Sponsors Link

Fraktur Tulang Tengkorak: Penyebab, Perawatan dan Penanganannya

Sponsors Link

Tulang tengkorak adalah susunan tulang kerangka kepala yang melindungi otak, organ sensorik, dan mendukung struktur wajah. Tanpa adanya tulang-tulang ini otak akan mudah sekali cedera. Tapi faktanya dengan keberadaan tulang ini tak sepenuhnya aman-aman saja. Beberapa hal bisa menjadi penyebab cedera muncul yang akan di jelaskan pada halaman ini tentang Fraktur Tulang Tengkorak beserta dengan penyebab dan cara mengatasi.

ads

Bahaya kondisi seperti ini tentu mengganggu fisik dan mental seseorang lantaran yang di serang adalah bagian otak. Ketika telah terjadi keadaan seperti ini, bukan lagi tidak bisa melakukan aktivitas harian secara optimal namun juga perlahan bisa memengaruhi fungsi motoriknya. Akan sangat di sayangkan apabila hal itu terjadi, sebaiknya jika keadaan ini telah menyerang segera melakukan penanganan. Untuk kejadian fraktur tulang ini kejadiannya memang tidak begitu terlihat seperti benjolan tulang di kepala, namun dampaknya lebih mematikan.

Fraktur Tulang Tengkorak adalah patah tulang pada bagian kerangka tengkorak. Bayangkan saja, betapa sakitnya hal ini jika terjadi. Lalu apa penyebabnya? Sebelum mengenal apa saja perawatan serta penanganan dari fraktur pada tulang tengkorak, mengetahui penyebabnya adalah hal terpenting. Perlu anda pahami bahwa kecelakaan yang tidak parah bisa saja menyebabkan patah tulang.

Seseorang yang mengalami kecelakaan parah akan menjadi hal lumrah jika mereka harus merenggut nyawa atau mengalami cacat fisik. Tetapi jika terjadinya kecelakaan terlihat biasa, anda harus mampu mengetahui bahwa mungkin saja terjadi patah tulang dalam. Salah satunya bisa terjadi pada tulang tengkorak. Meskipun tulang tengkorak telah di desain dengan sangat kuat, akan tetapi tetap saja berpotensi untuk mengalami cedera.

Adapun jenis-jenis kerusakan pada tulang tengkorak terbagi menjadi beberapa hal. Pengelompokan ini dilakukan bukan tanpa melihat keadaan, tetapi semua ini dengan melihat kekuatan yang membuat kerusakan, lokasi tempat terjadinya luka, serta  bentuk benda yang mengakibatkan terjadinya kerusakan di kepala itu sendiri.

  • Fraktur Tertutup

Jenis yang pertama adalah fraktur tertutup. Kerusakan atau patahnya pada tulang tengkorak dinamakan seperti ini apabila kulit penutup daerah yang retak tidak mengalami robekan atau menyebabkan luka menjadi terbuka. Ketika Anda mengalami permasalahan ini, segera terapkan cara menyembuhkan tulang retak secara alami ini atau mungkin dapat melakukan cara mengobati tulang tengkorak retak berikut.

  • Fraktur Terbuka

Jenis yang kedua adalah fraktur terbuka yang tentunya sangat berbeda dari fraktur tertutup, yang mana kondisi ini di sertai dengan rusaknya kulit di tempat terjadinya retakan. Disebut fraktur terbuka karena tulang yang rusak terlihat atau muncul dari robekan kulit. Ketika Anda mengalami masalah ini harus lebih waspada dan hati-hati merawatnya sebab kalau sampai terkena infeksi penyakit patofisiologi osteomielitis malah akan semakin membahayakan tubuh.

  • Fraktur Dasar Tengkorak

Fraktur dasar tengkorak di sebut dengan basis cranii, jenis ini terjadi pada daerah dasar tulang tengkorak. Area ini mencakup juga daerah sekitar mata, telinga, hidung, atau tengkorak bagian belakang yang berdekatan dengan tulang belakang.

  • Fraktur Depresi

Jenis fraktur tengkorak selanjutnya adalah fraktur depresi. Dinamakan seperti ini untuk menggambarkan adanya fragmen patahan yang terdorong kedalam rongga otak.

Sponsors Link

Setelah melihat penyebab dan jenis dari Fraktur Tulang Tengkorak, apa saja penanganan dan perawatannya bisa anda ketahui berikut:

Perawatan untuk kondisi ini sangat di perlukan, namun bukan berarti ini sama dengan penanganan. Antara perawatan dan penanganan memang beda tipis, tetapi keduanya berbeda. Perawatan adalah langkah yang di ambil penderita dalam keseharian sebagai suatu upaya menangani secara perlahan. Adapun perawatan itu adalah sebagai berikut:

  • Menjaga Pola Hidup Sehat

Banyak sekali yang termasuk dalam kategori pola hidup sehat, salah satunya adalah dengan melakukan olahraga. Dalam keadaan bagaimanapun olahraga sangat penting untuk kesehatan. Bagi mereka yang sehat, olahraga di perlukan untuk memberikan jasmani bugar. Bagi orang dalam kondisi kesehatan lemah, olahraga di gunakan untuk mempertebal daya tahan sehingga penyakit tak akan berlama-lama dan semakin parah.

ads
  • Menerapkan Pola Makan Sehat

Makanan untuk Fraktur Tulang Tengkorak memang seharusnya di perhatikan. Dengan mengkonsumsi makanan sehat secara teratur, minimal hal ini akan mencegah penyakit berjalan makin jauh. Selain itu, Anda juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan untuk patah tulang tangan berikut untuk mempercepat penyembuhan. Memang bagian yang sakit beda, namun secara keseluruhan kejadian ini cukup mirip.

  • Mengurangi Aktivitas Berat

Kurangi aktivitas berat yang tidak perlu seperti mengangkat beban dengan berat cukup besar. Anda memang harus hati-hati terhadap aktivitas yang berat, hal ini dikarenakan ketika tubuh dipaksa untuk melakukan sesuatu malah akan menjadi penyebab tulang belakang sakit, tulang terasa ngilu dan pegal, tangan kaku dan tidak bisa digerakkan, dan beberapa kejadian lain.

Sedangkan untuk penanganan yang tepat, berikut ini hal-hal yang harus di lakukan:

  • Konsultasi ke Dokter

Mengunjungi dokter untuk melihat perkembangan fraktur yang terjadi, dengan begini Anda akan semakin cepat menemukan inti permasalahannya sehingga mendapatkan solusi terbaik untuk pengobatannya.

  • Rontgen

Foto rontgen sangat di perlukan untuk melihat perkembangan tulang tengkorak di dalam kepala. Dikarenakan dengan melakukan ini dapat melihat kejadian di dalam tubuh, maka penyakit yang tidak begitu tampak secara fisik seperti pembengkakan tulang belakang, tulang betis terasa ngilu, hingga ada tulang tumbuh di lutut dapat diketahui secara mendalam.

  • Pemindaian

Pemindaian dilakukan untuk melihat hasil periksa penderita tentang seperti apa siklus berbahayanya. Jika memang sangat parah akan di lakukan langkah lebih efisien.

  • Obat

Fraktur pada tulang tengkorak yang tidak sangat parah, biasanya dokter akan memberikan resep obat terlebih dahulu. Minimal obat ini untuk mengurangi rasa nyeri yang akan siap timbul kapan saja.

  • Operasi

Jika beberapa langkah telah di coba namun hasilnya nihil, dokter akan melakukan metode bedah atau operasi. Ini adalah cara mutakhir yang di lakukan ketika banyak cara yang di tempuh namun gagal. Biasanya setelah melakukan operasi tulang akan mengalami bengkak, dan untuk mengatasi hal itu Anda dapat menerapkan cara menghilangkan bengkak setelah operasi patah tulang berikut.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab, perawatan hingga pengobatan Fraktur Tulang Tengkorak yang dapat Anda terapkan ketika mengalaminya. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Friday 10th, August 2018 / 23:18 Oleh :