Sponsors Link

Tulang Selangka Bengkok: Bahaya, Penyebab dan Penanganannya

Sponsors Link

Tulang selangka adalah bagian tulang yang cukup sering mengalami sakit seperti nyeri atau pegal jika digunakan untuk beraktivitas secara terus-menerus dalam jangka waktu yang cukup lama. Tulang selangka menghubungkan antara tulang dada dengan tulang bahu, yang banyak terdapat jaringan otot juga pembuluh darah di sekitarnya. Salah satu jenis kelainan pada tulang selangka yang bisa terjadi adalah tulang selangka bengkok. Ada beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan dari membengkoknya tulang selangka, antara lain:

ads
  • Membuat bahu menjadi terlihat pendek di satu sisi, jika bengkok terjadi di salah satu sisi tulang selangka.
  • Mengurangi rasa percaya diri karena karena bagian tulang selangka yang bengkok bisa terlihat mencekung bisa bersifat permanen.
  • Muncul rasa was-was pada orang yang mengalami ciri-ciri tulang bengkok khawatir akan munculnya gangguan tulang lain.
  • Mengganggu saluran pernafasan dan membuat pasien merasakan sesak dan memiliki nafas yang pendek-pendek.
  • Menyebabkan lengan sakit dan susah ketika dipakai bergerak juga akan terasa lemas terus-menerus.

Tulang selangka bengkok bukanlah keadaan yang bisa sembuh begitu saja karena dapat bersifat permanen jika tidak ditangani dengan tepat. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab tulang selangka menjadi bengkok seperti berikut ini:

  • Mengalami patah tulang selangka yang bisa terjadi akibat kecelakaan atau terbentur dengan keras.
  • Memiliki pekerjaan yang membutuhkan kekuatan bahu seperti pedagang keliling yang membawa pikulan di bahu secara terus menerus.
  • Tulang mengalami pergeseran akibat cedera juga bisa menjadi salah satu penyebab tulang selangka bengkok.
  • Pengeroposan tulang juga yang bisa semakin parah dengan bertambahnya faktor usia, karena tulang keropos akan mudah rapuh dan patah. yang bisa menyebabkan nyeri pada tulang selangka.

Setelah mengetahui beberapa penyebab tulang selangka membengkok seperti di atas, selain berhati-hati dalam melakukan segala aktivitas sebaiknya juga selalu mengkonsumsi berbagai jenos makanan yang bisa memperkuat tulang. Nah di bawah ini ada beberapa cara maupun metode untuk menganangi tulang selangka yang bengkok, antara lain adalah:

1. Obat pereda nyeri

Ketika mengalami bengkok pasti akan terasa sakit dan menjadi salah satu penyebab nyeri pada tulang selangka. Untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri tersebut dapat dibantu dengan mengkonsumsi obat untuk meredakan nyeri misalnya seperti obat-obatan non steroid.

2. Rontgen

Penanganan pertama ketika mengalami keluhan tulang selangka bengkok adalah rontgen, untuk mengetahui bagaimana kondisi tulang selangka dan letak kesalahan posisi tulang selangka. Dengan begitu, dokter akan tahu metode penanganan atau pengobatan apa yang bisa digunakan untuk mengatasi konfdisi tulang selangka.

3. Operasi

Operasi menjadi adalah metode yang bertujuan untuk meluruskan kembali tulang selangka yang bengkok. Setelah operasi biasanya akan diberikan penyangga tangan untuk meminimalisir gerakan di daerah selangka, namun juga perlu diwaspadai efek samping operasi tulang selangka pada masa pemulihan.

4. Fisioterapi

Cara lain untuk meluruskan tulang selangka yang bengkok selain mendapatkan operasi biasanya adalah dengan metode  fisioterapi. Selain menjadi cara terapi patah tulang selangka, metode ini biasanya juga dipakai untuk mengani pembengkokan tulang lainnya.

5. Implantasi tulang selangka

Metode implantasi ini pada umumnya digunakan untuk penanganan tulang selangka yang bengkoknya sudah parah. Sehingga dibandingkan dengan cara lain, biasanya metode ini lebih banyak memakan biaya.

Cukup sekian informasi dan ulasan mengenai bahaya, penyebab sekaligus cara penanganan tulang selangka bengkok. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Friday 19th, October 2018 / 02:36 Oleh :