Sponsors Link

7 Ciri Ciri Cedera Ligamen Lutut yang Harus Dikenali Sejak Dini

Sponsors Link

Banyak sekali kondisi yang mempersulit seseorang untuk beraktivitas seperti sehari-hari. Salah satu keadaan yang sering di alami adalah cedera ligamen lutut yang umumnya banyak menyerang pria di bandingkan wanita. Keadaan ini tentu saja bisa terjadi ketika anda sedang berolahraga. Akibat dari cedera ini menimbulkan resiko penderita seperti ketidaksempurnaan lutut. Salah satu akibat yang tak bisa di hindari lagi adalah keadaan lutut yang semakin melemah untuk menopang tubuh.

ads

Bisa di bayangkan juga jika seseorang mempunyai badan obesitas dan mengalami kondisi ini pasti lebih kesulitan lagi. Oleh sebab itu seringkali di paparkan tentang berat badan berlebih alias obesitas yang tidak di “bagus” untuk setiap orang dikarenakan berat badan berlebih ini juga bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit lain, seperti pengapuran sendi lutut, penyakit osteomielitis, ngilu pada lutut, dan beberapa penyakit lainnya.

Bicara kembali tentang cedera ligamen lutut ini, tidak heran apabila pria lebih rentan terserang. Kebanyakan mereka lebih aktif di banding wanita, terutama para atlet. Lalu apa saja ciri ciri cedera Ligamen Lutut? Banyak yang tidak mengetahui seperti apa tanda-tanda gejala penyakit ini. Seseorang terkadang lebih menyepelekan kondisi ini yang sebenarnya tidak bisa di abaikan begitu saja. Sebelum menuju ke berbagai tanda cedera ligamen lutut, sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu penyebab penyakit ini supaya dapat melakukan pencegahan kejadian untuk semakin parah.

Lutut merupakan bagian dari tubuh yang bekerja sangat keras ketika beraktivitas, termasuknya olahraga seperti lari atau jogging. Beratnya beban yang harus di tumpu lutut kala aktivitas dapat menyebabkan terjadinya cedera ligamen lutut. Ligamen sendiri ialah pita-pita keras yang fungsinya menghubungkan tulang satu dengan tulang lainnya. Sedangkan ligamen pada lutut merupakan ligamen yang rentan mengalami cedera hingga bisa mengakibatkan perubahan permanen pada aktivitas seseorang. Akan tetapi, meski disebutkan bahwa cedera ini lebih sering menyerang atlet bukan berarti orang umum tidak mudah terkena. Siapapun bisa dengan mudah mengalami ciri ciri cedera Ligamen Lutut jika ada kesalahan yang terjadi saat aktivitas.

Berikut ini adalah penyebab terjadinya cedera ligamen lutut yang harus di waspadai:

  • Terjadinya pukulan keras yang menimpa lutut atau benturan keras
  • Memutar lutut dengan telapak kaki yang tetap dalam kondisi berpijak di tanah
  • Memindahkan beban berat badan dari satu kaki ke kaki lain dengan cara tiba-tiba
  • Terlalu jauh dalam melebarkan lutut
  • Melakukan pendaratan atau lompatan dengan kondisi lutut di tekuk
  • Mendadak berhenti ketika sedang lari
  • Terjatuh dari tangga dengan sangat keras
  • Mencoba untuk melompati pembatas jalan
  • Melompat pada ketinggian suatu lokasi, atau mungkin dengan ketinggian sedang
  • Terperosok ke dalam suatu lubang
  • Terpeleset pada saat menaiki atau menuruni tangga suatu tempat

Ciri Ciri Cedera Ligamen Lutut memang harus diketahui agar tidak berkepanjangan terjadinya kondisi ini. Dengan mengenali tanda/ ciri-ciri terlebih dahulu maka anda bisa segera mengambil langkah tepat sebagai suatu penanganan, melakukan terapi cedera ligamen lutut ini misalnya. Harus Anda ketahui bahwa cedera ligamen lutut mampu membuat orang yang mengalaminya bisa merasakan nyeri secara mendadak dan gejala tidak menyenangkan lainnya. Biasanya, ketika seseorang telah positif mengalami cedera ini bisa melakukan banyak hal sebagai penanganan. Diantara beberapa langkah yang bisa di lakukan yakni sebagai berikut:

  • Melakukan MRI dan X-Ray

Tujuan melakukan ini adalah untuk mendeteksi keparahan cedera. Di beberapa kasus dokter mungkin akan menggunakan jarum untuk media penyedotan dan mengeringkan darah dalam lutut yang sedang mengalami cedera.

Sponsors Link

  • Kompres

Mengompres lutut dengan menggunakan kain untuk meredakan bengkak. Langkah ini bisa juga dengan menggunakan es batu. Caranya adalah menempatkan kompres selama 20 menit dalam setiap empat jam sekali.

  • Istirahat Cukup

Jangan mengabaikan waktu luang Anda, bergegaslah membaringkan tubuh dan biarkan lutut beristirahat. Lutut membutuhkan istirahat dari beban-beban yang setiap hari di topang. Ketika berbaring, naikkan lutut di atas bantal. Bila perlu anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri untuk menghilangkan rasa sakit pada lutut. Namun jika rasa nyeri ini berlebihan, segera ikuti cara mengobati nyeri sendi lutut ini.

  • Pelindung Lutut

Cara lain yang bisa di lakukan adalah dengan menggunakan pelindung lutut agar tidak terjadi cedera berkelanjutan.

Nah, itulah tentang beberapa hal yang bisa di lakukan apabila mengalami cedera ligamen lutut serta penyebabnya. Selanjutnya anda juga harus tau bagaimana ciri ciri cedera Ligamen Lutut ketika sudah menghampiri tubuh. Berikut daftarnya:

ads
  1. Pembengkakan

Ciri atau tanda yang dominan terlihat adalah timbulnya bengkak. Keadaan ini jelas terlihat pada organ yang terserang. Karena hal ini tentang cedera ligamen lutut, maka terjadinya pembengkakan juga pada bagian lututnya. Jika di perhatikan akan lebih besar dari biasanya, dan jika di raba seperti benjol. Jika mengetahui hal ini, segera lakukan cara mengobati tulang bengkak ini supaya kejadiannya tidak semakin parah.

  1. Kelonggaran Sendi

Seseorang akan merasakan kelonggaran pada bagian sendi. Apabila anda merasakan hal ini sebaiknya benar-benar waspada, bila perlu konsultasikan semua pada dokter agar mendapatkan pengarahan yang terbaik dari pihak medis.

  1. Nyeri

Ciri yang ketiga yakni timbulnya rasa nyeri pada bagian lutut. Sering sekali orang mengalami rasa nyeri pada lutut. Langkah pertama ketika mendadak timbul nyeri jangan sesekali memaksakan untuk berjalan, tetapi berikan lutut beristirahat sejenak. Berikan pijatan perlahan untuk meringankan rasa nyeri tersebut sampai sedikit reda. Nyeri ini bisa terjadi kapan saja dan setiap saat, jika kondisi lutut anda benar-benar mengalami cedera. Ingin tau kenapa kejadian ini bisa terjadi pada diri Anda? Untuk itu silahkan simak mengapa tulang terasa sakit dan ngilu berikut.

  1. Timbul Suara

Cedera ligamen lutut menandakan dengan timbulnya suara “krek” yang cukup keras. Apabila anda mendengar suara ini pada lutut, sebaiknya periksa ke dokter.

  1. Ketidakmampuan Bekerja Maksimal

Seseorang yang tiba-tiba merasa keberatan saat melakukan aktivitas seperti tidak kuat membawa beban berat dan lutut merasa nyut-nyutan perlu di pertanyakan. Tidak menutup kemungkinan semua itu bisa jadi anda sedang mengalami cedera ligamen lutut. Apalagi ketidakmampuan lutut untuk di ajak bekerja tidak seperti biasanya.

  1. Demam

Ciri ciri cedera Ligamen Lutut berikutnya yakni Demam. Kejadian ini menjadi gejala umum ketika keadaan tubuh tidak stabil. Begitu juga dengan cedera lutut, meski kedengarannya sepele tetapi penderita tetap akan mengalami demam. Tubuh mendadak meriang, kadang menggigil, terasa tidak enak di semua anggota tubuh.

  1. Gerakan Lutut Terbatas

Ciri yang ketujuh dari cedera ligamen lutut menunjukkan tanda-tanda keterbatasan gerak lutut. Keadaan ini dirasakan penderita atau seseorang yang tiba-tiba merasa ganjal pada lututnya, seperti kesulitan gerak lincah seperti biasanya. Untuk ciri yang satu ini Anda juga harus lebih jeli karena bisa saja gerakan yang terbatas ini merupakan tanda-tanda penyakit tumor tulang lutut.

Terjadinya cedera ligamen lutut secara tiba-tiba atau disebut akut dapat berkembang menjadi cedera ligamen lutut kronis. Cedera ligamen lutut yang sudah masuk tahap kronis dikenal dengan istilah defisiensi ligamen lutut anterior kronis. Keadaan ini bisa di rasakan apabila ligamen anterior makin sulit untuk mengontrol gerakan lutut.

Kondisi ini juga mengakibatkan tulang-tulang kering dan juga tulang paha lebih rentan bergeser sehingga lutut menjadi lebih tidak stabil lagi, jika memang kejadian ini terjadi pada Anda sebaiknya segera terapkan cara menyembuhkan tulang geser paling ampuh berikut supaya bisa digerakkan secara normal kembali. Cedera ligamen lutut yang telah kronis menyebabkan kerusakan tulang rawan yang berfungsi dalam menyusun persendian lutut untuk kemudian meningkatkan risiko terjadinya osteoartritis dini.

Artinya, semakin lama anda menahan cedera ini maka bukan tidak mungkin lagi menumbuhkan kondisi buruk lainnya. Oleh sebab itu ketika menemukan tanda-tanda yang janggal sebaiknya langsung lakukan konsultasi pada dokter. Selain itu lakukan pola hidup lebih sehat dan berhati-hati. Terjadinya cedera ligamen lutut karena salah satu faktornya adalah olahraga dan latihan fisik lainnya. Untuk itu sebaiknya berhati-hatilah dalam melakukan aktivitas fisik apapun. Lakukan olahraga kecil yang tidak terlalu menitikberatkan beban pada lutut.

Sponsors Link

Kuatkan lutut anda dengan melakukan tiga langkah berikut sebagai suatu terapi:

  • Menaikkan Kaki Lurus

Apabila lutut berada dalam kondisi tidak baik, mulailah melakukan latihan otot secara sederhana untuk otot paha depan.  Latihan ini mampu mengurangi ketegangan yang terjadi pada lutut. Caranya adalah dengan membaringkan tubuh secara telentang di lantai atau permukaan datar lainnya. Lalu tekuk satu lutut dan tempatkan telapak kaki lurus di lantai. Perlahan angkat kaki yang tidak menekuk tadi, dan jaga agar posisi tetap lurus. Lakukan metode gerakan ini pada kaki yang berlawanan. Jangan lupa untuk mengulangi 10-15 kali untuk 3 set.

  • Hamstring

Melakukan hamstring merupakan salah satu teknik paling bagus dalam cara menguatkan lutut lemas. Hamstring merupakan otot belakang paha. Cara melakukannya yakni berbaring di atas lantai dengan posisi tubuh menelungkup. Angkat kaki secara perlahan dan bawa tumit kedekat bokong sesuai kemampuan.

  • Berjinjit

Langkah ini dimulai dengan posisi tubuh berdiri dengan kedua kaki menopang beban tubuh, lalu menghadap bagian belakang kursi. Berpeganganlah pada kursi untuk menjaga keseimbangan. Angkat kaki anda yang tidak mengalami cedera agar beban tubuh ditopang oleh kaki yang cedera. Jinjitkan kaki yang cedera setinggi mungkin dan sekuat tenaga anda lalu ulangi 10 kali.

Inilah ciri ciri cedera Ligamen Lutut yang perlu anda kenali lebih dini supaya bisa melakukan penanganan penyakit lebih awal agar keadaan tidak semakin parah sehingga membuat tubuh kurang leluasa untuk digerakkan.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Thursday 17th, May 2018 / 10:29 Oleh :