Sponsors Link

Pengeringan Sumsum Tulang Belakang: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Salah satu hal yang menandakan adanya kerusakan sumsum tulang belakang adalah terjadinya pengerasan atau pengeringan sumsum tulang belakang. Pada sebagian besar orang, gangguan sumsum tulang belakang ini mungkin masih asing dan jarang mendengar kasusnya. Sehingga pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa gejala, penyebab dan bagaimana metode pengobatan pada sumsum tulang belakang yang mengalami pengeringan atau pengerasan.

ads

Apa saja gejala pengeringan pada sumsum tulang belakang?

Pada penderita sumsum tulang belakang kering, biasanya akan timbul gejala seperti berikut ini:

  • Merasakan panas seperti terbakar, biasanya akan terasa pada daerah bokong atau di sekitar panggul yang bisa terjadi karena syaraf tulang belakang tegang dan tertekan, yang akan menimbulkan rasa panas dan nyeri yang menjalar dari bokong sampai daerah kaki.
  • Mengalami kesemutan di daerah bokong atau kaki, merupakan gejala pengeringan sumsum tulang belakang yang juga terjadi karena tekanan yang diterima oleh syaraf tulang belakang, serta semakin meningkat tekanan yang diterima maka rasa terbakar dan kesemutan juga semakin sering dialami.
  • Mengalami drop kaki, yaitu kondisi dimana penderita tidak mampu mengangkat kaki bagian depan sehingga ketika berjalan jari kaki akan terseret di permukaan tanah, yang tidak hanya sebagai pertanda gangguan sumsum tulang belakang namun juga sebagai pertanda bahwa ada gangguan anatomi, syaraf, juga kelainan pada tulang dan otot.
  • Sakit saat berjalan atau berdiri dengan tegak, yang biasanya akan meinmbulkan ngilu dan linu pada bagian panggul, namun jika tulang belakang dalam posisi condong ke depan rasa sakit akan berkurang karena ruang untuk syaraf akan sedikit longgar.
  • Sakit pada tulang punggung, yang terkadang dirasakan oleh penderita pengeringan sumsum tulang belakang dengan arthritis, yang bisa terasa atau tidak terasa sakit tergantung dengan tingkat keparahan arthritis yang diderita.

Apa penyebab pengeringan pada sumsum tulang belakang?

Pengeringan atau pengerasan sumsum tulang belakang terkadang dikaitkan dengan konsumsi aspartam yang terkadung di dalam minuman kemasan yang juga termasuk dalam makanan dan minuman penyebab tulang keropos. Pendapat tersebut tidak benar adanya, karena penyebab umum terjadinya pengeringan pada sumsum tulang belakang adalah arthritis. Mengapa arthritis bisa menyebabkan pengeringan pada sumsum tulang belakang?

  • Kejadian arthritis erat kaitannya dengan degenerasi persendian yang ada di dalam tubuh termasuk tulang belakang.
  • Arthritis atau radang tulang belakang akan membuat disk tulang rawan berdegenerasi dan akan mengakibatkan kandungan air di dalamnya hilang, menyebabkan pengeringan sumsum tulang belakang.
  • Kondisi ini akan diperparah ketika penderita berusia lanjut, karena semakin bertambahnya umur seseorang disk tulang rawan akan semakin lemah dan mengering.
  • Karena persendian tulang belakang merupakan salah satu sendi yang memiliki banyak fungsi maka akan terjadi peningkatan tekanan, menjadi penyebab tulang ngilu-ngilu dan sakit pada daerah punggung bawah hingga kaki.

Bagaimana pengobatan pengeringan pada sumsum tulang?

Penanganan yang paling tepat untuk menangani gangguan pengeringan sumsum tulang belakang adalah dengan melakukan operasi atau pembedahan. Untuk itu jika mengalami gejala pengeringan atau pengerasan sumsum tulang di atas, segera periksakan ke dokter agar cepat ditangani dan diobati secara tepat. Jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan macam-macam penyakit tulang atau komplikasi pada syaraf.

Demikian ulasan mengenai gejala, penyebab dan pengobatan untuk pengeringan atau pengerasan pada sumsum tulang belakang, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 03rd, September 2018 / 02:45 Oleh :