Sponsors Link

Sakit Tulang Belakang Setelah Operasi Caesar: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Banyak sekali kondisi yang dirasakan oleh seorang yang baru saja melahirkan. Entah secara normal atau dengan jalan operasi, tidak ada istilah melahirkan yang mudah. Namun yang sering di keluhkan para ibu adalah Sakit Tulang Belakang Setelah Operasi Caesar. Wajar saja, dibandingkan dengan melahirkan normal caesar sedikit lebih beresiko. Lalu bagaimana lagi, jika kondisi sudah seperti ini tidak mungkin lagi bagi seorang ibu di paksa untuk melahirkan normal.

ads

Rasa sakit atau nyeri pada bagian punggung, pinggang dan pinggul tidak hanya dapat dirasakan ketika sedang mengalami kehamilan. Namun rasa sakit tersebut tampaknya tidak begitu saja hilang ketika seorang wanita melahirkan. Wanita yang setelah melahirkan, seringkali mengalami rasa sakit ataupun nyeri pada bagian tubuh, terutama bagian tulang belakang.

Tak hanya wanita yang melahirkan secara normal yang mengalami rasa sakit setelah melahirkan. Bahkan risiko sakit tulang belakang juga cukup besar dialami oleh wanita yang melahirkan secara caesar. Rasa sakit atau nyeri pasca operasi caesar tersebut punya disebabkan bekas suntikan dari obat anestesi daerah punggung.  Efek tersebut dapat mengakibatkan rasa sakit ataupun nyeri pada bagian tersebut. Bahkan rasanya kita sebut kadang sudah terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun bagi Anda yang tengah mengalami rasa nyeri di bagian Vagina, mungkin salah satu atau beberapa dari penyebab nyeri pada tulang vagina ini tanpa sengaja telah dilakukan.

Saat operasi caesar, jarum akan ditusukkan pada bagian celah tulang belakang hingga ke sumsum tulang belakang. Paska terjadinya pembiusan tersebut berlangsung, biasanya rasa sakit ataupun nyeri akan timbul. Rasa sakit atau nyeri tersebut biasanya terjadi secara tidak teratur, kadang muncul dan kadang hilang begitu saja. Namun bila rasa nyeri tersebut muncul, bisa dapat menyebabkan terganggunya aktivitas.

Gejala yang biasa dialami saat timbulnya sakit tulang belakang setelah melakukan operasi caesar diantaranya yaitu :

  • Sakit Leher – Keadaan dimana terjadi rasa sakit yang cukup pada bagian leher, terutama bagian belakang.
  • Sakit Kepala – Kepala terasa sakit, pusing dan hal itu akan membuat seorang ibu lemas.
  • Nyeri Pada Bagian Tulang Belakang – Timbul rasa tulang belakang sakit, hal ini akan terjadi setelah operasi caesar.
  • Otot Tulang Belakang Kaku – Kaku yang di rasakan pada otot belakang.
  • Sulit Untuk Digerakkan – Selain terjadi kaku pada otot, gejala lainnya adalah sulit dalam menggerakkan organ tubuh. Khususnya pada punggung belakang yang serasa berat di aktifkan.

Sakit Tulang Belakang Setelah Operasi Caesar tersebut biasanya akan terasa ketika duduk atau pun berdiri. Ketika telentang atau berbaring rasa sakit tersebut akan membaik secara sementara. Namun umumnya rasa sakit yang dialami juga tidak terlalu lama, biasanya sekitar 12 jam hingga 5 hari. Meski begitu, tidak sedikit pula beberapa kasus yang mengalami rasa sakit pada tulang belakang hingga berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Jika Anda mengalami kejadian seperti ini bisa langsung mengikuti cara mengobati sakit tulang belakang alami dan paling efektif ini agar tidak menimbulkan efek samping.

Sponsors Link

Akan tetapi masih ada beberapa cara yang dapat dilakukan ketika seorang wanita mengalami Sakit Tulang Belakang Setelah Operasi Caesar, diantaranya yaitu:

  1. Olahraga

Dengan melakukan olahraga ringan, maka otot-otot pada tubuh akan terasa rileks dan ringan. Bila otot-otot terasa lebih rileks, maka rasa sakit pada tulang belakang tersebut akan semakin berkurang. Olahraga yang dapat dilakukan yaitu berenang, bersepeda atau berjalan kaki. Meskipun begitu, olahraga yang sifatnya berat hendaknya dihindari. Memberikan beban pada tulang akibat olahraga justru dapat menjadikan kondisi sakit pada tulang belakang semakin parah. Untuk gerakan yang bisa dilakukan bisa diketahui pada olahraga penderita patah tulang yang mana sama-sama harus melakukan olahraga yang ringan.

  1. Pijat

Selain olahraga, melakukan pemijatan juga baik dalam mengurangi rasa tegang dari otot akibat rasa sakit yang ditimbulkan. Dengan pemijatan, tubuh akan terasa rileks serta rasa nyeri pada area tulang belakang akan pulih secara perlahan. Tidak hanya dikarenakan operasi caesar saja, untuk rasa sakit yang terjadi di bagian tulang belakang ini juga bisa dikarenakan oleh berbagai macam penyebab tulang belakang sakit ini mulai dari sekarang agar dapat menghindarinya untuk melakukan pencegahan.

  1. Yoga

Yoga merupakan salah satu jenis dari olahraga yang di lakukan banyak orang. Memang tidak memanfaatkan banyak tenaga, tetapi yoga adalah contoh meditasi yang mengeluarkan tenaga tak kalah cukup dari olahraga biasanya. Tahukah anda bahwa melakukan yoga dapat memberikan kekuatan pada otot serta tulang punggung? Dengan melakukan senam yoga, bentuk tubuh akan dapat memulihkan keadaan seperti sedia kala serta dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan karena proses kelahiran caesar.

Sponsors Link

Setelah melakukan operasi caesar tidak hanya akan merasakan sakit tulang punggung saja sebab Ibu juga bisa mengalami nyeri punggung setelah operasi caesar yang mana harus segera dilakukan penanganan yang tepat dan mengetahui berbagai macam penyebabnya agar tidak terjadi di kemudian hari.

  1. Nutrisi

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi seperti vitamin, kalsium, magnesium serta zat mineral lainnya dapat mengembalikan kekuatan otot serta tulang pada tubuh, khususnya tulang belakang. Beberapa diantara seperti yang terkandung dalam zat gizi menguatkan tulang punggung ini.

  1. Menjaga Postur Tubuh

Adapun hal-hal yang dapat dilakukan dalam menjaga postur tubuh yaitu:

  • Menghindari pemakaian sepatu hak tinggi
  • Menghindari pemakaian tas selempang
  • Menjaga posisi yang benar ketika menyusui
  • Tidur dalam posisi yang benar

Bila penanganan tersebut sudah dilakukan namun Sakit Tulang Belakang Setelah Operasi Caesar tak kunjung reda, maka ada baiknya untuk melakukan konsultasi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lanjut, seperti Foto Rontgen, USG, C-Scan serta MRI.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Wednesday 11th, July 2018 / 14:51 Oleh :