Sponsors Link

Tulang Ubun-Ubun Menonjol? Ketahui 14 Penyebabnya

Sponsors Link

Ubun-ubun merupakan bagian dari tulang tengkorak kepala yang pada anak bayi ubun-ubun ini masih terbuka dan terasa lunak dan lembut guna memberikan ruang untuk perkembangan otak bayi. Jika diraba ubun-ubun ini akan berdenyut seirama dengan denyutan jantung. Dan ubun-ubun ini akan menutup sesuai dengan pertumbuhan sang anak hingga akhirnya mengeras yang merupakan salah satu proses pembentukan tulang pada manusia.

ads

Pada kondisi normal ubun-ubun pada bayi akan sedikit membengkak atau menonjol serta tegang ketika bayi muntah, menangis atau berbaring yang tidak perlu dikhawatirkan. Namun ada kondisi tertentu yang membuat tulang ubun-ubun menonjol dan bengkak yang patut di curigai karena biasanya menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak normal sedang terjadi di dalam tubuh. Apalagi jika diiringi dengan demam, beberapa penyebab ubun-ubun menonjol:

  1. Trauma pada kepala yang pernah terjadi dapat menimbulkan bengkak pada ubun-ubun. Selain itu trauma atau benturan pada kepala juga bisa membuat tulang tengkorak ini menjadi retak, jika hal ini terjadi ketahuilah cara mengobati tulang tengkorak retak, namun sebelum itu anda juga perlu mengetahui ciri-ciri tulang retak.
  2. Terjadinya pendarahan pada otak juga bisa menimbulkan tulang ubun-ubun menonjol pada anak bayi yang harus diwaspadai.
  3. Menonjolnya tulang di bagian ubun-ubun bisa juga karena adanya radang pada otak akibat terinfeksi oleh bakteri dan virus (Encephalitis).
  4. Terinfeksi virus dan bakteri juga bisa menimbulkan radang pada otak dan juga jaringan-jaringan pada saraf tulang belakang (Meningitis) yang membuat ubun-ubun menjadi menonjol.
  5. Tonjolan pada ubun-ubun juga bisa akibat bayi kekurangan oksigen sehingga menyebabkan kerusakan dan juga pembengkakan pada otak (Hipoksia-Iskemik Ensefalopati).
  6. Salah satu penyebab tulang ubun-ubun menonjol adalah karena adanya kelebihan cairan pada otak akibat infeksi atau pun hal lainnya seperti penyakit gagal jantung contohnya. Pada bayi bisa mengakibatkan terjadinya gangguang pada perkembangan otak bayi.
  7. Ubun-ubun yang menonjol juga harus diwaspadai dari bahaya tumor otak atau tumor pada tulang kepala atau bisa juga ciri-ciri dari kanker tulang tengkorak.
  8. Anemia atau kekurangan darah merah juga bisa menyebabkan ubun-ubun menonjol oleh karena itu makan makanan yang sehat dan bergizi agar terhindar dari anemia.
  9. Bisa juga disebabkan oleh penyakit kanker sel darah putih atau leukimia sehingga harus hati-hati jika ada tonjolan pada bagian ubun-ubun.
  10. Benjolan tulang di kepala bisa juga karena adanya infeksi pada kepala akibat dari gigitan kutu rambut.
  11. Hal lain yang bisa menjadi penyebab bengkaknya ubun-ubun adalah akibat tubuh yang tidak mampu memecah protein dalam tubuh sehingga terjadi penumpukan cairan. Kondisi ini dikenal juga dengan penyakit maple syrup urine.
  12. Ketidak seimbangan antara natrium dan kalium yang masuk ke dalam darah juga bisa menimbulkan bengkak pada ubun-ubun.
  13. Kelebihan suatu hormon atau produksi hormon yang tidak baik di dalam tubuh termasuk pada salah satu penyebab munculnya benjolan pada ubun-ubun.
  14. Folikulitis juga termasuk pada salah satu faktor pemicu munculnya bengkak pada ubun-ubun, yaitu kondisi dimana terjadinya peradangan pada akar rambut.

Itulah 14 penyebab tulang ubun-ubun menonjol yang harus kenali dan di waspadai agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Tulang ngilu dan badan lemas juga perlu anda waspadai karena bisa merupakan gejala dari kelainan pada tulang yang juga harus segera diperiksakan sebelum akhirnya menjadi parah dan bisa berakibat fatal.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 15th, May 2018 / 07:02 Oleh :