Sponsors Link

Jari Tangan Sakit Dan Kesemutan – Bahaya Dan Penangannya

Sponsors Link

Tangan sakit dan kesemutan merupakan salah satu tanda kerusakan pada saraf, jaringan ikat, dan lain – lain yang harus diwaspadai dan mendapat penanganan yang tepat. Kesemutan yang terjadi pada tangan pada umumnya juga akan disertai dengan kesemutan pada kaki. Pada bagian tangan yang mengalami kesemutan pada umumnya terjadi karena banyak hal diantaranya karena gaya hidup yang tidak baik. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab jari tangan sakit, kesemutan, dan jari tangan skait kalau ditekuk. Penderita sebaiknya konsultasi dengan dokter yang bersangkutan sehingga dapat mengetahui penyebab dengan tepat. Jika menyepelekan hal ini akan beresiko pada komplikasi. Berikut adalah bahaya yang harus waspadai terjadi jika tangan sakit dan kesemutan.

ads

1. Kerusakan Saraf Tepi

Jika kita merasakan kesemutan yang berulang dan sering sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter. Hal ini dikhawatirkan adanya kerusakan pada bagian saraf tepi atau dikenal dengan nama neuropathy perifer. Pada gangguan ini disebabkan oleh berbagai macam penyakit yang akan berakibat pada gangguan dengan sifat yang sistemik. Hal tersebut yang berarti ada lebih dari satu kerusakan saraf atau bukan merupakankerusakan lokal. Kerusakan lokal berarti jari tangan sakit dan kesemutan hanya satu atau sebagian dari saraf yang terlibat dalam kondisi rusak. Kondisi yang akan menyebabkan pasien terkena peyakit sehingga mengalami penderitaan kesemutan juga dapat terjadi karena adanya kondisi komplikasi diantaranya tangan kaku dan tidak bisa digerakan.

2. Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang akan menyebabkan kencing manis. Hal ini terjadi akibat kandungan gula darah yang ada di dalam tubuh tinggi. Tubuh sudah tidak mampu untuk mengendalikan atau mengontrol kadar gula di dalam tubuh. Penurunan kemampuan tubuh untuk mengontrol hal tersebut dalam jangka yang panjang akan menyebabkan kerusakan pada bagian saraf perifer. Gejala yang akan dirasakan biasanya tidak hanya ditandai oleh kesemutan namun juga ada rasa baal serta ada rasa kaki dan tangan yang terasa dingin. Diabetes juga terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat dan konsumsi makanan yang mengandung gula berlebihan. Kekurangan berolahraga juga berperan dalam proses pengeluaran dan pemasukan nutrisi sebagai energi.

3. Gangguan Ginjal

Salah satu penyakit sistemik yang juga menyebabkan kesemutan adalah adanya gangguan ginjal. Gangguan ginjal ini terjadi karena adanya kerusakan fungsi ginjal yang berakibat pada tidak maksimalnya penyaringan nutrisi. Darah yang tidak maksimal disaring oleh ginjal akan mengandung berbagai macam nutrisi yang masih dibutuhkan oleh tubuh misalnya glukosa, protein, dan lain – lain.

4. Kerusakan Pembuluh Darah

Kerusakan pada pembuluh darah juga dapat menyebabkan tubuh mengalami mati rasa seperti kesemutan. Hal ini menyebabkan pembuluh tidak maksimal dalam jari tangan sakit dan kesemutan fungsi sebagai tempat pengaliran darah. Hal tersebut yang menjadi penyebab terasanya kesemutan.

5. Peradangan Kronis

Peradangan terjadi karena infeksi dari bakteri maupun virus. Hal ini terjadi karena adanya paparan dari mikroorganisme yang akan mengganggu fungsi dari sel dan jaringan. Inflamasi dengan tingkat yang lebih parah akan menyebabkan pembengkakan.

6. Kerusakan Hati

Sponsors Link

Kerusakan hati adalah kondisi dimana hati sudah mengalami penurunan fungsi untuk menjadi organ yang akan menetralkan racun di dalam tubuh. Saat hati sudah tidak mampu untuk melakukan perannya dengan baik maka yang akan terjadi adalah kondisi tubuh akan mudah terserang oleh penyakit. Banyak penumpukkan racun di tubuh yang sangat mengganggu tubuh dan akan menyebabkan tubuh menjadi tidak baik dalam melakukan metabolisme.

7. Ketidakseimbangan Hormon

Hormon yang seimbang juga dapat menjadi tanda munculnya gejala kesemutan. Hal ini biasa terjadi pada wanita, namun juga laki – laki memiliki peluang yang sama untuk timbulnya penyakit kesemutan

8. Kanker

Mati rasa juga dapat timbul sebagai gejala dari adanya pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Hal ini menyebabkan kanker yang akan menganggu peredaran darah dan pertumbuhan pada sel dan jaringan lain. Gaya hidup sehat sangat diperlukan untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Oleh sebab itu sebaiknya mengetahi juga gejala kanker tulang belakang. 

9. Tumor Jinak

ads

Tumor tulang adalah pertumbuhan sel yang juga tidak terkendali sehingga menyebabkan benjolan, namun pada tumor jinak tidak menganggu aktivitas pada tubuh sehingga tubuh tetap aman dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari – hari. Tumor jinak ini juga sebaiknya tidak disepelekan dan mendapat penanganan yang terbaik sehingga harus mengetahui penyebab tumor tulang.

Penanganan yang Baik Untuk Jari Tangan Kembali Pulih

Penanganan pada kesemutan dapat dilakukan dengan cara medis dan nonmedis. Hal inidapat dilakukan dengan terlebih dahulu mengubah gaya hidup yang tak sehat menjadi sehat. Berikut adalah beberapa cara penanganan yang dapat dilakukan oleh penderita kesemutan.

1. Konsumsi Vitamin B

Konsumsi makanan vitamin B akan membantu memperlancar proses metabolisme di dalam tubuh. Banyak makanan yang mengandung vitamin B diantaranya berupa kacang – kacangan dan berbagai sayuran. Kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah dan kacang lainnya sangat baik dikonsumsi oleh jari tangan sakit dan kesemutan yang juga merupakan makanan untuk penderita rematik.

2. Olahraga Teratur

Olahraga teratur akan membuat tubuh menjadi lebih kuat dan lebih terhindar dari berbagai macam penyakit. Tubuh yang senantiasa berolahraga juga memiliki metabolisme yang baik dalam pengeluaran racun melalui keringat.

3. Pemeriksaan Medis

Pemeriksaan medis lebih lanjut sangat dianjurkan jika kesemutan berlangsung secara terus menerus dan mulai mengganggu berbagai aktivitas. Berikut adalah beberapa pemeriksaan yang pada umumnya dilakukan pada pasien yang mengalami kesemutan.

  • Pemeriksaan fisik
  • Pemeriksaan  darah
  • Mendeteksi diabetes
  • Mendeteksi fungsi hati
  • Pemeriksaan cairan serebrospinal
  • Pemeriksaan elektromiogram (EMG)
  • Uji aktivitas listrik otot Kecepatan konduksi saraf (NCV)
  • Computed tomography (CT)
  • Magnetic Resonance Imaging (MRI)
  • Biopsi Saraf Biopsi

Itulah, beberapa ulasan tentang jari tangan sering mengalami sakit dan juga kesemutan yang biasa anda ketahui bagaimana bahaya penyebabnya dan ada juga beberapa penanganannya yang bisa anda coba.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 22nd, December 2017 / 08:10 Oleh :