Sponsors Link

15 Ciri-ciri TBC Tulang Yang Wajib di Ketahui

Sponsors Link

TBC tulang merupakan salah satu penyakit yang menyerang tulang yang disebabkan oleh bakteri TBC. Bakteri TBC ini biasanya berasal dari bakteri yang sama yang menyebabkan penyakit TBC pada sistem pernafasan. Bakteri tersebut bisa juga menyerang tulang, terutama jika bakteri tidak mati secara total dan juga bisa mencapai tulang.

ads

Jaringan tulang yang terinfeksi bakteri ini akan menyebabkan penyakit TBC tulang. Tentunya penyakit ini akan menyebabkan penderitanya kesulitan untuk melakukan aktivitas. Bagian tulang yang bisa terserang TBC ini bisa bagian mana saja pada tubuh. Namun kebanyakan kasus yang terjadi adalah pada bagian tulang belakang dan tulang kaki. (baca juga: Gejala TBC Tulang )

Karena merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri, maka penderita penyakit ini biasanya telah tertular bakteri TBC dari orang lain atau dari lingkungannya. Berikut beberapa penyebab penularan bakteri TBC yang bisa meningkatkan risiko terkena TBC tulang:

  • Jika penderita TBC berinteraksi secara langsung dengan orang lain
  • Jika penderita TBC batuk atau bersin
  • Berada di udara yang sudah mengandung aerosol bakteri TBC
  • Menyentuh benda bekas penderita TBC
  • Bertukar alat makan dengan penderita TBC
  • Menggunakan sikat gigi yang sama

Sementara itu, orang-orang yang berisiko tinggi tertular bakteri TBC antara lain sebagai berikut:

  • Kualitas hidup yang rendah
  • Lingkungan yang kotor
  • Orang dengan kondisi kekurangan gizi
  • Faktor usia senja (baca juga: Gejala Osteoporosis)
  • Penderita HIV
  • Orang dengan penyakit kronis
  • Orang yang merokok
  • Pecandu alkohol dan narkoba

TBC tulang tentunya menjadi salah satu penyakit yang cukup membahayakan, karena bisa menyebabkan beragam komplikasi. Apalagi jika bakteri TBC berhasil menginfeksi bagian lain dari tubuh. Maka akan berbahaya. Oleh karena itu diperlukan informasi mengenai ciri-ciri TBC tulang agar jika anggota keluarga ada yang menunjukkan gejala tersebut, penanganan secepatnya bisa dilakukan. Berikut ciri-ciri dari TBC tulang yang bisa dikenali secara langsung.

1. Tubuh terasa pegal

Salah satu ciri dari TBC tulang yang biasanya terjadi di awal masa infeksi adalah tubuh menjadi terasa pegal. Penderita akan merasakan tubuhnya tidak sekuat dulu dan lebih sering terasa lelah. Namun gejala awal ini seringkali tidak disadari oleh si penderita dan kebanyakan orang juga menganggapnya sebagai efek dari kelelahan aktivitas saja. Namun ciri dari rasa pegal akibat TBC tulang adalah pegal terjadi kebanyakan pada malam hari. Dan pegal bisa saja muncul walau sebelumnya si penderita tidak melakukan aktivitas berat. (baca juga: Macam Macam Penyakit Tulang)

2. Demam di malam hari

Selain pegal, demam juga kerap kali terjadi. Demam terjadi karena sistem imun di dalam tubuh sedang berusaha melawan infeksi dari bakteri TBC yang ada. Biasanya demam ini juga terjadi pada malam hari. Demam ini juga mengindikasikan bahwa di dalam tubuh sudah terjadi peradangan. Maka jika tubuh terasa pegal dan demam menyertainya, segeralah coba periksakan diri ke dokter untuk pencegahan awal. (baca juga: Penyebab Terjadinya Osteomalasia)

Sponsors Link

Artikel Terkait:

3. Penurunan nafsu makan

Demam yang terjadi pada penderita juga sering kali menyebabkan penurunan nafsu makan. Bahkan penurunan nafsu makan ini bisa terjadi selama bakteri TBC menyerang. Dan seringkali penurunan nafsu makan ini juga tidak disadari oleh penderitanya sebagai sebuah gejala dari penyakit tertentu, sehingga deteksi dini TBC tulang tidak dilakukan. (baca juga: Penyakit Tulang Belakang)

4. Penurunan berat badan

Penurunan nafsu makan di atas seringkali menyebabkan penurunan berat badan juga. Hal ini dikarenakan tidak ada nutrisi yang cukup untuk menciptakan stamina, sehingga bagian stamina untuk melawan bakteri dan untuk melakukan aktivitas sehari-hari didapatkan dari lemak tubuh dan hal ini menyebabkan penurunan berat badan. (baca juga: Makanan Penyebab Tulang Keropos)

5. Keringat dingin di malam hari

ads

Salah satu gejala dari TBC tulang yang juga kerap kali terjadi di malam hari selain demam dan tubuh terasa pegal adalah keringat dingin. Keringat dingin ini biasa terjadi bersamaan dengan demam yang terjadi. Dan hal ini bisa terjadi berkali-kali dan bukan hanya terjadi satu kali saja. Maka jika tubuh Anda merasa demam, keringat dingin, dan terasa pegal saat malam hari dan terjadi berkali-kali, hal ini adalah salah satu ciri-ciri TBC tulang yang perlu diwaspadai. (Baca juga: Obat Nyeri Tulang Kaki)

6. Rasa sakit atau nyeri

Ciri lain dari TBC tulang yang cukup mudah dikenali adalah rasa sakit atau nyeri. Rasa sakit ini bisa terjadi pada punggung, pinggang, atau kaki (tergantung dari lokasi infeksi bakteri TBC). Pada awalnya, rasa sakit ini hanya terasa seperti pegal-pegal. Namun seiring berkembangnya waktu, rasa pegal akan menjadi rasa sakit. Hal ini menandakan bakteri TBC sudah mulai menginfeksi cukup parah. Rasa sakit akan semakin terasa jika tubuh digunakan untuk bergerak. Untuk TBC tulang yang menyerang bagian kaki, maka rasa sakit ini juga bahkan membuat kaki sulit digunakan untuk berjalan.

7. Retak atau patah tulang

Infeksi bakteri TBC pada tulang akan membuat struktur tulang menjadi lebih lemah dan tidak sekuat dulu. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kepadatan tulang itu sendiri. Penderita TBC tulang juga bisa saja mengalami retak atau patah tulang di bagian tulang yang terinfeksi bakteri TBC. Bahkan retak atau patah tulang ini bisa terjadi tanpa penyebab yang jelas sebelumnya, atau jika terjadi cedera ringan. Biasanya, pasien dengan kasus ini baru akan memeriksakan diri ke dokter. Dan setelah diperiksa kondisi tulang yang mengalami retak atau patah, barulah disadari bahwa ada infeksi bakteri TBC di sana. Oleh karena itu, sebelum semua terjadi semakin parah, jika ada beberapa ciri yang sudah disebutkan di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mencegah perluasan infeksi bakteri tersebut. (baca juga: Makanan yang Mengandung Kalsium – Makanan Untuk Penderita Pengapuran Tulang)

8. Tubuh mudah lelah

Ciri lain dari TBC tulang adalah tubuh mudah sekali terasa lelah. Rasa lelah ini bahkan sering kali terjadi walaupun penderita tidak melakukan aktivitas berat sebelumnya. Selain itu, saat melakukan aktivitas, tubuh akan terasa tidak sekuat biasanya. Gejala ini bertahap terjadi dari awal infeksi TBC dan bertambah parah seiring berkembangnya infeksi tersebut. (baca juga: Penyebab Pengapuran Tulang)

9. Insomnia

Insomnia atau kesulitan untuk tidur di malam hari juga sering kali terjadi pada penderita TBC tulang. Hal ini dikarenakan setiap malam biasanya muncul gejala demam, keringat dingin, dan juga rasa sakit di tulang yang terinfeksi. Tentunya penderita akan lebih sulit tidur karena rasa sakit tersebut.

10. Kesulitan berjalan

Jika TBC menyerang anggota gerak kaki, maka tulang di sekitar kaki akan mengalami penurunan fungsi. Hal ini akan menyebabkan penderitanya kesulitan untuk berjalan karena rasa sakit yang ada di sana. Selain itu, rasa sakit itu juga bisa menyerang persendian di sekitar kaki seperti lutut atau pergelangan kaki. Hal ini akan membuat kaki menjadi lebih kaki dan lebih sulit untuk digerakkan. (Baca juga: Obat Pengapuran Tulang Pinggang)

11. Pembengkakan 

Infeksi bakteri seringkali menyebabkan peradangan dan juga pembengkakan. Termasuk pada penyakit TBC tulang ini. Bakteri TBC yang menginfeksi tulang juga akan mempengaruhi jaringan di sekitarnya. Akibatnya biasanya akan muncul pembengkakan. Pembengkakan ini disertai dengan rasa sakit dan rasa kaku di sekitar area yang mengalami pembengkakan. Daerah kulit yang mengalami pembengkakan bisa terasa panas, bisa juga terasa sangat dingin. (baca juga: Proses Pembentukan Tulang pada Manusia)

12. Penurunan kepekaan

Sponsors Link

TBC tulang yang menyerang bagian tulang belakang akan menciptakan gejala yang cukup serius karena di dalam tulang belakang ada susunan saraf yang mengarah atau menghubungkan ke otak. Jika susunan saraf ini terganggu makan bisa jadi tubuh juga akan terganggu secara keseluruhan. Salah satu efek dari gangguan saraf di tulang belakang adalah penurunan kepekaan pada penderita. Penurunan kepekaan ini bisa terjadi dengan berbagai gejala, misalnya penurunan indera atau mati rasa. (Baca juga: Penyebab Tulang Ngilu-Ngilu)

13. Postur tubuh membungkuk

Jika TBC tulang menyerang bagian tulang belakang, maka bakteri tersebut akan terus menerus melemahkan susunan tulang belakang. Jika tulang sudah melemah, maka akan lebih mudah untuk tulang mengalami pembengkokan. Pembengkokan ini akan terlihat pada perubahan postur tubuh penderita, yaitu tubuh menjadi lebih membungkuk. Hal ini terjadi jika antar ruas tulang belakang tidak lagi memiliki struktur yang kuat. (baca juga: Penyebab Sakit Tulang Belakang Tengah)

Artikel Lainnya:

14. Postur tubuh menjadi kaku dan tegak

Selain postur tubuh yang membungkuk, TBC tulang yang terjadi pada bagian tulang belakang juga bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih kaku. Akibatnya bukan postur tubuh membungkuk yang terjadi. Sebaliknya, tubuh akan terasa lebih tegak atau tegap dan kaku. Bahkan tubuh tidak lagi fleksibel dan sangat sulit untuk digerakkan seperti sedia kala.

15. Kelumpuhan

Efek yang paling parah dari TBC tulang adalah kelumpuhan. Baik yang terjadi pada tulang belakang maupun tulang kaki, TBC tulang bisa menyebabkan kelumpuhan. Namun kelumpuhan ini bisa dicegah dengan segera melakukan penangan atau pengobatan yang tepat dan cepat. Karena kelumpuhan biasanya terjadi pada pasien dengan kasus TBC tulang yang sudah parah.

Demikianlah beberapa ciri-ciri TBC tulang yang perlu diketahui untuk melakukan deteksi dini pada diri sendiri dan juga anggota keluarga di rumah. Jika sebagian besar gejala tersebut sudah dirasakan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui apakah benar TBC tulang menyerang. Apalagi jika Anda sebelumnya pernah mengalami penyakit TBC paru. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 27th, September 2017 / 07:40 Oleh :