuk kemudian di hancurkan dengan dua pukulan dan di masukkan pada air panas dengan sedikit gula. Sebagian ada yang langsung di tumbuk saja, dan semua tergantung keinginan anda.

Selain menangani rematik secara alami dengan ramuan di atas, anda juga perlu melakukan langkah lain seperti menjalani olahraga rutin. Disamping itu, untuk menangani rematik anda juga perlu berkonsultasi kepada dokter agar menemukan solusi yang tepat dan mendapatkan resep yang di anjurkan. Namun yang terpenting adalah dengan menjaga pola makan sehat, berikut ini ada beberapa makanan untuk penderita rematik yang dapat dikonsumsi oleh penderita untuk mengurangi rasa nyeri:

Sponsors Link

  1. Ikan Berminyak
  2. Sayur-Sayuran (Terong, Kale, Brokoli, Cabe, Paprika, Wortel)
  3. Buah-Buahan (Strawberry, Cherry, Semangka, Nanas)
  4. Gandum
  5. Kacang-Kacangan
  6. Biji-Bijian
  7. Minyak Zaitun
  8. Teh Hijau
  9. Rempah-Rempah (Ketumbar, Jahe, Kunyit)

Mandi Malam Penyebab Rematik secara garis besar belum di benarkan dan sampai saat ini juga masih belum ada bukti akurat tentang kejadian tersebut. Akan tetapi bagi Anda atau mungkin saudara dan kerabat yang tengah menderita kondisi rematik, lakukan beberapa cara penanganannya di atas untuk mengurangi atau mungkin menyembuhkannya penyakit rematik secara total sehingga aktifitas dapat berjalan lancar seperti biasanya kembali. Semoga artikel ini dapat membantu anda semua.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 17th, July 2018 / 13:04 Oleh :
Kategori : Rematik