Sponsors Link

Tulang Bengkok Karena Jatuh: Penyebab, Akibat dan Pengobatannya

Sponsors Link

Tidak semua kondisi tubuh seseorang seperti fisiknya yang kurang normal akibat faktor sejak lahir. Ada beberapa peristiwa seperti terjadinya kecelakaan yang menyebabkan berbagai hal pada tubuh manusia. Salah satunya Tulang Bengkok Karena Jatuh yang di picu beberapa sebab. Ketika terjatuh hebat, terkadang tulang menjadi serangan pertama yang akan mengalami benturan. Bengkoknya tersebut lantaran tulang telah mengalami fraktur (patah) atau retak. Sehingga hal itu membuat kondisi menjadi tidak stabil.

ads

Penyebab Tulang Bengkok Karena Jatuh

  1. Patah

Tulang telah mengalami patah ketika kecelakaan terjadi dengan sangat hebat. Berikut teknik penyembuhan patah tulang tanpa operasi yang bisa Anda coba untuk memulihkannya.

  1. Retak

Bengkoknya tulang usai mengalami kecelakaan akibat telah adanya retakan yang membuat kondisi tidak berbentuk seperti normal.

  1. Osteoporosis

Terkadang bengkok yang terjadi pasca jatuh bisa juga karena faktor tulang itu sendiri yang terlalu lemah. Misalnya adalah mempunyai riwayat osteoporosis, yakni kondisi pengeroposan tulang secara perlahan akibat kurangnya asupan kalsium. Untuk masalah yang satu ini, seharusnya penderita telah memeriksakan diri terlebih dahulu sehingga bisa mensiasati dengan mengkonsumsi makanan atau minuman tinggi kalsium dan menghindari pantangan makanan pengapuran tulang supaya tubuh tetap terjaga kesehatannya. Contoh makanan yang mempunyai kandungan kalsium cukup banyak yaitu Susu.

  1. Achondroplasia

Sebuah kondisi tulang yang tumbuh secara tidak normal juga menjadi penyebab mudahnya tulang menjadi bengkok karena jatuh. Kondisi ini di sebut juga dengan Achondroplasia. Untuk melakukan pencegahan, sebaiknya Anda menghindari berbagai hal penyebab achondroplasia berikut.

  1. Obesitas

Kelebihan berat badan atau disebut dengan obesitas bisa menjadi salah satu faktor penyebab mudahnya tulang menjadi bengkok hanya karena jatuh. Obesitas menjadikan tulang menopang berat badan lebih dan menahannya ketika terjatuh. Akibatnya, ketika peristiwa jatuh tersebut cukup parah memudahkan tulang alami pembengkokan. Hal itu karena ada bagian tulang yang terhempas dan tertindih oleh tubuh mengingat beratnya yang berlebih.

  1. Discitis

Suatu peradangan yang terjadi pada ruang di antara tulang belakang disebut dengan discitis, dan ini bisa saja menjadi faktor yang mempermudah pembengkokan tulang.

Sedikitnya memang inilah enam penyebab dari terjadinya Tulang Bengkok Karena Jatuh. Bengkoknya tulang tidak selalu di pengaruhi oleh cedera karena kecelakaan. Akan tetapi ada beberapa pertumbuhan tulang itu sendiri di dalam tubuh yang mungkin tidak normal, sehingga hal itu yang ikut mendukung pembentukan tulang bengkok. Hanya saja beberapa orang yang mengalaminya tidak selalu menyadari dan menganggap bahwa kecelakaan atau jatuh penyebabnya. Banyak sekali tanda atau gejala yang menyertai keadaan seperti ini. Gejala tersebut tentunya mengurangi kenyamanan sehari-hari, dan berikut ini bisa anda ketahui gejalanya.

4 Gejala Tulang Bengkok Karena Jatuh

Tidak sedikit kondisi seseorang yang mengalami pembengkokan. Ada beberapa diantaranya mengalami kelainan tulang sejak lahir seperti skoliosis, lordosis dan kifosis. Ketiga kondisi tersebut jauh lebih sedikit dalam mempunyai peluang normal kembali mengingat faktor pemicunya adalah genetik. Faktor gen atau keturunan lebih kuat dalam menurunkan peranan.

Sponsors Link

Akan tetapi, untuk kondisi Tulang Bengkok Karena Sakit misalnya seperti yang sedang anda alami saat ini tidak lebih sulit menemukan penanganan. Kejadian seperti ini tidak terbawa sejak lahir melainkan suatu keadaan yang memaksa. Oleh sebab itu peluang untuk sembuh atau mengembalikan posisi ke normal lebih besar.

  1. Nyeri – Merasakan nyeri pada bagian yang bengkok. Rasanya sangat wajar mengingat tulang telah mengalami benturan.
  2. Memar – Tanda merah pada daerah yang terserang adalah memar yang timbul lantaran adanya gesekan di dalamnya dengan rasa sakit.
  3. Panas – Selain nyeri, rasa panas yang timbul adalah gejala yang sangat mengganggu. Rasa panas ini memang tidak separah rasa nyeri atau sakit yang tidak tertahankan. Hanya saja hal ini tetap saja mengganggu aktifitas.
  4. Bengkak – Terjadinya pembengkakan karena tulang telah terluka di dalam. Apabila di sentuh, terkadang rasanya sangat sakit sekali.

Empat gejala di atas akan anda temui ketika mengalami kondisi tulang yang membengkok karena jatuh. Pentingnya menjaga tulang harus di perhatikan sampai kapanpun. Tulang merupakan penyokong tubuh agar tetap bisa berdiri atau menyeimbangkan tubuh atau berat badan. Sebagian besar kerangka dalam tubuh manusia pada dasarnya di penuhi dengan tulang, karena tanpa tulang tidak bisa berdiri tegak. Itulah pentingnya menjaga tulang, karena aktifitas sehari-hari seperti latihan fisik (olahraga) memanfaatkan tulang.

ads

Apa jadinya jika tulang tidak tumbuh secara normal? Satu hal yang pasti seseorang tidak bisa bekerja dengan maksimal. Apalagi jika mengalami jatuh seperti yang terbahas disini, mungkin memang tidak semua mengalami pembengkokan tulang. Akan tetapi, jika tidak menjaga kekokohannya sejak dini, saat terjatuh meski tidak parah bisa membuat tulang cedera. Terlebih kalau yang terkena adalah tulang ekor, maka jika tidak segera menerapkan cara mengobati tulang ekor sakit ini, maka dampak yang akan di akibatkan semakin memburuk bahkan bisa membuat seseorang mengalami masa kritis.

Satu langkah yang harus di lakukan ketika anda terjatuh dan merasakan sakit, langsung temui dokter dan konsultasikan bagaimana kondisi yang Anda alami. Dokter sebagai ahli medis lebih tahu apa yang terbaik untuk pasiennya. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, lebih baik segera melakukan pemeriksaan sebelum menemukan gejala-gejala seperti yang di sebutkan di atas. Sebelum melakukan beberapa penanganan, umumnya pasien akan di sarankan untuk melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan hasil atau sampel dalam meninjau lebih jauh sudah berjalan seberapa jauh tulang bengkok tersebut.

Diagnosa Tulang Bengkok Karena Jatuh

Menjaga tulang bukan hanya dengan mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu saja, akan tetapi bagaimana anda membawa diri anda agar tidak terperosok pada masalah yang menimpa tulang. Khususnya dalam hal terjatuh, maka anda harus lebih berhati-hati dan memperhatikan keadaan sekeliling. Terjatuh bukan hanya terjadi pada kendaraan, namun jatuh di sebabkan banyak hal seperti olahraga atau memang tergelincir.

  • Rontgen

Hasil foto rontgen sangat berguna untuk melihat perkembangan tulang. Tujuan di lakukannya rontgen yakni guna melihat bagaimana kondisi tulang dengan melalui tes pencitraan yang nantinya juga memanfaatkan sinar-X.

  • Scan Tulang

Selain rontgen, Scan Tulang adalah pemeriksaan lain yang bisa di lakukan. Scan ini dilakukan untuk mengevaluasi tentang perubahan degeneratif terjadi pada persendian. Teknik ini juga bisa digunakan untuk mengetahui gejala lordosis, ciri ciri penyempitan tulang belakang, dan beberapa kejadian lainnya.

  • Magnetic Resonance Imaging (MRI)

MRI atau kepanjangan dari Magnetic Resonance Imaging adalah prosedur pemeriksaan tulang yang menggunakan kombinasi dari gelombang elektromagnet serta komputer. Tujuan MRI ini guna memperoleh hasil gambar lebih jelas dari organ dan struktur dalam tubuh.

  • Computed Tomography (CT) Scan

Computed Tomography Scan, atau yang sering di kenal dengan CT Scan ini adalah prosedur diagnostik pencitraan dengan memanfaatkan kombinasi sinar-X serta teknologi komputer sehingga memperoleh hasil potongan gambar secara horizontal, atau aksial.

Pengobatan Tulang Bengkok Karena Jatuh

  1. Konsumsi Obat

Pengobatan yang pertama ketika mendapati gejala tulang bengkok adalah dengan mengkonsumsi obat. Sebagai catatan penting, obat yang di sarankan harus berdasarkan resep dari dokter atau dari apotek. Obat yang di konsumsi untuk mengurangi rasa nyeri atau akibat sakit dari bengkak. Namun, Anda juga bisa mencari referensi pada macam-macam obat nyeri tulang kaki berikut, walaupun tidak sama kejadiannya namun khasiat masih sama. Akan tetapi jauh lebih baik kalau pergi ke Dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Latihan Melemaskan Otot
Sponsors Link

Dengan melakukan latihan pelemasan otot, perlahan tulang yang sakit akan mengikuti gerakan tanpa adanya rasa sakit lagi atau nyeri. Hal ini bisa di lakukan seperti banyak menggerakkan area yang bengkok. Akan tetapi latihan ini di lakukan beberapa hari setelah melakukan pemeriksaan. Karena jika langsung di gerakkan setelah jatuh seketika, yang ada justru menimbulkan bengkak lebih parah. Terlebih lagi kalau Anda habis melakukan operasi, maka sebaiknya Anda mengikuti cara melemaskan otot setelah patah tulang ini terlebih dahulu sebelum melakukan berbagai aktivitas lainnya.

  1. Yoga

Yoga merupakan terapi yang sangat cocok bagi siapapun yang mempunyai masalah pada tulang. Gerakan ini menerapkan teknik-teknik tertentu dan khusus yang di pandu dengan ahlinya. Terapi yoga mampu menjadi jembatan untuk mengurangi kondisi tulang yang tidak normal akibat jatuh. Pertama kali saat melakukan yoga mungkin memang terasa sakit, namun semakin sering anda melakukannya akan terbiasa.

  1. Penyokong

Langkah untuk mengurangi bengkok pada tulang lainnya adalah dengan menggunakan penyokong. Alat ini biasanya di sarankan oleh dokter bagi pasien yang mengharapkan kesembuhan lebih cepat tanpa harus melakukan terapi. Biasanya yang digunakan disini adalah Gips yang mana Anda bisa mengetahui fungsi gips pada patah tulang disini.

  1. Mengurangi Berat Badan

Seperti yang di sebutkan di atas, obesitas termasuk pemicu terjadinya kelainan pada tulang. Jadi, yang termasuk langkah penanganan kondisi ini termasuk dengan mengurangi berat badan.

  1. Operasi

Apabila beberapa langkah di atas tidak bisa membantu anda, maka metode bedah adalah solusi berikutnya. Biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi untuk melakukan penanganan langsung pada tulang.

Itulah berbagai macam penyebab, gejala beserta pengobatan atau penanganan pada Tulang Bengkok Karena Jatuh yang harus Anda ketahui. Semoga bisa membantu, salam sehat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 26th, May 2018 / 13:25 Oleh :