Sponsors Link

7 Penyebab Tulang Belakang Miring yang Wajib diKetahui

Sponsors Link

Penyebab tulang miring atau tulang punggung bengkok terkadang sulit kita ketahui dari awal, hal ini kadang membuat kita bingung. Sebenarnya, tulang miring bisa disebabkan oleh beberapa penyakit kelainan tulang. Namun ada satu penyakit kelainan tulang yang selalu beresiko menyebabkan tulang miring. Penyakit ini disebut dengan nama Skoliosis. Lalu apa itu skoliosis?

ads

Skoliosis adalah suatu kondisi dimana tulang belakang yang semestinya pada titik garis lurus kemudian mengalami kemiringan pada salah satu sisi. Skoliosis bisa saja diderita oleh anak-anak sampai dengan orang dewasa. Beberapa penyebab tulang belakang sakit yang menimbulkan penyakit ini adalah karena pola hidup yang salah. Selain tidak mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan tulang, juga karena perilaku dalam kehidupan sehari-hari diantaranya sebagai berikut :

  • Membawa tas atau beban yang terlalu berat hanya pada satu sisi saja, misal nya kanan atau kiri.
  • Kebiasaan berdiri yang salah, misalnya berdiri tidak tegap.
  • Mengantongi dompet yang terlalu tebal pada salah satu kantong belakang celana. Ini mengakibatkan beban berat tubuh tidak terdistribusi secara merata.
  • Pola duduk santai yang tidak tegak. Hal ini mengakibatkan penyebab tulang belakang miring mengikuti bentuk sandaran kursi.

Apa itu Scoliosis?

Secara spesifik skoliosis atau penyakit tulang belakang miring bisa dikategorikan dalam beberapa hal. Ini akan kita jelaskan dalam beberapa uraian berikut ini :

  1. Kondisi dimana tulang belakang mengalami bengkok atau miring. Hal ini bisa kalian lihat kondisi tulang belakang miring dari depan atau belakang. Hal ini disebut dengan istilah Profil Koronal.
  2. Sebuah pembengkokan sering terjadi pada tulang belakang. Hal ini menyebabkan vertebrata terperlintir sehingga tidak dalam keadaan lurus sejajar. Proses tulang belakang miring dan terpelintir ini hampir terjadi dalam waktu yang bersamaan.
  3. Pada saat kurva penyebab tulang belakang miring normal menghilang.

Beberapa hal di atas adalah kondisi dimana tulang belakang miring bisa dijelaskan secara ilmu kedokteran. Pada penjelasan di bawah ini akan mengulas beberapa penyebab tulang belakang miring atau skoliosis bisa terjadi. Langsung saja mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Skoliosis

Nah, hal di atas adalah beberapa kegiatan yang sering kita lakukan sehari-hari. Tanpa sadar kita sebenarnya telah membantu sebuah penyakit merasuki kesehatan kita. Jika kita sudah terserang dan tidak sadar akan penyakit tulang belakang miring, maka sebuah kegiatan olahraga pun akan berakibat fatal terhadap kesehatan kita. Memang sejatinya olahraga itu baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun jika kita sudah terkena penyakit tulang belakang miring, maka sebaiknya hindari kegiatan olahraga yang terlalu berat. Kalian yang menderita penyakit tulang belakang miring ini bisa melakukan olahraga renang.

Olahraga renang tidak akan memberikan beban yang terlalu besar pada tulang belakang kalian. Hal ini tentunya akan membantu kesehatan kalian tetap prima dan tidak menambah resiko penyakit tulang belakang yang lebih parah. Beberapa hal di atas adalah penyebab umum dari penyakit skoliosis yang kalian mungkin alami. Lalu apa sih sebenarnya skoliosis menurut ilmu kedokteran? Dan apa saja yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit tulang belakang miring ini? Mari kita simak penjelasannya pada artikel di bawah ini:

1. Ketegangan Saraf

Ini adalah kondisi dimana sumsum tulang belakang menjadi ketat, tidak elastis atau terhambat. Meninges atau sering disebut ekor syaraf akan menciptakan sebuah dorongan yang menyebabkan tulang belakang menjadi miring atau bengkok. Ketegangan syaraf ini adalah penyebab paling umum dari penyakit tulang belakang miring atau skoliosis. Beberapa contohnya adalah tumor atau kista, anomali intraspinal, dan juga pertumbuhan sumsum tulang belakang yang tidak sejalan dengan pertumbuhan tulang belakang.

2. Struktural atau Biomekanik

Sponsors Link

Ini adalah sebuah kondisi dimana kelainan pada tulang sejak lahir yang dapat menyebabkan pembentukan tulang belakang miring. Sebagai contohnya adalah struktur tulang kaki yang pendek sebelah. Hal ini tentunya seiring berjalannya waktu akan menyebabkan pengaruh yang besar terhadap tulang belakang. Bisa dikatakan juga sebuah kondisi dimana salah satu kaki tumbuh sedikit lebih panjang dari pada kaki lainnya. Kondisi yang seperti ini biasanya hanya menyebabkan sebuah penyakit tulang belakang yang ringan saja.

3. Patologi Neuromuscular

Kondisi seperti bisanya termasuk seperti cerebral palsy, poliomyelitis, distrofi otot, chiari berat, syringomyelia dan juga defisit neurologis fungsional. Namun tidak hanya terbatas pada beberapa hal tersebut saja. Ini bisa juga dikatakan sebuah gangguan pada otak atau syaraf yang terhubung langsung kepada jaringan otot. Kondisi syaraf atau otak tersebut berjalan tidak normal. Contohnya dalam kasus cerebral palsy yaitu kondisi dimana kurangnya kontrol sistem syaraf pusat pada otak dan masih banyak contoh yang lainnya.

Oleh sebab itu, untuk menghindarkan keluarga kalian dari penyakit tulang miring yang satu ini ada baiknya untuk mengatur pola hidup. Mengatur pola hidup bisa saja termasuk dalam semua kegiatan sehari-hari dan juga pola makan yang sehat. Dalam mengatur pola makan, kalian bisa mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung kalsiumPosisi tidur yang baik untuk penderita skoliosis juga penting untuk diterapkan agar penderita menjadi lekas sembuh. Olahraga teratur juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh agar selalu terhindar dari berbagai macam penyakit khususnya tulang belakang miring. Namun jika kalian telah menderita penyakit ini ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui cara pengobatan skoliosis.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 17th, January 2018 / 03:29 Oleh :
Kategori : Skoliosis