Sponsors Link

Kenapa Ruas Tulang Kelangkang Sakit? Apa Bahayanya?

Sponsors Link

Pernahkah anda merasakan sakit dan nyeri pada bagian tulang kelangkang atau dekat area punggung? Tulang kelangkang ( Vertebra sakrum) merupakan bagian dari tulang belakang yang terdiri dari lima ruas yang terletak dibawah ruas tulang pinggang ( Vertebra lumbal ) dan berada di atas ruas tulang ekor (Koksigis). Nah jika anda mengalami ruas tulang belakang sakit saat menjalani kegiatan sehari-hari mungkin bisa disebabkan oleh postur tubuh anda selama bekerja yang kurang baik atau bisa jadi pertanda dari penyakit lain.

ads

Penyebab Ruas Tulang Kelangkang Sakit

Berbagai penyebab bisa menjadi pemicu ruas tulang kelangkang sakit bisa karena faktor kebiasaan atau karena adanya faktor kesehatan, yakni :

  • Karena sering mengangkat beban yang terlalu berat.
  • Duduk dalam jangka waktu yang lama dan permukaan tempat duduk yang keras.
  • Terlalu lama membungkuk dalam bekerja.
  • Adanya gangguan atau sesuatu yang tidak normal terjadi pada area dan struktur tulang belakang bawah.
  • Terjadinya peregangan otot yang berlebihan pada area tulang belakang dan sekitarnya.
  • Adanya tumor tulang atau infeksi pada organ-organ dan jaringan pada area tulang belakang bawah.
  • Akibat terjatuh yang mengenai daerah tulang belakang bawah.

Bahaya Ruas Tulang Kelangkang Sakit.

Ada beberapa kemungkinan bahaya yang bisa terjadi jika anda mengalami rasa sakit dan nyeri pada area tulang kelangkang ini. Oleh karena itu jika anda merasakan nyeri pada area pinggang dan sakit tulang belakang bawah perlu di waspadai yang mungkin saja anda mengalami beberapa kondisi berikut.

1. Penyempitan Tulang Belakang

Kebiasaan sehari-hari seperti bekerja dengan mengangkat beban yang berat bisa menyebabkan penyempitan pada tulang belakang yang juga akan menimbulkan rasa nyeri pada area tulang belakang. Bila anda terbiasa dengan mengangkat yang berat-berat dalam bekerja maka bisa jadi rasa sakit yang anda rasakan disebabkan oleh penyempitan tulang belakang ini. Dan untuk mengobatinya anda bisa mencoba terapi penyempitan tulang belakang.

2. Kelainan bentuk tulang belakang

Faktor lain yang menyebabkan ruas tulang kelangkang sakit adalah terjadinya kelainan pada tulang belakang bawah yang juga berimbas pada tulang kelangkang yang akhirnya menimbulkan rasa nyeri. Kelainan bentuk tulang belakang ini bisa berupa skoliosis, kifosis atau lordosis.

3. Osteoporosis

Osteoporosis atau tulang keropos juga bisa memberikan gejala berupa rasa nyeri pada area tulang kelangkang ini. Hal ini disebabkan oleh terjadinya penurunan kepadatan tulang akibat kurangnya nutrisi dan kalsium yang di butuhkan tulang selama proses pertumbuhan tulang.

4. Skiatika

Rasanya nyeri akibat adanya iritasi pada area tulang belakang bawah, tulang ekor sakit, hingga menjalar ke kaki merupakan gejala dari Skiatika ini. Terjadi karena adanya saraf yang tertekan pada area tersebut yang membuat aktivitas anda menjadi tidak nyaman.

Sponsors Link

5. Infeksi Saluran Kemih

Terjadinya infeksi pada sistem dan organ-organ saluran kemih yang juga terletak pada area sekitar bokong juga bisa menimbulkan rasa nyeri pada tulang kelangkang. Untuk itu jika anda mengalami gejala dari infeksi saluran kemih bisa jadi rasa nyerinya berasal dari infeksi tersebut.

6. Mialgia

Mialgia atau dikenal juga dengan nyeri otot terjadi karena aktivitas berlebih sehingga juga terjadi peregangan otot yang berlebih yang mempengaruhi jaringan ikat di area tulang kelangkang sakit tersebut yang akhirnya menimbulkan rasa nyeri.

7. Kanker Tulang Belakang

Kanker merupakan penyakit yang paling berbahaya dan menakutkan yang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Dan penyakit ini memiliki banyak jenis dan salah satunya bisa menyerang bagian tulang belakang. Sebaiknya kenali ciri-ciri kanker tulang belakang.

Demikianlah penjelasan mengenai bahaya dan penyebab ruas tulang kelangkang sakit yang harus diketahui. Jika terasa gejala nyeri pada area tulang kelangkang segeralah obati dengan penanganan yang tepat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 05th, April 2018 / 08:59 Oleh :