Sponsors Link

Sendi Kaku Saat Bangun Tidur: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Sendi Kaku Saat Bangun Tidur merupakan sebuah kondisi wajar. Peristiwa seperti ini sudah banyak terjadi, bahkan hampir semua orang telah pernah mengalaminya entah lama atau sebentar. Apalagi ketika usia seseorang bertambah, biasanya hal ini lebih rentan terjadi. Pada saat kita tertidur, secara otomatis tubuh tidak melakukan gerakan dalam rentang waktu yang tidak sebentar. Hal ini yang memicu terjadinya kaku pada persendian di pagi hari. Sedangkan yang di maksud dengan sendi sendiri yakni suatu jaringan yang menghubungkan antara tulang dengan tulang. Anda tidak perlu cemas berlebih, karena kaku seperti ini bisa di katakan wajar. Tetapi jika anda merasa khawatir, terlebih lagi ketika kaku berangsur cukup lama maka segera periksakan pada dokter spesialis untuk di tinjau lebih dalam mengenai organ anda.

ads

Meski begitu, tidak semua terjadi tanpa ada sebabnya. Anda harus mengetahui terlebih dahulu yang menyebabkan kaku terjadi ketika pagi. Pada artikel kali ini, saya memberikan ulasan mengenai penyebab dari Sendi Kaku Saat Bangun Tidur yang bisa menjadi gambaran untuk anda semua. Barangkali dengan ini anda mampu mengingat hal-hal yang telah di lakukan.

Penyebab Sendi Kaku Saat Bangun Tidur

Sebuah penelitian mencoba untuk menyingkap hal-hal yang menjadi pemicu dari rasa kaku di pagi hari. Seorang peneliti dari University of Manchester yang telah menemukan bahwa rasa pegal, nyeri dan kaku yang terjadi ketika seseorang bangun tidur adalah suatu proses pelepasan protein. Lepasnya protein ini guna menekan jalur peradangan yang menyebabkan rasa sakit serta kaku pada bagian tubuh yang tertindih. Dengan kata lain, protein yang ada tersebut mampu menunda timbulnya efek peradangan seperti rasa nyeri, sakit dan menjadi kaku di pagi harinya. Adapun protein ini disebut Cryptochrome. Melalui study terpisah, seorang peneliti ini juga membuktikan kalau protein tersebut mempunyai efek anti peradangan dalam kultur sel tubuh kita yang dapat mencegah kejadian seperti radang tulang belakang, radang sendi bahu, dan beberapa kejadian radang lainnya.

Peneliti juga mengungkapkan protein tersebut pada akhirnya memanen beberapa sel dari jaringan tikus dan manusia yang sehat. Selanjutnya semua sel yang di ambil disebut dengan Fibrolast-Like Synoviosytes yang memegang peran sangat penting. Untuk lebih singkatnya, beberapa dibawah ini adalah penyebab yang harus anda pahami:

  • Cryptochrome Tidak Bisa di Lepaskan

Apabila terganggu ritmenya, protein bernama Cryptochrome tidak bisa dilepaskan sehingga terjadi peradangan pada tubuh. Akibatnya keadaan ketika bangun tidur merasakan kaku.

  • Tidur Dalam Posisi yang Sama

Maksud dari tidur dalam posisi yang sama adalah ketika anda memposisikan tubuh dalam gaya yang tidak berubah. Terkadang seseorang ada yang tidur dengan posisi tak banyak gerak. Sebagian orang menilai suatu hal yang lebih baik dalam hal sikap, namun untuk kesehatan bisa menimbulkan rasa kaku. Pada saat seseorang tidur tanpa banyak gaya adalah miring yang terlalu lama. Otomatis, posisi tubuh bagian bawah tertindih cukup lama sehingga menimbulkan kaku saat anda terbangun. Namun kejadian ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan tulang punggung sakit setelah bangun tidur yang tidak hanya disebabkan oleh posisi tidur yang sama saja, melainkan beberapa hal lainnya juga.

  • Pengaruh Lelah

Faktor penyebab lainnya adalah rasa lelah yang tertahan. Tubuh kita tidak bisa di paksa untuk terlalu bekerja keras. Setiap orang akan mengalami rasa capek dan letih dari aktivitas yang di lakukan sehari-hari. Ada sebabnya seseorang menganggap lelah suatu hal yang biasa, sehingga mereka mengabaikan. Akibatnya lambat laun rasa lelah bertumpuk lagi dan menyebabkan beban ketika bangun tidur. Inilah mengapa anda bisa mengalami kaku saat bangun tidur.

  • Cedera

Penyebab dari kaku tubuh saat bangun tidur adalah hasil cedera. Mungkin anda telah mengalami cedera hingga hal itu sangat berefek sekali pada saat bangun tidur yang menimbulkan rasa kaku. Kondisi seperti ini memang sangat mengganggu, apalagi jika kaku yang timbul di sertai dengan rasa nyeri atau sakit.

  • Rematik

Biasanya kondisi yang menyerang organ atau jaringan dalam tubuh adalah adanya penyakit lain seperti rematik. Kebanyakan penderita rematik rentan akan mengalami gangguan ketika bangun tidur, salah satunya rasa kaku. Jika Anda mengalami kejadian semacam ini, maka rajinlah untuk mengkonsumsi makanan untuk penderita rematik tulang paling bagus dan aman berikut.

Sponsors Link

Bukan hanya tahu mengenai apa penyebabnya, tetapi anda juga harus paham dengan apa saja yang menjadi gejalanya. Dengan begitu anda bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Gejala Sendi Kaku Saat Bangun Tidur

Semua keadaan mempunyai gejala atau tanda-tanda yang di timbulkan. Begitu juga dengan keadaan kaku ketika bangun tidur, yang mana anda juga harus mengetahui dari beberapa hal berikut ini:

  • Gerak Terbatas

Timbulnya rasa kaku ketika bangun tidur menyebabkan gejala seperti gerak tubuh yang mulai terbatas. Wajar saja, ketika ini terjadi tubuh merasakan kaku dan merasa enggan untuk menggerakkan anggota tubuh. Semuanya terasa berat dan seperti ada beban yang cukup banyak.

  • Mati Rasa / Kesemutan

Timbulnya mati rasa atau kesemutan yang di alami penderita. Akan tetapi, hal ini seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Anda tidak perlu cemas berlebih karena keadaan seperti ini bisa berangsur pulih beberapa waktu saja. Namun bila ternyata lebih lama dari yang di bayangkan, lakukan pemeriksaan, begitu juga dengan tulang belakang sering kesemutan atau jari tangan sakit dan kesemutan.

ads
  • Nyeri

Selain gerak yang terbatas serta kesemutan atau mati rasa, gejala lainnya adalah rasa nyeri yang mengganggu. Rasanya tidak terlalu sakit tetapi cukup mengganggu aktifitas dan mengurangi tenaga anda ketika bangun tidur. Padahal inilah waktu dimana tubuh seharusnya mengalami penyegaran.

Itulah beberapa gejala yang saya sebutkan, dan jangan anggap sepele keadaan ini. Meski saya sampaikan agar tidak terlalu cemas bukan berarti seseorang akan mengabaikan sampai kapanpun. Jika terjadi dalam kurun waktu cukup lama supaya bisa melakukan pemeriksaan. Tetapi jika hanya terjadi sekali dan dalam durasi yang sebentar, ini hanyalah efek dari gaya hidup saja.

Pencegahan dan Penanganan Sendi Kaku Saat Bangun Tidur

Terdapat beberapa langkah untuk mengatasi Sendi Kaku Saat Bangun Tidur. Bagi anda yang belum atau mungkin pernah mengalami walau hanya sekali tetap harus melakukan pencegahan supaya tidak terjadi dan atau tidak terulang kedua kalinya. Kemudian untuk anda yang mengalaminya cukup sering, melakukan penanganan adalah langkah yang harus di lakukan. Namun jika mengacu pada persendian, sepertinya memang butuh perawatan khusus. Terkadang hal ini karena adanya suatu peradangan, infeksi atau kondisi lain yang menyerang organ dalam tubuh.

  1. Konsumsi Biskuit dan Obat

Makan biskuit dan juga obat satu jam sebelum bangun, mungkin kedengarannya sangat aneh. Tapi ini merupakan cara untuk meringankannya untuk yang sering mengalami kejadian semacam ini. Untuk memudahkan Anda, siapkan terlebih dahulu biskuit dan segelas air serta obat penghilang rasa nyeri pada malam hari sebelum tidur. Atur alarm dan taruh semua itu di dekat anda tidur yakni di meja. Ketika alarm berbunyi, anda hanya perlu bangun untuk makan 4-5 keping biskuit dan diikuti obat. Setelah itu anda bisa tidur kembali.

  1. Olahraga di Tempat Tidur Saat Terbangun

Bagi yang belum pernah atau jarang mengalami kaku sendi, saat kondisi bangun tidur masih normal lakukanlah olahraga. Lakukan beberapa gerakan sebelum anda meninggalkan tempat tidur, misalnya adalah Sit Up untuk wanita dan Push Up bagi pria.

  1. Rutin Berolahraga Luar

Selain melakukan gerakan di tempat tidur atau saat bangun tidur, olahraga luar lainnya perlu di terapkan dengan rajin. Lakukan jogging setiap paginya jika sempat, namun jika terbelit oleh waktu yang tidak efisien untuk melakukannya maka jadwalkan tersendiri. Misalnya adalah dengan latihan renang setiap weekend atau pergi ke gym centre ketika malam atau mengkondisikan waktu. Sebagai alternative supaya mendapatkan manfaat ganda, Anda dapat melakukan gerakan olahraga meninggikan badan ini sehingga rasa nyeri hilang serta tubuh Anda juga semakin tinggi.

Sponsors Link

  1. Pijat Tradisional

Sendi Kaku Saat Bangun Tidur bisa jadi karena seseorang tersebut terlalu lelah. Cobalah untuk melakukan pijat tradisional rutin dua kali dalam satu bulan paling minimal atau maksimal empat kali dalam satu bulan. Terkadang tubuh perlu rangsangan karena rutinitas sehari-hari yang terlalu padat. Dengan pijat, otot dan persendian anda menjadi lebih rileks dan anda akan lebih merasa fresh.

  1. Mandi Air Hangat

Jika anda sering mengalami kaku pada sendi saat bangun tidur, bisa jadi karena suatu penyakit lain seperti rematik. Alangkah baiknya mulai dari sekarang anda mengurangi mandi larut malam atau melebihi jam 5 sore. Jika telah terjadi kondisi seperti ini, rutinlah mandi dengan menggunakan air hangat. Selain itu, untuk teknik satu ini juga sangat efektif dalam cara mengobati tulang ekor sakit, obat sakit tulang belakang, cara terapi tulang belakang, cara mengatasi tulang punggung sakit setelah melahirkan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Menjaga kesehatan lebih dini adalah aset paling penting untuk waktu ke depan. Sebaiknya lakukan hidup sehat mulai dari sekarang agar tidak terjadi kondisi yang tidak diinginkan. Inilah gejala, penyebab hingga pengobatan dari Sendi Kaku Saat Bangun Tidur, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 30th, May 2018 / 15:08 Oleh :