Sponsors Link

13 Penyebab Sakit Tulang Belakang Tengah

Sponsors Link

Tulang belakang adalah salah satu indikator yang penting untuk melihat ada atau tidaknya masalah pada tubuh. Pada bagian ini ada susunan tulang belakang yang berfungsi untuk membentuk postur tubuh dan juga mentransferkan impuls atau sinyal melalui saraf di tulang belakang. Namun jika tulang punggung terganggu, maka akan muncul rasa sakit. Termasuk pada tulang belakang tengah. Lalu apa saja penyebab timbulnya sakit tulang belakang tengah yang mungkin terjadi? Simak penjelasan berikut ini. (Baca juga: Tulang Rawan)

ads

1. Otot terkilir atau keseleo

Salah satu penyebab sakit tulang belakang tengah yang paling sering terjadi adalah otot terkilir atau keseleo. Pada dasarnya tulang belakang tidak bekerja sendirian. Di sekitar tulang belakang ada jaringan lain seperti otot. Otot di sekitar tulang belakang bisa saja mengalami gangguan berupa cedera atau keseleo. Hal ini bisa terjadi akibat salah aktivitas, atau jika terjadi benturan kecelakaan. Kedua hal ini akan menyebabkan jaringan otot di sekitar tulang belakang tengah mengalami pembengkakan karena peradangan. Jika keseleo terjadi dalam kadar sederhana, maka rasa sakit tersebut akan sembuh dengan sendirinya selama beberapa hari. Namun jika cedera terjadi karena kecelakaan yang cukup parah, maka bisa jadi rasa sakit baru akan hilang setelah beberapa minggu.  (Baca juga: Kelainan pada Tulang)

2. Salah makan

Beberapa orang juga bisa mengalami nyeri pada bagian punggung setelah mengonsumsi beberapa jenis makanan. Apalagi untuk mereka yang memiliki riwayat sakit lambung. Seringkali, jika seseorang salah makan, lambung akan memproduksi gas. Gas ini bisa menekan bagian punggung sehingga muncul rasa nyeri pada bagian tersebut. (Baca juga: Makanan yang mengandung kalsium)

3. Masalah struktural tulang belakang

Masalah struktural pada tulang belakang bisa terjadi kepada siapa saja. Salah satu gejala yang paling mudah diamati secara fisik adalah postur tubuh yang tidak normal, yaitu membungkuk, bengkok, atau terlalu tegap. Masalah struktural tulang belakang dikenal oleh masyarakat sebagai penyakit kifosis, skoliosis, maupun lordosis. Jika susunan struktural tulang belakang tidak normal seperti kondisi tersebut, maka hal ini akan menyebabkan rasa sakit pada bagian tulang belakang yang tidak normal. Rasa sakit itu disebabkan oleh adanya gangguan pada saraf di sepanjang tulang belakang.

4. Penyempitan tulang belakang

Penyempitan tulang belakang atau yang juga dikenal dengan spinal stenosis, merupakan salah satu gangguan pada ruas tulang belakang yang jaraknya menyempit antara ruas yang satu dengan ruas yang lain. Kondisi ini akan menyebabkan bantalan cakram tulang belakang terjepit, sehingga saraf di dalamnya terkena tekanan ekstra. Hal inilah yang menyebabkan rasa nyeri pada bagian tulang belakang. Jika spinal stenosis terjadi pada leher, maka rasa sakit akan lebih parah. Namun, jika terjadi pada punggung, maka rasa sakit pada bagian tersebut akan terasa setiap kali tubuh digunakan beraktivitas. (Baca juga: obat penyempitan tulang belakang)

5. Gangguan pada sendi

Sendi merupakan bagian tulang yang memungkinkan tubuh untuk bergerak. Tulang belakang juga memiliki sendi, yaitu yang memisahkan antara ruas yang satu dengan ruas yang lain. Walau tidak sebebas sendi pada anggota gerak seperti tangan dan kaki, persendian pada tulang belakang bisa juga terkena gangguan atau peradangan, seperti arthritis atau osteoarthritis. Kondisi ini menyebabkan gejala rasa sakit pada bagian yang terkena peradangan. Jika menyerang punggung tengah, maka akan muncul rasa sakit pada tulang belakang tengah. (Baca juga: Penyakit Tulang Belakang)

6. Osteoporosis

Sponsors Link

Osteoporosis merupakan kerapuhan tulang. Osteoporosis bisa juga bisa terjadi pada tulang belakang. Jika tulang belakang terkena osteoorosis, maka tulang belakang akan rentan rapuh. Tulang belakang yang rapuh akan menjadi penyebab rasa sakit yang terjadi pada punggung tengah. Tulang belakang yang terkena osteoporosis juga berpotensi menciptakan spinal stenosis, sehingga ruas-ruas tulang belakang akan menyempit dan menyebabkan rasa sakit. (Baca juga: Cara Mencegah Osteoporosis)

7. Kanker tulang belakang

Penyebab terjadinya kanker tulang ini bisa menyebar pada bagian tulang belakang anda, karena banyak kasus yang mengalaminya. Tulang belakang yang membuat adanya pertumbuhan jaringan-jaringan kanker yang menyantuh dengan tulang. Salah satu gejala dari kanker tulang belakang adalah muncul rasa sakit pada sepanjang tulang belakang. Kanker tulang belakang harus segera ditangani dan diobati dengan tepat supaya tidak menyebar semakin parah dan bisa disembuhkan. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Tulang)

Artikel lainnya:

8. Faktor aktivitas

ads

Aktivitas yang salah atau aktivitas yang dilakukan secara berlebihan dan terus menerus bisa juga menyebabkan tulang belakang bagian tengah menjadi sakit. Misalnya jika seseorang memiliki pekerjaan berat, seperti pekerja kuli panggul, kuli bangunan, dan sebagainya. Selain itu, terlalu lama duduk atau terlalu lama berdiri juga akan membuat tulang punggung merasa sakit. Atau bisa juga tulang belakang sakit karena kegiatan buruk, seperti suka membungkuk, dan sebagainya. (Baca juga: Macam Macam Penyakit Tulang)

9. Kehamilan

Penyebab sakit tulang belakang tengah berikutnya yang mungkin terjadi adalah kehamilan. Kehamilan memang merupakan sebuah fase yang perlu diperhatikan karena pada fase ini, tubuh sang calon ibu akan mengalami banyak perubahan. Hormon banyak berubah. Postur tubuh juga akan berubah. Sangat wajar ibu hamil mengalami rasa sakit pada tulang brlakang tengah, apalagi jika usia kehamilan sudah semakin membesar. Pada tahap ini, tubuh ibu akan menopang beban yang cukup berat pada bagian depan, sehingga tulang bagian belakang akan terpengaruh secara tidak langsung. (Baca juga: Cara Mengobati Patah Tulang)

10. Gangguan pada ginjal

Ginjal merupakan organ yang berada di dekat tulang belakang tengah. Jika ginjal terganggu dan terasa sakit, maka rasa sakitnya bisa menjalar hingga ke tulang belakang tengah. Salah satu gangguan pada ginjal yang paling sering terjadi adalah gagal ginjal dan juga batu ginjal. (Baca juga: Penyebab Tulang Belakang Sakit)

11. Stress

Stress atau kondisi psikis yang terganggu bisa juga menyebabkan rasa sakit pada tulang belakang tengah. Tulang belakang tengah bisa merasa sakit karena memang saraf manusia ada di sepanjang tulang belakang. Jika terganggu, maka hal tersebut bisa saja menyebabkan rasa sakit pada tulang belakang. (baca juga: Cara Agar Badan Tidak Bungkuk Lagi Secara Alami)

12. Kurang tidur

Tulang belakang tengah sakit juga bisa disebabkan karena kurang tidur. Orang yang suka begadang akan lebih rentang terkena sakit pada tulang belakangnya daripada orang yang istirahatnya teratur. Maka dari itu, lebih baik selalu menjaga istirahat secara teratur agar kesehatan selalu terjaga. (baca juga: Cara Cepat Meninggikan Badan)

13. Kurang olahraga

Seseorang yang tidak pernah berolahraga juga akan lebih rentan terkena sakit pada bagian punggung tengah. Apalagi jika gaya hidupnya tidak sehat, seperti aktivitas pekerjaan yang berat, terlalu sibuk, dan kurang istirahat. Maka hal ini akan lebih berpeluang untuk menjadikan punggung tengah mengalami rasa sakit.

Demikianlah beberapa penyebab sakit tulang belakang tengah yang mungkin saja terjadi pada manusia. Ingat selalu untuk segera memeriksakan diri jika sakit pada tulang belakang tengah tidak juga mereda dan terjadi secara terus menerus. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 21st, August 2017 / 09:47 Oleh :