Sponsors Link

9 Gejala Kista Tulang yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Sekarang ini telah banyak penyebaran penyakit baru dan cukup ganas apabila di bandingkan pada masa sebelumnya. Mungkin semua itu akibat pengaruh dari gaya hidup seseorang. Salah satunya adalah penyakit Kista Tulang yang harus segera di tangani. Kista tulang merupakan kondisi dimana terjadinya benjolan “kantung yang berisi cairan” pada tulang. Dalam kata lain, kista tulang dapat juga disebut sebagai tumor jinak yang muncul pada tulang, yang biasanya pada tulang panjang, tulang kepala, kaki serta organ tubuh lainnya. Oleh karena tidak mudah bagi penderitanya, anda harus mengetahui Gejala Kista Tulang tersebut.

ads

Penyakit kista tulang sebenarnya jarang ditemukan di Indonesia. Kendati demikian, bukan berarti bahwa tak ada penderita penyakit Kista di Indonesia. Mempelajari mengenai gejala dari penyakit ini sangat diperlukan untuk mengetahuinya sejak dini. Dengan mendeteksi dini gejala penyakit, tentunya kita dapat melakukan tindakan lebih cepat pula sebelum akhirnya terjadi penyakit yang lebih parah lagi.

Kista adalah penyakit yang dapat tumbuh dan berkembang. Penyakit ini jika dibiarkan dan tidak segera dilakukan penanganan akan dapat membesar dan memanjang. Jika terjadi demikian maka hal tersebut akan menekan jaringan saraf pada tulang belakang. Penekanan saraf di tulang dapat menimbulkan gejala seperti rasa kebas atau mati rasa, lemas atau bahkan dapat menyebabkan kelumpuhan baik ringan maupun permanen. Tak hanya itu, rasa peka terhadap suhu, terutama pada bagian tangan pun juga turut terganggu. Namun, untuk hal ini cukup berbeda dengan kejadian mengapa tulang terasa dingin yang dapat menyebabkan penyakit tulang biasa hingga kronis dan perlu Anda ketahui secara jelas.

Gejala Kista Tulang umumnya bersifat lambat, yaitu baru menunjukkan gejala ketika berusia 20 hingga 30 tahunan. Penderita Kista tulang awalnya akan mengalami nyeri baik tingkat ringan maupun intermiten. Area yang terserang akan tampak terlihat bengkak dan cenderung mengalami peningkatan hingga lesi diobati. Bila lesi berada di kolom vertebral, maka akan dapat mengakibatkan tanda serta gejala kompresi sumsum tulang belakang, seperti disfungsi usus maupun kandung kemih. Berikut ciri-cirinya:

  • Mirip seperti hemoragik yang mana terdiri atas kombinasi jaringan serta gumpalan darah yang lunak
  • Berwarna coklat yang disebabkan oleh munculnya deposisi hemosiderin
  • Terdapat lapisan cangkang yang mirip tulang periosteal pada pinggiran lesi
  • Munculnya ruang kavernosa yang diisi dengan dara pada penampakan mikroskopis
  • Pada dinding ruang menganduk sel-sel raksasa multinuklear, sel-sel fibroblastik serta serpihan tulang.

Adapun gejala yang dapat dilihat dari seorang penderita kista tulang yaitu :

  1. Otot yang Lemah

Keadaan otot yang mulai kendur alias tidak kencang dan semakin lemah hari demi hari. Agar kejadian ini tidak menimpa Anda, maka terapkan pencegahan distrofi otot berikut mulai dari sekarang.

  1. Ukuran Otot (atrofi) yang Menyusut

Ketika mengalami Kista tulang, maka otot di dalam tubuh penderita akan mengalami penyusutan secara perlahan.

  1. Refleks yang Kian Menurun

Reflek seseorang yang semakin menurun, alias reflek cenderung lebih lambat jika dibandingkan dengan dalam keadaan di saat normal. Perlu diketahui juga bahwa penurunan reflek tubuh ini tidak hanya bisa menjadi gejala kista tulang saja, melainkan juga bisa menjadi penyebab tulang ngilu.

  1. Sensitivitas Rasa Sakit dan Suhu Menurun

Jika tubuh sudah terserang penyakit kista tulang, maka tingkat sensitivitas rasa sakit dan keadaan suhu penderita akan terus mengalami penurunan sebelum melakukan pengobatan.

Sponsors Link

  1. Bahu, Tangan, Punggung dan Kaki Terasa Kaku

Timbul rasa kaku yang tidak di tandai hanya pada satu titik saja. Akan tetapi kaku terjadi pada bahu, tangan, punggung, dan kaki secara bergantian. Kalau rasa kaku ini terjadi pada tangan Anda, ketahui segala macam mengenai penyebab hingga penanganan tangan kaku dan tidak bisa digerakkan berikut.

  1. Rasa Nyeri di Leher, Tangan dan Punggung

Pada umumnya penderita Kista akan merasakan seperti ada ganjalan, lalu timbul rasa nyeri yang cukup mengganggu pada bagian leher, tangan atau mungkin bisa menyerang punggung juga.

  1. Skoliosis

Kalau kista tulang dibiarkan berlarut larut, maka bisa terjadi pembengkokan pada tulang belakang atau biasa dikenal dengan skoliosis. Untuk mengatasinya, Anda bisa simak cara pengobatan skolisis dan jangan mengkonsumsi pantangan makanan untuk penderita skoliosis ini terlebih dahulu hingga keadaan benar-benar pulih.

  1. Terjadi Gangguan Fungsi Pencernaan

Para penderita kista tulang ini akan mengalami tidak stabil-nya fungsi pencernaan dan secara perlahan juga akan mulai mengalami penurunan. Jika sudah terjadi gejala satu ini, Anda juga harus berhati-hati sebab adanya gangguan fungsi pencernaan juga termasuk ke dalam salah satu penyebab terjadinya osteomalasia.

Sponsors Link

  1. Nyeri atau Mati Rasa Pada Bagian Wajah

Wajah terasa berbeda dari keadaan biasanya. Gejala Kista Tulang ini membuat keadaan wajah menjadi mati rasa.

Penyebab dari kista tulang ini belum dapat diketahui persis bagaimana dan mengapa bisa terjadi. Namun jika seseorang pernah mengalami cedera pada tulang, misalkan jatuh saat berolahraga ataupun terjadi benturan ketika kecelakaan, maka ada baiknya untuk waspada terhadap Gejala Kista Tulang di atas. Gejala tersebut mungkin tidak dirasakan secara langsung. Biasanya gejala-gejala tersebut baru muncul setelah beberapa bulan hingga tahun paska terjadinya cidera.

Adapun penyebab lain dari Kista tulang yaitu dapat disebabkan berbagai kondisi seperti tumor sumsum tulang belakang, meningitis, Arachoiditis serta kelainan genetik. (Baca Juga: Gejala Tumor Tulang Belakang)

Untuk mengurangi efek gejala dari tulang Kista dapat dilakukan hal-hal seperti menghindari segala aktivitas fisik yang dapat memper parah gejala atau dengan melakukan terapi fisik dengan ahlinya untuk mengatasi permasalahan saraf yang terjadi.

Seseorang yang menderita Gejala Kista Tulang tentunya harus waspada dan segera melakukan konsultasi ke dokter. Dengan melakukan konsultasi ke dokter tentunya akan dapat di deteksi seberapa parah pertumbuhan dan perkembangan Kista Tulang tersebut. Pertumbuhan dan perkembangan kista tulang yang bertambah buruh sehingga mengganggu kegiatan sehari-hari, biasanya akan disarankan untuk melakukan tindakan operasi.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Thursday 14th, June 2018 / 22:13 Oleh :