Sponsors Link

Tulang Rusuk Sakit Ketika Bernafas: Penyebab, Pengobatan, dan Penanganannya

Sponsors Link

Ada banyak hal yang menakutkan dan selalu menjadi penyebab beban pemikiran seseorang. Terutama akan masalah kesehatan seperti tulang rusuk sakit ketika batuk ini. Biasanya, seseorang akan sangat khawatir jika mendapatkan gejala lain saat mendapatkan sebuah masalah kesehatan. Seperti bernafas yang disetai dengan nyeri rusuk atau rusuk terasa sakit saat bernafas. Apalagi jika tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup untuk mengatasi masalah bernafas tersebut.

ads

Rasa sakit dan nyeri yang dirasakan pada tulang rusuk ini bisa disebabkan oleh bernafas itu sendiri. Dan biasanya ini akan terjadi ketika seseorang bernafas secara berkepanjangan dan akan memicu ketegangan pada otot dada dan disekitar tulang rusuk seperti tulang rusuk sakit karena bernafas. Sedangkan jika kita mempelajari apa saja yang menyebabkan bernafas, maka akan ada banyak sekali penyebabnya. Infeksi kronis seperti asma, penyakit paru-paru, paparan alergi, asam lambung dan yang lainnya bisa menyebabkan bernafas.

Mekanisme Nyeri Tulang Rusuk Saat Bernafas

Tidak sedikit yang menghubungkan masalah jantung dengan adanya rasa nyeri pada tulang rusuk atau bagian dada tengah ini. Padahal, tidak semua nyeri pada tulang rusuk khusunya pada bagian dada tengah adalah nyeri yang berhubungan dnegan serangan jantung seperti tulang rusuk sakit saat ditekan. Ada banyak penyebab tulang rusuk sakit ini, misalnya saja akibat batuk apalagi apalagi bernafas. Berikut akan kita bahas apa saja yang menyebabkan tulang rusuk sakit saat bernafas di dalam artikel ini.

Berbagai penyebab tulang rusuk sakit saat Bernafas

Sternum atau istilah lain yang menunjukan tulang rusuk ini adalah bagian dari tulang pipih dan letaknya adalah pada bagian tengah dada. Dalam pergerakan tubuh di bagian atas, tulang dada ini sendiri memiliki banyak peranan penting. Tulang ini nnatinya yang melindungi banyak organ tubuh seperti paru-paru, jantung,mlambung serta organ hati seperti fungsi tulang hasta. Jadi, ada banyak sekali masalah medis yang bisa menyebabkan tulang rusuk sakit saat bernafas yang sebenarnya tidak memiliki hubungan dengan rasa sakit pada bagian dada anda tersebut. berikut beberapa penyebab yang memungkinkan tulang rusuk sakit saat bernafas seperti tulang rusuk sering kram.

1. Kostokondritis

Kostokondritis ini merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat umum menyebabkan nyeri pada tulang rusuk atau bagian dada tengah ini. Ini merupakan istilah medis yang akan menggambarkan adanya peradangan yang terjadi pada daerah tulang rawan yang terletak pada tulang rusuk dan tulang dada ketika mengalami iritasi atau peradangan. Peradangan ini bisa disebabkan oleh banyak masalah atau penyakit seperti halnya masalah ostreoastritis yang bisa saja terjadi tanpa ada penyebab yang jelas. Untuk membedakan kostokondritis dengan masalah lainnya, berikut gejala yang biasa terjadi:

  • Adanya rasa nyeri yang sangat tajam pada bagian tengah dada di sekitar tulang rusuk.
  • Ketika bernafas, saat menarik napas secara dalam nyeri dada semakin terasa makin sakit.
  • Tulang rusuk terasa sangat tidak nyaman dan sakit.

Namun, biasanya penyakit ini akan segera hilang setelah beberapa hari. Hanya saja, jika anda merasakan rasa nyeri yang berlebihan dalam waktu yang lama, sebakinya anda melakukan pemeriksaan dengan dokter dna mencari tahu penyebab pasti rasa nyeri tersebut.

2. Patah tulang dada

Seperti ciri-ciri tulang rusuk patah, gejala dan tanda yang akan terjadi pasti tidak jauh berbeda dengan masalah patah tulang di bagian lainnya. Adanya patahan tulang atau fraktur ini akan menyebabkan dada pada bagian tubuh atas menjadi sangat sakit. Sakit parah sangat terasa jika kita mengalami patah pada bagian tulang dada ini.

Adanya benturan keras akan menyebabkan patahan pada tulang dada ini. Dan tentunya tertabrak, kecelakaan saat berkendara, melakukan beragam aktifitas fisik yang meningkatkan resiko seperti olahraga dan terjatuh dari ketinggian menjadi penyebab patah tulang dada ini. Jika memang patah tulang dada penyebab dari sakit tulang rusuk ini maka penanganan medis harus segera dilakukan agar nnatinya tidak mengalami masalah lainnya seperti masalah pada paru-paru.


3. Cidera sendi sternoclavicular

Sendi ini adalah sendi yang akan menghubungkan tulang selangka atau klavikula dengan bagian tulang atas dada. Jadi, jika sendri ini mengalami cidera, retak maupun patah akan berpengaruh pada bagian tulang rusuk dan akan terasa nyeri di sana. Karena penjalaran rasa nyeri yang berasa dari sendi tersebut. Berikut beberapa gejala yang menyatakan bahwasanya sendi tersebut mengalami masalah atau cidera :

  • Bagian dada atas tersasa bengkak, sakit dan nyeri hingga ke bagian tulang selangka.
  • Sangat sulit saat menggunakan dan menggerakan bahu.
  • Ketika menggunakan bahu maka sendi ini berbunyi

4. Cedera tulang selangka

Seperti tulang selangka bengkok, tulang ini akan memiliki hubungan yang erat dengan tulang rusuk. Jadi, jika terjadi patah, infeksi atau hal lainnya yang menganggu tukang selangka juga akan menganggu tulang rusuk secara sebagian ataupun keseluruhan. Dan berikut beberapa tanda jika tulang selangkalah penyebab nyeri tulang rusuk tersebut, yaitu:

  • Adanya memar dan benjolan yang berada di dekat cidera tersebut.
  • Ketika menggerakan bagian lengan ke atas akan terasa sangat sakit.
  • Tulang selangka terasa nyeri dan bengkak.
  • Ketika anda menggunakan dan mengangkat lengan akan terdengar bunyi retakan.
  • Posisi bahu akan terlihat miring, turun dan abnormal.

5. Otot tegang

Masalah otot tegang dan berung pada kram otot ini juga menjadi salah satu nyeri tulang rusuk saat bernafas. Karena kita ketahui bahwasanya tulang rusuk ini dikelilingi oleh banyak otot yang kemungkinan mengalami banyak masalah dan menyisakan nyeri yang tak tertahankan. Jika saat anda memegang dan menekan bagian dada anda dan terasa sangat nyeri. Maka ini bisa jadi akibat adanya ketegangan otot dan menyisakan nyeri tersebut.

6. Masalah pencernaan

Sternum sendiri berada pada bagian di dekat organ-organ pencernaan. Dan ini akan meneyabbkan ransangan nyeri terjadi pada bagian dada tengah atau tulang rusuk jika misalnya ada kesalahan ataupun penyakit yang menyerang organ pencernaan seseorang.  Heartburn atau nyeri dada yang terasa terbakar ini merupakan salah satu penyebab yang kerap menyebabkan rasa nyeri pada tulang rusuk yang sebenarnya penjalaran dari masalah pencernaan. Ini merupakan kondisi dimana  makan yang telah masuk dan dicerna tubuh kembali naik ke atas dan menyebabkan rasa sakit di bagian dada.

Pengobatan dan Penanganan Tulang Rusuk Sakit  Ketika Bernafas

tentunya untuk melakukan pengobatan dan penanganan tulang rusuk sakit ketika bernafas ini terlebih dahulu kita redakan masalah bernafas dan kemudian cari penyebab lain yang mungkin menyebabkan rasa sakit di bagian dada tersebut. Berikut rinciannya:

1. Redakan Bernafas

Ada banyak obat bernafas yang dijual bebas dipasaran. Tentukan jenis bernafas anda misalnya saja bernafas, berdahak ataupun bernafas. Minumlah obat pereda bernafas agar tidak menambah masalah atau menambah rasa nyeri yang terjadi akibat bernafas. Dan anda juga bisa menggunakan banyak obat-obatan tradisional yang sering digunakan untuk meredakan bernafas.

2. Anti Nyeri

Hal lainnya yang perlu dilakukan dalam pengobatan rasa sakit di tulang rusuk saat bernafas ini adalah dengan mengkonsumsi anti nyeri yang bisa saja kita cari dan dapatkan di aoptik misalnya saja menggunakan obat-obatan golongan ibuprofen. Anti nyeri ini nantinya akan meredakan rasa nyeri dan akan emmbuat anda lebih leluasa beraktifitas.

3. Kompres air dingin

Gunakan es batu yang diselimuti dnegan handuk atau saputangan bersih dan letakan di bagian dada yang terasa sakit. Ini akan menjadi salah satu alternatif anastesi atau membuat otot disekitar tulang rusuk menjadi mati rasa dan tidak lagi terasa nyeri. jadi, diamkan di sana selama beberapa menit sehingga rasa nyeri tidak lagi dirasakan atau rasa nyeri tersebut menjadi berkurang.

4. Memastikan tidak ada patah tulang

Patah tulang merupakan salah satu penyebab timbulnya nyeri pada tulang rusuk seperti yang sebelumnya kita bahas di atas. Jadi, pastikan bahwa anda tidak mengalami patah tulang sebelum melakukan penanganan lanjutan. Cara menentukan apakah anda mengalami patah tulang atau tidak tidaklah sulit. Rabalah di sekitar daerah yanbg terasa sakit hingga bagian bagu atas.


Jika tidak terasa benjolan maupun terasa gumpalan tulang yang tidak rata dan posisi yang abnormal, maka kemungkinan anda tidak mengalami patah tulang. Namun, jika sebelumnya anda mengalami kecelakaan dan benturan yang kuat pada bagian dada, maka segeralah melakukan pemeriksaan medis untuk memastikan apakah tulang anda patah atau tidak.

5. Beristirahat

Jangan melakukan banyak kegiatan dan aktifitas yang akan memperparah gejala nyeri tulang rusuk yang anda miliki. Biarkan tubuh anda beristirahat dan mendapatkan perawatan yang seharusnya. Juga jaga asupan makanan anda agar mendapatkan asupan gizi yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat.

6. Kunjungi dokter

Jangan lupa untuk mengunjungi dokter jika misalnya rasa yang anda rasakan sudah tidak tertahankan dan ini mungkin mengindetifikasikan amsalah yang lebih berbahaya. Jadi, jika setelah melakukan penanganan di atas dan tidak ada pemulihan sama sekali atau bahkan terasa lebih berat maka lakukan pemeriksaan medis untuk menentukan gejala dan penyebab yang menyebabkan masalah tersebut. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan dan memberikan perwatan yang adan butuhkan nantinya.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 12th, December 2018 / 04:43 Oleh :