Sponsors Link

Tulang Rusuk Sakit Ketika Hamil, Apa Penyebabnya? Bagaimana Penanganannya?

Sponsors Link

Masa-masa kehamilan pada ibu hamil sering menimbulkan perubahan yang signifikan terhadap tubuh si ibu. Beberapa hal tersebut diantaranya, peningkatan berat badan, adanya tekanan yang berlebih pada otot panggul, paha dan kaki. Semuanya dapat dipastikan memberikan rasa sakit yang berlebih pada tulang rusuk si ibu hamil ketika menjalani masa kehamilan.

ads

Adanya gangguan pada otot panggul ibu hamil merupakan hal normal yang biasa dialami oleh setiap wanita manapun yang sedang mengandung. Hal tersebut juga sekaligus dapat menjadi bukti bahwa janin berkembang dengan baik pada masa kehamilan.

Meskipun rasa sakit pada tulang rusuk saat kehamilan merupakan sesuatu yang biasa terjadi, para ibu hamil perlu waspada jika rasa sakit tersebut terus menyerang selama dua minggu berturut-turut. Cedera tulang rusuk pada ibu hamil juga dapat memberikan dampak yang membahayakan untuk kesehatan bayi di dalam kandungan. Para ibu hamil perlu mengetahui gejala-gejala lain yang timbul ketika mengalami rasa sakit di tulang rusuk. Gejala tersebut meliputi:

  1. Adanya trauma otot tulang belakang yang semakin hari semakin memburuk kondisinya.
  2. Rasa sakit tulang rusuk sebelah kanan diikuti dengan demam dan pendarahan vaginal yang disertai sensasi terbakar.
  3. Mengalami mati rasa pada salah satu kaki.
  4. Tulang rusuk sakit saat bernafas dan setelah melakukan aktivitas fisik yang ringan.

Jika mengalami gejala di atas, sangat disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan klinis dengan dokter spesialis untuk mengetahui lebih lanjut tentang kondisi yang dialami.

Penyebab

Beberapa hal yang menjadi penyebab tulang rusuk sakit pada ibu hamil diantaranya:

  1. Perubahan hormon pada ibu hamil

Perlu diketahui bahwa pada masa kehamilan, si ibu akan lebih banyak memproduksi hormon relaksin yang berfungsi untuk melonggarkan panggul yang dapat mempermudah proses melahirkan. Namun, proses produksi hormon tersebut seringkali membuat ligamen pada daerah panggul menjadi longgar sehingga ibu hamil akan sering mengalami rasa nyeri di bagian tulang rusuk belakang.

  1. Berkembangnya rahim

Perkembangan rahim pada masa kehamilan biasanya membuat otot-otot tulang rusuk menjadi tegang sehingga menimbulkan rasa sakit tulang belakang bawah pada suatu waktu. Jika tidak segera mendapatkan penanganan yang intensif, risiko patah tulang dapat terjadi pada ibu hamil yang memiliki pinggang yang lebih pendek.

  1. Peningkatan berat badan si ibu hamil.

Meningkatnya berat badan ibu hamil juga memberikan dampak rasa sakit pada tulang rusuk. Hal ini disebabkan oleh adanya tekanan pada panggul ketika berat badan ibu hamil dan janin mengalami peningkatan.

  1. Stress

Stress atau kecemasan berlebih dapat memberikan efek tegang pada otot-otot tulang rusuk si ibu hamil. Maka dari itu, ketenangan merupakan satu-satunya hal yang sangat dibutuhkan ibu hamil dalam menjalani masa-masa kehamilan.

Penanganan

Sponsors Link

Ibu hamil yang mengalami rasa sakit pada tulang rusuk memang tidak perlu terlalu khawatir terhadap gejala-gejala normal yang timbul. Namun, alangkah baiknya jika rasa sakit tersebut sudah berkelanjutan dan untuk menghindari terjadinya gangguan kelainan pada tulang, diperlukan penanganan khusus untuk menghilangkan rasa nyeri yang selalu menghantui.

Beberapa langkah penanganan yang mungkin dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk mengatasi rasa nyeri pada tulang rusuk, diantaranya:

  1. Melakukan kunjungan medis ke dokter spesialis untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan rutin.
  2. Sangat disarankan bagi ibu hamil melakukan yoga khusus ibu hamil untuk menghilangkan rasa sakit yang berkelanjutan di bagian panggul. Dianjurkan sebelum melakukan aktivitas olahraga, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai olahraga apa saja yang cocok dengan usia kehamilan.
  3. Hindari melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat untuk menghindari pergesaran otot tulang rusuk dan persendian lain.
  4. Mengkonsumsi buah-buahan untuk menguatkan tulang dan beberapa ramuan tradisional yang dianjurkan oleh dokter.

Demikian beberapa ulasan dari tulang rusuk bisa sakit saat hamil, yang bisa anda ketahui yang menyebabkan terjadinya dan juga cara penangganan tepatnya.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 23rd, February 2018 / 05:52 Oleh :