Sponsors Link

Penyakit Ortopedi: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Apa yang muncul pertama kali mendengar kata ortopedi? Patah tulang? Kelainan tulang? Atau pembedahan pada tulang? Ortopedi sendiri telah digunakan lebih dari dua abad yang lalu hingga saat ini yang mungkin penggunaan katanya tidak akan berubah. Ortopedi lebih sering diartikan sebagai suatu ilmu bedah dan berhubungan dengan sebuah pembedahan. Padahal sebenarnya ortopedi merupakan suatu cabang ilmu kedokteran. Ortopedi berasal dari kata orthos yang artinya lurus, dan pais yang artinya anak. Sehingga Nicolas Andry pertama kali mencetuskan kata ortopedi pada tahun 1741 sebagai cabang ilmu dalam mengobati penyakit tulang atau kelainan tulang pada anak.

ads

Seiring berjalannya waktu, ortopedi mulai berkembang pada perang dunia II yang mana membutuhkan tenaga medis untuk mengobati para pasukan yang terluka. Sejak saat itulah ditemukan berbagai macam cara pengobatan untuk menangani masalah tulang pada orang dewasa. Dan sejak saat itu juga, ortopedi menangani segala masalah tulang baik pada anak-anak atau orang dewasa. Sehingga dalam menyebut sebuah penyakit tulang atau dokter tulang biasanya menggunakan kata trauma atau penyakit ortopedi serta dokter ortopedi.

Penyakit ortopedi sangat berkaitan erat dengan tulang karena memang lingkup kerjanya dalam mengobati kelainan tulang. Tulang merupakan jaringan ikat yang tersusun oleh sel dan didominasi oleh osteoid. Osteoid yang mengalami mineralisasi oleh deposit kalsium hydroxyapatite akan menyebabkan struktur tulang yang kuat dan kaku. Selain itu, tulang juga merupakan penopang atau kerangka tubuh dalam membentuk suatu tubuh. Tulang mulai terbentuk sejak berada dalam kandungan dan berkembang terus hingga menjadi susunan yang teratur. Dengan adanya tulang, sebuah tubuh bisa berdiri dan terbentuk, agar tulang terus membentuk tubuh dengan sempurna maka kesehatan tulang sangat penting untuk dijaga serta dirawat. Dapat dibayangkan bukan bagaimana jika suatu bentuk tubuh tidak memiliki tulang?

Gejala Penyakit Ortopedi

Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa penyakit ortopedi pasti berhubungan dengan adanya kesalahan pada tulang. Seperti tulang ekor sakit saat bangun dari duduk yang biasanya terjadi karena suatu kegiatan yang menyebabkan tulang mengalami trauma. Penyakit ortopedi yang menyebabkan sebuah trauma bagi tulang juga memiliki gejala yang bisa diamati. Gejala penyakit ortpedi yang dapat diamati yakni :

  • Adanya pembengkakan pada tulang yang bisa diatasi dengan cara mengobati tulang bengkak
  • seperti menggunakan ramuan tradisional.

  • Tulang terasa sakit dan ngilu yang dapat menghambat aktivitas
  • Keluarnya darah jika patah tulang mengakibatkan kerusakan pada kulit
  • Adanya memar pada tulang seperti tulang ekor memar akibat sikap yang salah atau tekanan pada tulang
  • Serasa lumpuh pada bagian-bagian tertentu
  • Tulang menonjol pada sudut yang tidak wajar, seperti pada penyakit ortopedi tulang menonjol di bawah lutut atau bahkan tulang yang menonjol bisa menyebabkan luka pada kulit karena tulang keluar dari kulit
  • Terasa kebas serta kesemutan
  • Tidak mampu dalam mengangkat, memutar atau menempatkan benda yang memiliki beban lumayan berat
  • Jika penyakit ortopedi terjadi pada bagian dada yang dimungkinkan adanya cidera pada tulang rusuk akan mengakibatkan kesulitan bahkan nyeri ketika menghirup nafas
  • Terdengar seolah tulang patah ketika mengalami kecelakaan atau cidera pada tulang.

Gejala penyakit ortopedi jika memang dirasa berada dalam tubuh setidaknya harus segera konsultasi pada dokter spesialis tulang. Sehingga dokter bisa memberikan diagnosa atau segera mendapat penanganan terhadap macam-macam penyakit tulang yang dialami. Sehingga penyakit ortopedi akan segera teratasi tanpa menunggu lama.

Penggunaan obat pereda nyeri sebenarnya bisa saja digunakan jika tulang terasa ngilu untuk beberapa saat dengan jeda waktu yang lama. Akan tetapi, jika dirasa nyeri yang muncul terlalu sering sebaiknya langsung periksakan pada dokter ortopedi. Selain untuk mendapatkan penanganan yang tepat juga agar tidak menjadi ketergantungan terhadap obat tersebut.

Sponsors Link

Penyebab Penyakit Ortopedi

Sebuah gejala penyakit tidak akan mucul tanpa dipicu oleh sebuah sebab tertentu. Sama halnya dengan penyakit ortopedi yang tidak akan timbul jika tidak ada sebab awalnya. Penyebab munculnya gejala penyakit ortopedi harus menjadi ingatan yang kuat dalam memori, sehingga pengobatan juga bisa dilakukan secara tepat. Untuk mengetahui apa saja penyebab penyakit ortopedi serta agar bisa menghindari munculnya gejala yang disebutkan sebelumnya, bisa disimak dibawah ini :

  • Jatuh
  • Terkilir
  • Kecelakaan
  • Cidera saat berolahraga
  • Mendapatkan pukulan yang sangat keras
  • Tekanan yang sangat keras secara berulang yang bisa menyebabkan cidera tulang seperti tulang ekor sakit saat duduk lama yang disebabkan karena obesitas sehingga tulang ekor cidera karena tidak mampu menopang berat tubuh.

Penyebab penyakit ortopedi yang disebutkan diatas akan mengakibatkan tulang cidera. Cidera tulang dibagi menjadi tiga bagian sesuai anggota gerak badan yakni :

  • Cidera ekstrimitas atas yang mengakibatkan patah tulang anggota gerak badan bagisan atas seperti pergelangan tangan, tulang selangka, tulang bahu hingga tulang rusuk.
  • Cidera ekstriminitas bawah yang meliputi anggota gerak bagian bawah seperti pergelangan kaki, panggul, tungkai kaki atau tulang kering, dan lain sebagainya. 
    Sponsors Link

  • Cidera jaringan lunak yang tidak ada hubungannya dengan tulang melainkan dapat mengganggu fungsi tulang seperti cidera otot, tendon serta ligamen.

Pengobatan Penyakit Ortopedi

Menemui dokter ortopedi setidaknya sejak awal ketika dirasa tulang mengalami gejala yang sangat mengganjal. Ketika tulang mengalami cidera, pengobatan yang akan diberikan juga tidak akan sama karena dilihat dari tingkat keparahan serta tempat cidera yang dialami. Berikut ini beberapa pengobatan penyakit ortopedi yang biasa diberikan dokter pada pasiennya :

Itu tadi penjelasan mengenai penyakit ortopedi yang sangat singkat. Tulisan singkat ini diharapkan mampu memberikan manfaat serta tambahan pengetahuan bagaimana gejala hingga pengobatan pada penyakit ortopedi. Sekali lagi, semoga tulisan ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Sunday 20th, May 2018 / 04:52 Oleh :