Sponsors Link

Penyakit Spondylolisthesis: Penyebab, Bahaya dan Penanganannya

Sponsors Link

Spondylolisthesis merupakan sebuah gangguan atau kelainan pada tulang, di mana terdapat satu atau beberapa ruas tulang belakang mengalami pergeseran dari posisi normal. Pergeseran ruas tulang belakang ini bisa ke arah depan menutupi tulang di bawahnya maupun di atasnya. Pada umumnya, penyakit spondylolisthesisini terjadi pada ruas tulang belakang area bawah dan terjadi secara bersamaan di dua atau tiga tingkat. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan kondisi ini menyerang ruas tulang belakang di  area leher atau lainnya. Untuk mengetahui kondisi spondylolisthesis ini lebih lanjut, artikel ini akan membahas mengenai penyebab, bahaya beserta penanganan spondylolisthesis.

ads

Penyebab spondylolisthesis

Terdapat lima jenis penyakit spondylolisthesisberdasarkan faktor penyebabnya, seperti berikut ini:

  • Spondylolisthesisisthmic:disebabkan karena cedera berulang yang mana juga merupakan penyebab umun dari macam macam penyakit tulang Cedera secara langsung akan mengakibatkan pergeseran pada ruas tulang belakang.
  • Spondylolisthesis degeneratif: disebabkan karena usia yang tidak dipungkiri lagi bisa menyebabkan keausan pada tulang belakang, sehingga akan menghilangkan keelastisan dan menurunkan kekuatan tulang belakang.
  • Spondylolisthesis bawaan:disebabkan karena faktor bawaan sejak dilahirkan, di mana ruas tulang belakang memang sudah mengalami kelainan pergeseran sejak bayi dilahirkan.
  • Spondylolisthesis patologis: disebabkan karena adanya massa tumor tulang belakang yang akan mengakibatkan struktur tulangnya terdesak, sehingga tulang belakang berkurang kemampuannya untuk mempertahankan keseimbangan posisi ruas-ruasnya.
  • Spondylolisthesis traumatik: disebabkan karena adanya keretakan pada tulang belakang, sehingga salah satu atau beberapa ruasnya mengalami pergeseran ke depan.

Bahaya spondylolisthesis

Berikut ini adalah beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan jika seseorang mengalami penyakit spondylolisthesis, yaitu:

  • Punggung tidak bisa ditegakkan atau dibungkukkan secara leluasa, karena bisa mengalami penurunan fleksibilitas tulang punggung.
  • Menghambat segala aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan karena kaki dan punggung akan sakit jika tubuh digerakkan, sehingga menjadi tidak produktif.
  • Tidak hanya penjadi penyebab tulang belakang sakit, mengalami spondylolisthesis juga bisa menyebabkan kaki sakit untuk berdiri atau berjalan.

Penanganan spondylolisthesis

Untuk menangani penyakit spondylolisthesisini, tidak cukup dengan menggunakan cara mengobati sakit tulang belakang. Hal ini disebabkan penyakit ini harus ditangani secara medis dan pengawasan dokter, dengan metode non bedah dan metode pembedahan. Berikut ini adalah beberapa penanganan yang biasanya dilakukan:

  • Injeksi kortikosteroid:yang diberikan di area syaraf yang mengalami penekanan dan pada daerah kanal syaraf tulang belakang, di mana injeksi berfungsi untuk meredakan rasa nyeri, mati rasa dan juga kesemutan di daerah tungkai kaki yang dialami oleh pasien.
  • Fisioterapi: yang juga menjadi salah satu metode penanganan pada penyakit tulang belakang, dengan melakukan latihan sederhana dan gerakan untuk peregangan yang bermaksud untuk meningkatkan kelenturan tulang punggung area bawah hingga otot paha bagian belakang.
  • Menyarankan pasien istirahat: maksudnya adalah pasien harus menghindari aktivitas fisik yang memerlukan gerakan seperti mengangkat, membungkuk atau aktivitas lain yang membutuhkan kekuatan fisik
  • Obat-obatan: seperti pemberian obat-obatan yang bersifat anti inflamasi atau anti radang untuk mengatasi terjadinya peradangan atau jika terjadi pembengkakan tulang belakang.
  • Pembedahan: yang biasanya dilakukan untuk penderita spondylolisthesis yang sudah parah keadaannya seperti terjadi penekanan pada syaraf dan metode non bedah lainnya sudah tidak bisa efektif lagi.

Demikian ulasan mengenai penyebab, bahaya dan penanganan penyakit spondylolisthesis. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Tuesday 04th, December 2018 / 03:04 Oleh :