Sponsors Link

Spasme Otot Punggung: Penyebab, Bahaya dan Penanganannya

Sponsors Link

Bicara mengenai kesehatan, tidak ada yang pernah tahu kapan manusia mengalami kondisi yang menurun. Beberapa orang benar-benar menjaga tubuh dari kondisi sakit dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Namun sebagian masih saja mengabaikan hal-hal kecil selagi mereka masih dalam keadaan sehat. Tidak peduli bahwa hal sepele tersebut bisa menjadi masalah di kemudian waktu.

ads

Bicara soal penyakit atau kondisi penurunan apapun, banyak macamnya mulai dari penyakit ringan sampai dengan kronis. Untuk penyakit spasme otot punggung ini tidak terlalu jauh berbeda dengan spasme Otot Pinggang yang banyak di alami beberapa orang dengan alasan dan penyebab tertentu. Dalam kesempatan kali ini, topik yang akan di jabarkan adalah Spasme Otot Punggung beserta dengan penyebab, seberapa bahayanya sampai dengan bagaimana cara mengatasinya.

Pada dasarnya Spasme Otot Punggung sama halnya dengan spasme otot pinggang. Hanya saja daerah yang terserang berbeda, yakni berada di punggung. Secara umum spasme adalah sebuah istilah yang merujuk pada suatu aktivitas bilamana terjadi tiba-tiba, kuat, tegang yang di timbulkan dari otot. Sedangkan menurut pengertian lain, spasme pada bidang kedokteran sering digunakan untuk menunjukkan kontraksi otot yang timbul secara tiba-tiba atau tanpa di sadari sehingga bisa menyebabkan tulang terasa ngilu dan pegal juga.

Terdapat tiga jenis otot yang di miliki oleh tubuh manusia, diantaranya adalah otot lurik, otot polos, dan juga otot jantung. Otot lurik adalah otot yang banyak dijumpai pada permukaan tubuh manusia seperti otot lengan, otot paha, otot dada. Sedangkan otot polos adalah otot yang mampu menyusun organ di dalam tubuh, adapun misalnya adalah otot pelapis usus, otot rahim, otot pembuluh darah. Lalu yang ketiga adalah otot jantung yang merupakan otot khusus penyusun jantung manusia.

Penderita Spasme Otot Punggung tidak perlu khawatir, karena kondisi ini tidaklah berbahaya. Sehingga anda tidak perlu khawatir dengan sangat. Asalkan anda bisa melakukan pencegahan maka kondisi tidak akan parah. Kendati demikian tetap saja keadaan ini membuat penderita merasa terganggu dan tidak nyaman. So, bila di pertanyakan apakah spasme yang terjadi pada punggung ini berbahaya, jawabannya tidak. Lalu apa saja yang menyebabkan spasme otot di bagian punggung ini terjadi?

Tentunya tidak ada akibat jika tidak ada suatu penyebabnya. Kondisi seperti ini tentu mempunyai beberapa pemicu, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kurangnya Cairan

Kekurangan cairan dapat menyebabkan terjadinya spasme otot di punggung. Istilah mudahnya dari kekurangan cairan ini adalah dehidrasi. Seperti yang anda ketahui bagaimana kondisi tubuh jika kekurangan cairan sampai terjadi dehidrasi berat, bukan lagi menyebabkan spame namun bisa menimbulkan gejala lain, salah satunya yakni seperti penyebab arthritis. Sehingga anda perlu menjaga keseimbangan tubuh dengan kebutuhan air yang cukup.

  • Aktivitas yang Terlalu Berat

Aktivitas yang dilakukan secara berlebih disebut dengan aktivitas berat, apalagi jika di tambah dengan beban yang berat pula. Setiap orang tentu ingin mempunyai tubuh sehat sehingga melakukan olahraga tanpa pandang buluh. Padahal ini cara yang salah, karena olahraga hanya di lakukan sewajarnya saja. Jika terlalu berat dan berlebihan maka terjadi ketegangan pada otot yang bisa menimbulkan spasme. Selain olahraga berat, aktivitas lain juga harus di perhatikan seperti mengangkat barang-barang dengan beban berat lebih.

Sponsors Link

  • Defisiensi Otot

Penyebab lainnya karena defisiensi otot yang di picu oleh kurangnya latihan sebagai akibat dari tirah baring atau bisa juga imobilitas.

  • Hipersensitif Otot

Tahukah anda bahwa otot yang mengalami hipersensitif akan menciptakan satu daerah kecil dimana bila daerah ini dirangsang akan menimbulkan rasa nyeri ke daerah tertentu. Daerah kecil itulah yang disebut sebagai noktah picu (trigger point).

Itulah beberapa penyebab dari spasme otot pada bagian punggung. Langkah terbaik untuk memberhentikan dari kondisi tersebut adalah dengan mencari pengobatan atau melakukan penanganan. Beberapa cara di bawah ini bisa membantu meringankan kondisi spasme punggung dan menyembuhkannya.

  • Fisioterapi

Cara pertama yang banyak di lakukan penderita spasme otot di punggung adalah dengan melakukan fisioterapi. Terapi yang satu ini sebenarnya belum tentu menyembuhkan seutuhnya dengan cepat, hanya saja fisioterapi dilakukan sebagai pencegahan terjadinya kondisi lebih parah lagi. Perlu diketahui bahwa untuk fisioterapi ini sangat ampuh untuk mengobati macam-macam penyakit tulang, beberapa diantaranya yakni seperti terapi untuk penderita skoliosis, tulang ngilu dan badan lemas, pengobatan cerebral palsy, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sponsors Link

  • Yoga

Gerakan yoga dapat membantu meringankan rasa nyeri pada punggung akibat spasme. Yoga adalah bentuk olahraga meditasi yang di lakukan dengan gerakan dan teknik berbeda dari olahraga pada umumnya. Namun yoga mempunyai manfaat besar untuk kesehatan dan sebagai latihan kondisi fisik yang tidak stabil. Berikut gerakan yoga untuk memperbaiki postur tubuh yang dapat Anda coba ikuti.

  • Olahraga Pagi

Sebagai perangsang otot punggung akibat spasme, dapat di lakukan cara dengan berolahraga kecil di pagi hari. Misalnya adalah lari kecil atau latihan lain yang memberikan rangsangan bagi otot punggung.

  • Konsultasi ke Dokter

Konsultasikan keadaan anda kepada dokter, maka akan di cari solusi yang tepat sebagai penanganan. Biasanya dokter akan memberikan resep obat untuk meringankan rasa sakitnya.

Menjaga kesehatan tubuh dari Spasme Otot Punggung ini sangat penting sekali bagi siapapun, hal ini dikarenakan agar tubuh dapat tetap bugar dan kuat untuk menjalani setiap aktivitas keseharian, semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , , , ,
Post Date: Monday 30th, July 2018 / 23:30 Oleh :