Sponsors Link

Nyeri Sendi Setelah Terkena Campak: Penyebab dan Penanganannya

Sponsors Link

Campak adalah suatu kondisi dimana terdapat ruam merah di permukaan kulit. Penyakit campak terjadi akibat serangan virus campak yang sifatnya menular. Pada beberapa kasus campak selain menganggu kenyamanan penderitanya, juga dapat menyebabkan beberapa komplikasi lain seperti demam, mata panas memerah, mengalami gejala flu, ada bercak keputihan di dalam mulut bahkan mengalami ciri-ciri radang sendi. Terdapat beberapa kasus dimana muncul nyeri sendi setelah terkena campak maupun pada saat masih terkena campak.

ads

Nah, bagaimana bisa penyakit campak dapat menyebabkan nyeri pada persedian tulang? Munculnya rasa nyeri dan sakit pada persendian, tulang maupun pada otot memang dapat timbul ketika seseorang menderita penyakit akibat infeksi baik dari virus maupun bakteri. Kondisi seperti ini disebut dengan viral arthritis dan merupakan salah satu gejala umum saat seseorang mengalami suatu infeksi. Selain mengalami nyeri pada persendian, biasanya penderita juga akan merasakan tulang ngilu dan badan lemas. Namun rasa nyeri sendi setelah terkena campak yang dirasakan bisa semakin parah apabila terdapat kondisi lain yang ada pada penderiya, antara lain adalah:

  • Penderita memiliki riwayat penyakit atau cedera yang terkait dengan tulang persendian.
  • Struktur penunjang sendi seperti tendon atau ligamen mengalami cedera.
  • Syaraf pada daerah sendi yang sakit mengalami peradangan lokal.
  • Jaringan lunak di sekitar sendi mengalami peradangan.

Penanganan yang bisa dilakukan

Beberapa kondisi di atas dapat memperparah tulang terasa sakit dan ngilu ketika sakit campak. Kondisi nyeri sendi setelah terkena campak ini tidak membahayakan, karena biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu sekitar 2 minggu. Biasanya pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk mengurangi gejala nyeri sendi yang dirasakan oleh penderitanya. Berikut ini adalah beberapa penanganan yang bisa dilakukan untuk nyeri sendi akibat menderita campak.

  • Kompres hangat, dengan handuk hangat digunakan untuk meredakan rasa nyeri pada persendian tulang.
  • Kompres dingin, dengan handuk berisikan es batu untuk untuk jika muncul gejala radang sendi yaitu nyeri sendi dan ruam merah, sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan atau pembengkakan.
  • Melindungi sendi yang sakit, dengan cara membalut dengan kain yang lembut, jika nyeri terjadi pada bagian yang sering digunakan untuk bergerak atau beraktivitas.
  • Mengkonsumsi ramuan tradisional untuk nyeri sendi, secara teratur untuk mengurangi rasa ngilu, pegal dan nyeri sendi setelah terkena campak.
  • Mengangkat bagian nyeri, jika nyeri terjadi pada bagian tangan atau kaki selama beberapa kali dalam sehari sambil berbaring.
  • Mengurangi aktivitas, yang terlalu berat atau melelahkan untuk mengistirahatkan sendi yang nyeri.
  • Mengkonsumsi parasetamol dan NSAID (nonsteroidal anti-inflammatory drugs) contohnya ibuprofen, untuk meredakan nyeri pada persendian tulang yang sifatnya ringan.
  • Mengkonsumsi makanan yang menghasilkan pelumas sendi tulang, yang bisa mengurangi dampak nyeri sendi seperti kaku atau sakit ketika digunakan untuk bergerak.

Beberapa penanganan untuk nyeri sendi setelah terkena campak di atas dapat digunakan ketika nyeri masih bersifat ringan. Jika nyeri dan sakit pada persendian masih belum membaik dan terus berlanjut setelah melakukan penanganan di atas, segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini untuk menghindari jika terdapat komplikasi atau terjadi kelainan pada tulang lainnya yang bisa saja membahayakan. Demikian informasi yang diberikan menyenai penyebab nyeri persendian tulang yang timbul ketika terkena campak, beserta beberapa penanganan dan pengobatan yang dapat dilakukan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Saturday 18th, August 2018 / 04:03 Oleh :