Sponsors Link

5 Penyebab Jari Tangan Bengkok Meski Tidak Nyeri dan Sakit

Sponsors Link

Memiliki jari tangan yang bengkok dan berbentuk aneh mungkin akan membuat rasa tidak nyaman. Selain itu, memiliki jari tangan yang bengkok tentunya akan bisa menyebabkan terganggunya berbagai aktifitas kita sehari-hari. Ada berbagai hal yang menyebabkan jari tangan kita menjadi bengkok diantaranya adalah gangguan syaraf, radang sendi dan berbagai riwayat cedera yang pernah dialami pada masa lampau.

ads

Berbagai hal dapat menyebabkan resiko seseorang untuk menderita penyakit ini. Hal tersebut diantaranya adalah faktor genetik atau faktor keturunan, makanan yang dikonsumsi sehari-hari, pola bergerak, dan juga berbagai gaya hidup yang dijalani seperti merokok dan konsumsi alkohol. Hal ini juga bisa dikatakan sebagai akibat dari sel darah putih yang bermobilisasi darialiran darah menuju ke membran yang terdapat pada sekitar sendi. Berbagai hal tersebut di atas dapat ditanggulangi dengan berbagai makanan untuk penderita rematik untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga menghindari dari resiko yang lebih buruk.

Berikut ini adalah beberapa gejala dan tanda yang sering muncul ketika seseorang menderita penyakit ini.

Apabila pembengkokan yang terjadi pada penyebab jari tangan bengkok Anda terasa sangat parah dan memiliki sudut yang sangat beresiko maka sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi ini ke dokter. Kondisi yang sama juga berlaku apabila tulang jari tangan yang bengkok menyebabkan pergerakan Anda terganggu dan juga terasa kaku bahkan nyeri. Maka dari itu, jika beberapa kondisi tersebut terjadi pada diri Anda, segeralah untuk memeriksakan ke dokter. Biasanya dokter akan melakukan berbagai metode pemeriksaan seperti melakukan pemindaian dengan x-ray ataupun rontgen.

Penyebab Jari Tangan Bengkok

Arthritis Reumatoid (AR) adalah salah satu dari berbagai penyakit rematik. Ini adalah penyakit peradangan pada bagian kapsul sendi. Penyakit rematik ini terjadi karena adanya antibodi abnormal yang malah menyerang bagian tubuh sendiri. Antibodi yang tidak normal ini disebut kapsul sendi. Penyakit ini biasanya ditandai dengan peradangan sinovium, adalah suatu sinovitis proliferatifakronik non spesifik. Jika tidak segera ditangani, lama-kelamaan hal tersebut akan menyebabkan erosi pada tulang, destruksi rawan sendi dan juga kerusakan total pada persendian. Hal ini juga berarti bahwa penyakit ini dapat menyerang berbagai organ tubuh, dan imbasnya akan dirasakan pada setiap sendi yang ada di tubuh kita termasuk persendian pada jari tangan sehingga menyebabkan jari tangan menjadi bengkok.

Kondisi jari yang bengkok dapat disebabkan oleh berbagai kondisi seperti :

  • Postur tubuh yang kurus, sebagai contoh adalah seseorang yang memiliki tubuh yang kurus akan menyebabkan jalinan tulang pada persendian menjadi terlihat dan hal ini akan menyebabkan tulang tampang membengkok.
  • Penuaan, seiring waktu berjalan proses penuaan pada seseorang akan disertai dengan berbagai kemampuan dan kesehatan yang menurun. Pada kasus tulang yang bengkok akibat penuaan ini disebabkan oleh karena kekakuan jaringan ikat atau juga disebut kontraktur yang terjadi di daerah sekitar telapak tangan.
    Sponsors Link

  • Riwaya cedera yang pernah terjadi di jari tangan, seperti contohnya sebuah kejadian yang menyebabkan cedera pada jari tangan hinga menyebabkan patah tulang jari tangan dan dislokasi sendi.
  • Radang kronis sendi, peradangan kronis pada sendi merupakan salah satupenyebab jari tangan sakit dan kesemutan. Peradangan kronis pada sendi juga terjadi karena berbagai hal misalnya karena rematoid artritis, gouty arthritis (asam urat), osteoarthritis
  • SLE (Systemic Lupus Erythematosus), ini merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan tulang bengkok. Penyakit ini merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan jari membengkok menyerupai leher angsa, dan lain sebagainya.

Artritis reumatoid dapat menyebabkan berbagai masalah di beberapa persendian dalam kurun waktu yang cukup lama dan juga di waktu yang sama. Kebanyakan dari kasus yang pernah terjadi, penyakit ini rata-rata menyerang persendian di jari-jari baik itu tangan atau kaki dan juga sendi pada pergelangan tangan dan juga kaki. Biasanya penyakit ini akan menyerang di lebih dari tiga persendian dan terjadi pada kedua tangan ataupun kaki. Jarang ditemukan dalam suatu kasus, bahwa penyakit ini hanya terjadi pada satu sisi persendian saja, misal hanya terjadi di kiri atau kanan saja. Pada awal penyakit biasanya hal ini akan ditandai dengan berbagai hal seperti hanya terjadi pada persendian yangkecil seperti pergelangan tangan, penyebab jari tangan bengkok, pergelangan kaki dan juga jari kaki.

ads

Pengobatan Jari yang Mengalami Bengkok

Dalam waktu selanjutnya, jika hal ini tidak segera diatasi dengan baik dan benar maka akan menyebar ke seluruh bagian tubuh lainnya seperti pada sendi bahu, persendian pada sikut, persendian panggul, persendian pada rahang dan juga dapat terjadi pada sendi bagian leher. Dan juga hal ini adalah salah satu penyebab nyeri sendi lutut. Yang kemudian hal ini lama-kelamaan akan menyebabkan pembengkokan pada jari tangan, bahkan dalam beberapa kasus ada yang mengalami pembengkokan pada jari kaki mereka. Tindakan pengobatan pada penyakit ini adalah dengan cara mengurangi radang sendi dan juga sebagai pengurangan nyeri dan mencegah atau memperlambat kerusakan pada sendi. Secara umum dan garis besarnya pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan cara pemberian obat-obatan dan juga tindakan operasi.

Berikut ini adalah beberapa contoh obat-obatan yang biasa diberikan oleh dokter kepada penderita jari bengkok yang disebakan oleh masalah persendian.

  • NSAIDs

Obat anti-infalamasi nonsteroid (NSAID). Obat ini akan mengurangi gejala nyeri dan juga mengurangi peradangan pada sendi Anda. Beberapa jenis obat ini adalah ibuprofen dan natrium naproxen. Beberapa obat ini akan menyebabkan resiko yang buruk jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

  • Kortikosteroid

Golongan kortikosteroid seperti prednison dan metilprednisolon. Obat ini akan mengurangi radang sendi, nyeri dan juga memperlambat kerusakan pada sendi. Konsumsi dalam jangka pendek akan dapat terlihat manfaatnya, namun konsumsi secara berkepanjangan akan menyebabkan resiko dan efek samping yang serius.

Pencegahan Cederan Tulang Bengkok

Beberapa hal di bawah ini bisa Anda lakukan sebagai langkah awal untuk menghindari resiko cedera atau pembengkokan yang lebih parah.

  • Jangan pernah mengurut atau memijat jari Anda yang bengkok
  • Usahakan untuk menghindari berbagai kegiatan yang berpotensi untuk menyebabkan jari tangan Anda semakin membengkok
  • Konsumsilah berbagai asupan makanan dan minuman yang bergizi
  • Apabila jari tangan Anda yang bengkok terasa sakit dan nyeri, Anda bisa mengkompresnya dengan air hangat

Pada pembahasan di bawah ini kita akan membahas mengenai penyebab jari tangan bengkok akibat masalah persendian. Deformitas persendian disebabkan oleh arthritis inflamation seperti contohnya arthritis reumatoid dan juga arthritis gaut. Selain itu juga bisa disebabkan oleh arthtritis degeneratif atau juga bisa disebut dengan osteoarthritis.

Beberapa hal di atas adalah sedikit penjelasan atas penyakit tulang jari yang bengkok yang mungkin terjadi pada diri Anda. Coba cek kelurusan jari Anda, apakah semua jari-jari Anda lurus dengan seksama dan tidak ada yang bengkok. Apabila Anda mengalami beberapa gejala di atas ada baiknya untuk Anda segera memeriksakan keadaan tersebut ke dokter. Selain ke dokter, Anda juga bisa mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung kalsium dan juga makanan yang baik dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan sendi.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 10th, January 2018 / 07:07 Oleh :