Sponsors Link

Lutut Tidak Bisa Ditekuk Pasca Operasi: Penyebab dan Penanganan Medis yang Tepat

Sponsors Link

Lutut adalah salah satu organ pada manusia yang memiliki banyak sekali fungsi. Namun terkadang lutut juga yang bisa dikatakan sering diabaikan kesehatannya. Padahal seperti yang kita ketahui, fungsi lutut ada banyak sekali dan juga tugas lutut sangat penting karena aktivitas sehari-hari yang kita lakukan tertumpu pada bagian kecil ini. Lutut jugalah yang menjadi peran penting untuk keseimbangan pergerakan manusia. Posisi engsel lutut juga yang membuat kita mampu berdiri, jongkok, berlari, melompat dan sebagainya, jadi sangat fatal jika lutut kita mengalami masalah. Biasanya orang-orang menyepelekan masalah yang ada pada lutut seperti sakit persendian lutut, tulang lutut sering bunyi, ngilu pada lutut, cedera tendon lutut, dan lainnya.

ads

Padahal jika sakit tersebut dibiarkan akan membuat kita sulit untuk melakukan kegiatan sehari-harinya atau bahkan bisa mendatangkan masalah yang lebih serius. Namun disaat kita sadar akan kesehatan lutut dan merawatnya, bisa saja kecelakaan yang tidak kita inginkan terjadi misalnya kecelakaan atau lutut kita terbentur cukup keras yang menjadi penyebab nyeri sendi lutut. Jika kita mengalami kecelakaan yang cukup parah sehingga membuat lutut perlu di operasi bukan hanya proses penyembuhannya saja yang perlu memakan waktu tetapi juga bisa membuat lutut tidak bisa ditekuk. Memang setelah operasi lutut, biasanya lutut tidak bisa ditekuk pasca operasi dan masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara menanganinya.

Penyebab Lutut Tidak Bisa Ditekuk Pasca Operasi

Sebenarnya kaku pada sendi lutut disebabkan karena sendi tidak digerakkan dengan waktu yang cukup lama, atau bisa juga disebut dengan imobilisasi. Misalnya saja karena harus bedrest atau memang karena diperlukannya imobilisasi untuk menyembuhkan patah tulang yang posisinya berdekatan dengan sendi. Penyebabnya antara lain yaitu karena terjadinya pemendekan jaringan lunak yang ada di sekitar sendi seperti otot dan juga selubung sendi.

Atau bisa juga ditimbulkan karena timbul jaringan fibrosis yang disebabkan cederanya, maka hal tersebutlah yang menghambat pergerakan dari dalam sendi. Jika masalah tersebut terjadi, anda bisa melakukan fisioterapi atau pembedahan. Untuk meregangkan jaringan yang mengalami kontraktur memang sebaiknya di awali dengan fisioterapi, nah jika tidak menunjukkan perkembangan maka anda bisa mempertimbangkan tindakan operasi/pembedahan.

Penanganan Medis Lutut Tidak Bisa Ditekuk Pasca Operasi

Karena masih banyak yang belum mengetahui cara menanganinya, untuk itu mari kita ketahui cara menangani lutut tidak bisa ditekuk pasca operasi.

1. Fisioterapi

Tindakan operasi dapat anda lakukan misalnya saja untuk membersihkan jaringan fibrosis yang ada di dalam sendi, atau juga bisa melakukan pembebasan jaringan jika pemendekan terjadi. Jika anda masih berusia muda sangat memungkinkan untuk terjadinya perbaikan. Namun meskipun demikian, keberhasilan dari tindakan terapi juga berbeda antara satu orang dengan yang lainnya karena ada berbagai faktor yang mempengaruhinya. Sedangkan untuk waktu pemulihannya sendiri sekitar 2 hingga 6 bulan. Saat pemulihan, sebaiknya konsumsi makanan untuk memperkuat sendi lutut.

2. Rajin Melakukan Rontgen

Tulang sebenarnya memiliki kemampuan yang bisa dikatakan unik karena dapat tumbuh dan nyambung dengan sendirinya. Jika anda mengalami patah tulang dan tidak ditangani dengan benar maka akan membuat tulang tumbuh dengan posisi yang salah. Karena tulang menyambung dengan posisi yang salah, maka akan terjadi kelainan bentuk dan juga membatasi pergerakan.

Lutut tidak bisa ditekuk pasca operasi bisa saja karena sebelum operasi anda mengalami patah tulang. Sebenarnya banyak yang mengira bahwa patah tulang lebih baik ditangani dengan cara diurut, padahal sebenarnya jika diurut kita tidak dapat memastikan apakah tulang sudah berada pada posisi yang tepat atau tidak. Karena hingga saat ini baru ada satu cara yang akurat untuk melihat posisi tulang secara pasti yaitu dengan pencitraan (yang lebih sering dikenal rontgen).

3. Coba Pemakaian Pen, Gips, dan Bidai


Hingga saat ini memang tidak ada obat-obatan yang bisa menyembuhkan patah tulang, karena tulang yang patah seharusnya dikembalikan ke posisi yang benar dan dibiarkan menyambung dengan sendirinya. Sambil menunggu tulang menyatu dengan sendirinya, tulang haruslah distabilisasi misalnya dengan bantuan pemakaian pen, gips, dan bidai.

Cara Lainnya Menangani Lutut Tidak Bisa Ditekuk Pasca Operasi

Terasa kaku dan terbatasnya gerak lingkup (range of motion) merupakan hal yang sebenarnya wajar terjadi setelah cedera tulang ataupun operasi pada tulang karena trauma atau cedera. Sebenarnya bukan hanya pada tulang, tetapi juga bisa dialami pada otot, tendon, sendi, saraf, kulit, dan jaringan yang ada disekitarnya. Cedera yang dialami pada lutut memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk penyembuhannya. Bahkan pada pasien yang melakukan operasi lutut, kekakuan atau terbatasnya pergerakan pada sendi bisa berlangsung hingga 1 tahun pasca operasi dilakukan. Pada saat pemulihan pasca operasi pun biasanya terjadi pembengkakan di sekitar sendi. Pada 2 hingga 6 minggu pasca operasi sebaiknya anda melakukan:

  • Mengistirahatkan kaki setelah operasi dilakukan, ini bertujuan untuk mencegah tulang renggang dan juga agar kaki bisa pulih lebih cepat.
  • kompres area tersebut, ini bertujuan untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri.
  • Hindari melakukan pemijatan.
  • Menjaga kebersihan area yang di operasi.
  • Hindari benturan pada area lutut.
  • Istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan yang bergizi.
  • Melakukan kontrol secara rutin.
  • Selain mengompres, bisa menggunakan obat tradisional nyeri lutut untuk mengurangi nyerinya.

Lutut tidak bisa ditekuk pasca operasi memang wajar terjadi, dan butuh waktu untuk memulihkannya. Cara penanganan yang tepat akan membuat lutut pulih lebih cepat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 20th, February 2019 / 07:18 Oleh :