Sponsors Link

Bahayakah Tulang Belakang Telinga Sakit? Bagaimana Mengatasinya?

Sponsors Link

Tulang merupakan salah satu unsur penting yang membentuk tubuh ciptaan Tuhan. Bisa anda bayangkan bukan bagaimana jadinya kalau seandainya sebuah tubuh tidak memiliki tulang. Itu artinya tubuh tersebut tidak dapat terbentuk seperti bentuk-bentuk hewan ataupun manusia. Beberapa tulang rawan untuk mengalami beberapa macam-macam penyakit tulang. Seperti penyakit tulang ekor sakit saat duduk lama, atau bisa juga penyakit pengapuran di ruas tulang leher dan sebagainya. Jika tulang sakit, maka aktifitas sehari-hari anda juga akan tersendat. Tentu anda tidak ingin bukan hal tersebut terjadi. Maka dari itu, kesehatan tulang dan tubuh harus selalu dijaga sebagai bentuk syukur kepada Tuhan yang telah menciptakan manusia dengan seempurna makhluk ciptaan yang lain.

ads

Penyebab Tulang Belakang Telinga Sakit

Penyakit tulang memang pada dasarnya tidak mengenal usia, ras, jenis kelamin dan lain sebagainya yang membedakan antar manusia. Salah satu contohnya yakni tulang belakang telinga sakit yang bisa terjadi pada siapa saja. Beberapa penyebab tulang belakang telinga sakit yang bisa anda ketahui yakni :

1. Neuralgia oksipital

Peradangan saraf oksipital yang berada di atas sumsum tulang belakang hingga dasar leher. Hal ini bisa terjadi karena posisi leher yang berada pada satu posisi tetap dalam jangka waktu yang lama. Hal ini akan menyebabkan tulang terasa ngilu dan pegal yang nantinya juga bisa mengakibatkan osteoarthritis pada tulang leher. Hal ini bisa anda obati atau dicegah dengan melakukan senam pengapuran tulang leher.

2. Mastoiditis

Peradangan atau infeksi telinga yang tidak diobati secara benar akan mengakibatkan infeksi pada tonjolan tulang belakang telinga. Penyakit ini menimbulkan tulang belakang telinga sakit atau nyeri juga dapat menimbulkan sakit di bagian kepala belakang telinga, demam, telinga bengkak, hingga kehilangan pendengaran.

3. Nyeri rahang

Sendi temporomadibular yang bermasalah juga akan menyebabkan tulang belakang telinga sakit. Tidak hanya itu, sendi yang berfungsi menggerakkan segala kegiatan rahang (terbuka, menutup, mengunyah ataupun menelan) juga dapat memberikan efek sakitnya yang menjalar hingga ke wajah. Nyeri di tulang rahang seperti ini dapat terjadi karena salah satunya kebiasaan mengunyah yang kurang tepat.

4. Sakit pada gigi

Sakit gigi yang anda rasakan jangan dibuat remeh. Hingga saat ini orang yang mengalami sakit gigi memiliki pemikiran serta mengatakan lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Hal ini terjadi, jika gigi sakit dapat menjalarkan sakitnya ke syaraf bagian yang berdekatan. Sehingga menimbulkan efek sakit kepala, serta tulang belakang telinga sakit. Agar sakitnya tidak menjalar pada bagian kepala yang lainnya, segera obati sakit gigi anda sebelum menjadi parah ke dokter gigi anda, atau dokter gigi terdekat dengan tempat tinggal anda.

5. Otitis Media

Merupakan adanya genangan cairan di bagian telinga bagian tengah. Cairan ini disebabkan adanya infeksi telinga tengah. Selain itu, penyakit ini juga dapat menyebabkan sakit di tenggorokan ataupun pilek di bagian hidung. Jika hal ini dibiarkan akan mengakibatkan otitis media yang itu artinya cairan berada pada gendang telinga dengan jangka waktu yang cukup lama. Efeknya dapat menghilangkan fungsi telinga untuk mendengar.

6. Ceruminosis

Sponsors Link

Penyakit satu ini juga bisa mengakibatkan tulang belakang telinga sakit. Hal ini dikarenakan penyumbatan oleh kotoran telinga. Kotoran telinga yang berlebihan serta tidak segera dibersihkan akan menimbulkan gangguan pendengaran serta sakit di telinga. Untuk terhindar dari penyakit ini, sebaiknya anda menjaga kebersihan telinga dari kotoran yang menumpuk dengan rajin-rajin membersihkan kotoran telinga anda menggunakan cutton bath. Dan jangan sekali-kali menggaruk lubang telinga anda menggunakan jari. Karena hal tersebut hanya akan mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam. Dan akibatnya akan lebih sulit untuk membersihkannya.

7. Benjolan akibat menggumpalnya kelenjar getah bening

Pernahkah anda memiliki benjolan di tulang belakang telinga? Jika iya, anda tidak perlu khawatir. Karena benjolan yang ada di beberapa bagian tubuh tidak semuanya adalah kanker atau tumor seperti yang anda bayangkan. Benjolan tersebut merupakan kelenjar getah bening yang menggumpal untuk melawan virus yang sedang menyerang system kekebalan tubuh.

Sponsors Link

Kelenjar getah bening yang menggumpal bisa memberikan perbedaan dalam bentuk besar benjolannya. Dan jika benjolan tersebut berada di bagian belakang telinga, terkadang benjolan ini juga menyebabkan tulang belakang telinga sakit atau bahkan juga ada yang tidak merasakan sakit sama sekali. Akan lebih baik jika anda mengalami hal ini, anda bisa memeriksakannya kepada dokter. Agar segera dapat penanganan untuk pencegahan efek lebih lanjut ataupun pengobatan dengan segera.

Pengobatan Tulang Belakang Telinga Sakit

Saat ini anda sudah tahu bukan bagaimana bahayanya jika tulang belakang telinga sakit. Beberapa macam penyakit tersebut merupakan penyebab tulang belakang telinga sakit. Selain itu, tulang belakang telinga sakit bisa memberikan efek sakitnya pada daerah yang berada di sekitar jika dibiarkan serta tidak segera diobati. Seperti menimbulkan sakit kepala, atau sakit pada bagian leher. Untuk mengobati hal tersebut, cara yang dapat dilakukan serta bentuk antisipasi yakni :

  • Mulai membiasakan untuk tidur siang di tempat yang sepi agar fikiran bisa rileks sejenak
  • Mengurangi tingkat stress yang berlebihan
  • Tidak membiasakan menggertakkan/memberikan tekanan/dorongan pada gigi
  • Mengkompres leher bagian belakang dengan air hangat
  • Tidur dengan menggunakan bantal atau penyanggah kepala secara benar
  • Menjaga kebersihan serta kesehatan telinga
  • Menggunakan obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol yang dapat membantu mengurangi rasa nyilu atau nyeri, jika nyeri tetap tidak hilang disarankan bagi anda untuk segera memeriksakannya pada dokter.

Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi semuanya agar bisa terhindar dari berbagai macam penyakit tulang. Sehingga bisa menikmati hidup dengan kesehatan yang dimiliki. Dan diharapkan pembaca semua dapat menjaga kesehatan tulang dan anggota tubuh lainnya dengan sebaik mungkin.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 01st, May 2018 / 03:15 Oleh :