Sponsors Link

5 Faktor Penyebab Atrofi Otot yang Harus Diketahui Mulai Sekarang

Sponsors Link

Kesehatan adalah kunci hidup lebih bahagia, karena mempunyai tubuh atau jasmani yang sehat sangat di perhitungkan alias mahal harganya. Akan tetapi tidak semua orang 100% mempunyai tubuh yang sehat sepenuhnya. Antibodi setiap orang sangatlah berbeda, sehingga tiap-tiap orang tidak mempunyai masa atau riwayat kesehatan yang sama. Sedikit atau banyak, kondisi fisik seseorang tetap akan mengalami penurunan.

ads

Dari banyaknya kondisi yang menyerang setiap tubuh, salah satunya adalah atrofi. Segala macam penyakit, tentu saja pasti ada penyebabnya. Sama seperti atrofi yang terjadi karena beberapa hal dan perlu Anda ketahui mulai dari sekarang agar bisa menghindarinya sehingga tubuh akan tetap sehat dan kuat. Sebelum mengenal apa saja Penyebab Atrofi Otot, berikut ini adalah uraian tentang atrofi itu sendiri.

Atrofi otot merupakan suatu kondisi dimana proses fisiologis umum mengalami reabsorpsi serta kerusakan jaringan yang melibatkan apoptosis. Penyakit atrofi otot ditandai dengan hilangnya kemampuan sel-sel saraf yaitu sel saraf motorik dan sel interior di mana berbagai macam saraf motorik berperan penting dalam semua gerakan. Penderita penyakit ini mengalami penurunan kemampuan dalam mengangkat beban serta mengalami keterbatasan ruang dalam bergerak. Namun penderita juga harus teliti juga sebab nyeri sendi bahu kiri dan kanan juga bisa menyebabkan keterbatasan gerak manusia, dan penyakit ini juga lebih mudah untuk di obati.

Mengenali penyakit ini dapat di lihat melalui tampilan otot. Misalnya dia salah satu dari otot lengan tampak lebih kecil dibandingkan sisi lainnya dan kejadian tersebut dapat dilihat secara signifikan. Untuk memulihkan kondisi ini tergantung seberapa parah kondisi ini beserta penyebabnya. Oleh karena itu, sebelum melakukan penanganan terhadap penyakit ini ada baiknya untuk mengetahui penyebabnya.

Berikut ini adalah Penyebab Atrofi Otot yang patut untuk diketahui:

  1. Faktor Kurang Gerak

Kondisi ini biasanya terjadi akibat tubuh yang kurang gerakan. Misalnya duduk atau mungkin terlalu lama berbaring. Hal ini dikarenakan tubuh yang tidak bergerak atau kurang bergerak akan cukup berpengaruh terhadap elastisitas otot. Seseorang yang memiliki aktivitas yang rendah akan mengalami penurunan kepekaan saraf motorik serta kekuatan otot yang semakin menghilang.

Kondisi ini akan menyebabkan otot mengalami kekakuan tegang di mana berdampak pada tubuh yang sulit untuk digerakkan secara normal. Tak hanya dialami oleh orang dengan usia tua, kondisi ini juga bisa dialami oleh usia muda. Jika sudah begini, Anda dapat mengatasinya dengan melakukan cara menguatkan lutut lemas dan cara menguatkan tulang kering sebab bagian kaki adalah bagian tubuh yang harus dijaga ketahanannya agar bisa bergerak aktif kemana saja.

  1. Faktor Usia

Orang-orang yang berusia lanjut cenderung mengalami otot-otot tubuh yang khususnya atrofi otot tulang belakang. Kondisi ini merupakan proses ilmiah yang menyerang siapapun baik pria maupun wanita pada usia senja. Tidak sedikit, mungkin hal ini sering anda kenali jika makin meningkatnya usia seseorang makin cenderung bagi mereka terserang penyakit seperti otot, syaraf, sendi serta penyakit jaringan lainnya.

  1. Faktor Keturunan

Penderita atrofi otot tulang biasanya disebabkan oleh penyakit keturunan yang akan muncul pada usia 2 hingga 17 tahun. Pada kenyataannya, faktor keturunan adalah faktor paling umum yang melatarbelakangi suatu penyakit. Dengan kata lain, gen memengaruhi dengan cepat terjadinya suatu penyakit termasuk kelainan pada tulang dan macam-macam penyakit tulang. Penyakit ini bagian kaki namun secara perlahan rasa nyeri tersebut akan meluas hingga ke bagian lengan.

Sponsors Link

  1. Faktor Neuroganik

Atrofi  juga dapat disebabkan oleh terjadinya cedera ataupun penyakit yang terjadi pada otot maupun saraf-saraf yang memiliki hubungan secara langsung dengan otot. Atrofi neurogenik ini cenderung lebih cepat terjadi daripada faktor-faktor penyebab lainnya seperti otot yang lama tidak digunakan. Hal ini dikarenakan sifatnya yang cenderung tiba-tiba. (Baca Juga: Sakit Tulang Belakang dan Gangguan Kencing)

Atrofi otot yang terjadi akibat menderita suatu penyakit dapat menyebabkan si penderita mengalami masalah serius jika tidak segera mendapatkan penanganan. Biasanya penderita akan mengalami penurunan kualitas hidup. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk melatih otot-otot tersebut serta membantu pemulihan fungsi-fungsi otot yang disebabkan oleh atrofi.

Adapun penyakit yang dapat menyebabkan atrofi adalah

  • Poliomielitis atau yang lebih dikenal dengan penyakit polio, adalah penyakit menular yang disebabkan oleh serangan virus polio yang mana diawali dengan melemahnya otot tubuh. Jika dibiarkan begitu saja dapat mengalami si penderita dapat mengalami kelumpuhan. Kelumpuhan biasanya terjadi pada bagian kaki yang kemudian meluas hingga area kepala dan mencapai diafragma. Persentase penyakit ini menyerang anak-anak sebanyak 5% sedangkan untuk orang dewasa mencapai 15%. Sedangkan untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan metode pengobatan penyakit polio berikut.
  • Rheumatoid arthritis, merupakan salah satu dari beberapa penyakit rematik yang mana adalah penyakit autoimun sistemik yang dapat menyebabkan peradangan pada sendi. Dan kalau sudah begini, segera lakukan terapi rheumatoid arthritis untuk menanganinya.
Sponsors Link

  • Guillain-Barre Syndrome (GBS), merupakan sindrom dimana kekebalan tubuh menyerang jaringan saraf pada bagian tepi.
  • Adanya luka di bagian otak
  • Cedera saraf tulang belakang
  • Sindrom carpal tunnel
  • Stroke
  1. Faktor Lainnya
  • Kekurangan nutrisi
  • Konsumsi alkohol
  • Luka bakar
  • Penggunaan kortikosteroid jangka lama
  • Stroke

Demikian Penyebab Atrofi Otot yang dapat mengganggu aktivitas karena keterbatasan ruang gerak. Penderita penyakit ini haruslah segera dilakukan penanganan, yaitu dengan melakukan konsultasi secara dini untuk mendeteksi penyebab serta seberapa parah kondisi tersebut, dan saran bagaimana cara pengobatannya.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Sunday 08th, July 2018 / 08:27 Oleh :