Sponsors Link

7 Ciri Ciri Atrofi Otot yang Harus Anda Ketahui Mulai Sekarang

Sponsors Link

Untuk ciri ciri Atrofi Otot ini memang harus benar-benar diketahui sejak dini mengingat penyakit ini sendiri juga cukup buruk bagi tubuh. Keadaan seperti apapun memang sebaiknya di hindari, karena menjaga kesehatan itu lebih penting dari apapun. Sebelum menyebutkan tentang ciri ciri atau tanda dari atrofi otot, sepertinya untuk kesekian akan di bahas kembali mengenai atrofi otot itu sendiri.

ads

Atrofi otot adalah kondisi dimana terjadinya penurunan pada otot yang dikarenakan otot mengecil atau kehilangan kemampuan dalam berkontraksi. Ketika seseorang mengalami atrofi otot, maka pada beberapa bagian tubuhnya akan kesulitan dalam bergerak. Penyakit ini tergolong penyakit langka yang mana menyerang bagian fungsi dari otot manusia. Dalam penyakit ini biasanya penderitanya merupakan orang-orang yang berusia senja. Namun bukan tidak mungkin usia muda pun juga dapat terserang penyakit ini.

Munculnya atrofi otot biasanya terjadi karena kurang adanya gerak atau kurang latihan fisik. Selain itu penderita yang mengalami penyakit ini juga disebabkan oleh penurunan tingkat aktivitas serta kondisi medis. Oleh karena itulah mengenali ciri ciri Atrofi Otot adalah salah satu langkah yang baik untuk mendeteksi dini serta menghindari berbagai macam penyebab atrofi otot supaya kejadiannya tidak semakin parah. Bila telah mengetahui tanda-tanda dari penyakit ini, maka akan dapat ditentukan langkah selanjutnya untuk menangani penyakit tersebut.

Berikut ini adalah ciri ciri Atrofi Otot yang perlu untuk Anda ketahui:

  1. Terbatasnya Gerak

Penderita dari atrofi otot, biasanya akan mengalami masalah gerak. Bagian tubuh yang terkena atrofi otot akan mengalami kesulitan bergerak serta tidak mampunya dalam mengangkat benda, meskipun benda tersebut adalah benda uang tergolong ringan. Gerak yang terbatas tersebut biasanya diiringi dengan rasa nyeri yang disebabkan oleh oto yang kaku.

Hal ini biasa terjadi pada seseorang yang telah mengalami usia lanjut. Terbatasnya ruang gerak tersebut, bukan tidak mungkin dapat mengakibatkan kelumpuhan. Namun untuk tingkat kemungkinannya masih jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan penderita kerusakan sumsum tulang belakang.

  1. Otot Tampak Mengecil

Otot-otot pada tubuh yang terkena kerusakan atrofi biasanya tampak terlihat kecil, yang mana mengakibatkan tubuh terlihat tampak kurus sehingga gerak juga akan gontai alias lambat. Namun tidak semua orang yang mengalami kekurusan lantaran penyakit atrofi otot. Semua perlu di bicarakan dengan dokter.

  1. Otot yang Ringan

Seseorang yang menderita atrofi otot akan merasakan otot yang terasa ringan serta terasa berdenyut. Kejadian ini bisa terjadi dimana saja, termasuk betis. Akan tetapi jika Anda merasakan otot ketarik di bagian ini segera lakukan cara mengatasi otot betis ketarik berikut.

  1. Masalah Pada Leher

Leher penderita atrofi akan terasa kaku disertai rasa sakit yang kemudian terasa sangat sulit untuk digerakkan. Hal ini mungkin telah di rasakan oleh beberapa orang, sehingga perlu di waspadai jika terjadi keganjalan atau kaku pada leher. Namun jika kejadiannya terjadi pada leher bagian belakang, mungkin salah satu atau beberapa penyebab tulang leher belakang sakit ini telah Anda lakukan.

Sponsors Link

  1. Lemas

Otot yang melemah dapat mengakibatkan tubuh terasa sulit untuk digerakkan. Hal tersebut akan mengakibatkan tubuh mengalami peningkatan rasa lelah yang membuat tubuh terasa lemah atau lemas. Kondisi ini benar-benar memberi tanda bahwa stamina dan energi penderita telah habis lantaran atrofi otot tersebut.

  1. Pusing

Rasa pusing di kepala akan terjadi secara berulang-ulang serta akan disertai dengan rasa sakit seperti nyeri sendi bahu lengan salah satunya gejala yang ditimbulkan. Bila hal ini terjadi, maka penderita akan mengalami masalah tidur serta terhambatnya dalam melakukan aktivitas rutin. Sebaiknya jika Anda sudah mencapai tahap ini, segera melakukan konsultasi dengan dokter supaya mendapatkan solusi yang terbaik. Karena bagaimanapun seorang dokter lebih ahli tentang hal ini.

  1. Otot Kaku

Penderita atrofi otot akan mengalami kekakuan pada otot. Hal inilah yang justru dialami ketika sedang tidak melakukan aktivitas. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang-orang yang berusia produktif, yaitu pada usia sekitar 20 tahun keatas. Nah, jika Anda mengalami rasa kaku pada tangan segeralah melakukan cara melemaskan otot tangan yang kaku berikut, jangan biarkan kejadian ini lama-lama sebab masalah yang lebih buruk akan terjadi jika Anda mengabaikan kejadian sepele ini.

Sponsors Link

  1. Tubuh Membungkuk

Ciri lainnya dari atrofi otot yaitu terjadinya kelainan saraf motorik. Hal tersebut dapat dilihat dari perubahan yang terjadi pada bentuk punggung. Secara perlahan, punggung akan tampak melengkung dan membungkuk dengan diameter yang awalnya tidak terlalu dilihat. Bila dibiarkan kondisi ini akan mengakibatkan tulang belakang yang melengkung akan semakin jelas. Kalau sudah begini, sebaiknya lakukan penanganan dengan mengikuti cara meluruskan tulang punggung ini agar tubuh bisa digunakan aktivitas normal dengan bugar dan sehat.

  1. Sulit Mengunyah Serta Bernafas

Kemunduran yang disebabkan oleh penurunan kemampuan otot juga berpengaruh terhadap fungsi otot dalam mengunyah makanan. Seseorang yang menderita atrofi, akan mengalami kesulitan dalam mengunyah makanan. Kondisi tersebut diakibatkan otot-otot yang pada pada bagian rahang juga ikut kaku. Bila kondisi semakin parah, maka melemahnya otot tersebut dapat berpengaruh terhadap sistem pernafasan bagian atas yang mengakibatkan pernafasan akan terasa sulit.

Ciri ciri Atrofi Otot di atas dapat diketahui dengan mudah. Oleh karena itu, bila ciri ciri tersebut mulai timbul dan terasa mengganggu, maka perlu dilakukan tindakan untuk mengetahui mengapa dan penyebab dari penyakit tersebut terjadi. Penanganan dini dapat mengurangi Atrofi Otot serta mencegahnya dari kondisi yang lebih parah. Jaga tubuh Anda dan alangkah lebih baik menerapkan pencegahan atrofi otot ini mulai dari sekarang supaya kemungkinan penyakit ini menghampiri tubuh Anda lebih kecil.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 10th, July 2018 / 14:39 Oleh :