Sponsors Link

Radang Sendi Bahu – Diagnosa, Penyebab dan Pengobatannya

Sponsors Link

Peradangan yang terjadi pada bahu adalah kasus kelainan pada tulang yang kerap kali terjadi pada beberapa orang. Tidak sedikit mereka mengeluhkan adanya rasa nyeri pada bagian sendi khususnya daerah bahu. Pergerakan pada bagian bahu biasanya akan lebih besar sehingga akan berpotensi untuk terluka dan mempunyai masalah. Berikut ini pembahasan mengenai radang sendi bahu.

ads

Diagnosa, Penyebab dan Pengobatan

Radang sendi bahu adalah kondisi yang disebabkan karena berbagai macam penyebab, berikut ini adalah beberapa kondisi yang mungkin menjadi salah satu penyebab Anda mengalami radang pada bagian sendi bahu:

1. Tendonitis

Sendi pada bagian bahu akan terasa sakit dan mengalami peradangan bisa saja disebabkan karena Anda mengalami gejala tendonitis. Kondisi ini merupakan salah satu peradangan yang terjadi di bagian tendon. Peradangan ini merupakan efek samping dan juga reaksi dari sistem daya tahan tubuh pada cedera bahu. Beberapa penyebabnya bisa dikarenakan Anda mengalami cedera saat berolahraga, posisi duduk yang memang tidak tepat, mengalami tekanan secara berulang pada bagian persendian, mengangkat beban dengan posisi tidaknya nyaman, karena faktor usia, atau elastisitas pada otot dan juga persendian yang mulai berkurang.

Diagnosa

Penyakit ini yang paling umum dan juga sederhana bisa dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan fisik pada penderita yang mengalami kondisi nyeri pada bahu. Untuk beberapa kasus pemeriksaan fisik mungkin akan memberikan hasil diagnose dengan cukup baik namun ada juga beberapa orang yang akan beranggapan bahwa perlu melakukan rontgen agar diagnose lebih akurat.

Pengobatan

Bagaimana jika Anda ternyata mengalami tendonitis? Tentu saja Anda harus mengobatinya agar  bisa mengendalikan rasa nyeri dan juga mengurangi potensi untuk terjadi pembengkakan. Untuk mengatasi ini biasa dokter akan memberikan suntikan kortikosteroid dan juga plasma sebagai obat untuk penambah trombosit. Penyuntikan tersebut juga biasanya akan dilakukan oleh dokter bertujuan agar proses penyembuhan semakin cepat. Namun jika ternyata kondisi tendonitis sangat parah atau terjadinya robekan pada tulang, maka bukan tidak mungkin dokter akan melakukan pembedahan sebagai salah satu pengobatan yang paling tepat. Khasiat susu untuk tulang dianggap baik, Anda juga bisa mengkonsumsinya saat masa penyembuhan.

2. Frozen shoulder

Apakah Anda pernah mendengar macam-macam penyakit tulang dengan kondisi frozen shoulder yaitu ganggu atau masalah yang menyerang pada bagian bahu. Gejalanya adalah sendi akan terasa nyeri dan juga bagian akan terasa kaku serta pegal, sehingga akan menyebabkan bahu sulit untuk digerakan, serta pergerakan nya pun akan sangat terbatas sekali. Bahkan pada beberapa kasus bisa saja bahu akan sangat sulit untuk digerakakan.

Penyebab dari kondisi ini adalah karena jaringan yang membentuk kapsul dan melindungi ligament, tendon serta tulang bahu akan menebal kemudian akan menempel pada sekeliling bahu lalu menjadikan bahu akan sangat sulit untuk digerakkan. Akibatnya pergerakan pada bahu akan sangat terganggu karena hal tersebut dan bagian jaringan pun akan semakin menebal mirip seperti jaringan pada perut.

Sponsors Link

Ada beberapa faktor resiko yang mesti Anda hindari agar tidak mendapatkan kondisi ini yaitu kurang berolahraga, kurang bergerak, berdiam diri dalam waktu yang cukup lama, mengalami penyakit sistemik seperti adanya gangguan pada pembuluh darah, faktor jenis kelamin yang memang sering terjadi pada wanita, faktor usia yang akan menyerang pada usia 40 tahun keatas.

Diagnosa

Ketika Anda memeriksakan kondisi Anda ke dokter maka Anda kemungkinan akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan x-ray dan juga MRI scan jika memang hal tersebut dibutuhkan. Melakukan diagnose dengan metode tersebut adalah hal yang bisa memberikan hasil akurat.

pengobatan

Pengobatan yang akan dilakukan jika Anda mengalami kondisi tersebut diantanya adalah:

  • Melakukan penyuntikan kontikosteroid
  • Melakukan penyuntikan air steril di bagian kapsul pelindung bahu
  • Kemudian memanipulasi bahu dengan membius pasien secara total agar penderita tidak merasakan nyeri saat bahu digerakan.
  • Operasi, jika memang sudah sangat parah dan dengan tujuan untuk bisa mengangkat jaringan parut.

3. Radikulopati servikal

ads

Radikulopasti servikal merupakan salah satu kondisi gangguan yang terjadi pada tulang disebabkan karena ada urat atau saraf yang terjepit. Penyakit ini biasanya akan ditandai dengan rasa nyeri yang terjadi pada bagian bahu, dimana akar saraf akan berada pada sekeliling tulang belakang akan mengalami kondisi kerusakan.

Penyebab dari kondisi ini adalah disebabkan karena mengalami cedera dadakan, adanya perubahan tulang secara degenerative, mengalami tekanan dari cakram tulang yang pecah, tulang belakang yang sangat tidak stabil, memiliki riwayat kesehatan keluarga, pekerjaan yang akan menuntut Anda untuk banyak sekali membungkuk dan menggunakan bahu ataupun karena dipengaruhi faktor obesitas.

Diagnosa

Diagnosa yang dilakukan akan sama dengan diagnosa pada cedera lainnya seperti melakukan pemeriksaan fisik dengan sensori. Beberapa metode pemeriksaan lain yang memang sering dilakukan juga seperti MRI scan, CT scan, sinar X, EMG.

Pengobatan

Untuk beberapaka kasus penyakit ini sebenarnya tidak harus mendapatkan pengobatan serta penanganan secara khusus. Beberapa pengobatan yang disarankan biasanya adalah sebagai berikut:

  • Mengkonsumsi obat yang disarnkan oleh dokter dan harus dikonsumsi secara rutin tanpa harus melakukan rawan inap. Pengobatan juga akan lebih baik dilakukan sampai beres dengan mengikuti anjuran dan juga resep dari dokter.
  • Mengatur waktur istirahat dan dilarang melakukan aktivitas yang akan mempengaruhi bagian leher, bahu serta punggung.
  • Dianjukan untuk selalu melindungi bagian leher dan juga bahu atau bagian tubuh yang memang mengalami cedera.
  • Jika memang dianjurkan untuk melakukan terapi, Anda bisa mengikuti saran tersebut agar bisa semakin melatih gerak bahu namun masih dalam pengawasan ahli medis sehingga tidak akan menimbulkan masalah.

4. Cedera rotator cuff

Rotator cuff adalah sebuah kelompok pada otot dan juga pada bagian tendon yang akan mengitari di bagian sendi khususnya bahu. Tugasnya adalah sebagai salah satu pelindung dan juga penjaga pada kepala tulang lengan atas manusia khusunya di bagian soket bahu. Nyeri sendi pada bahu bisa saja terjadi karena Anda pernah mengalami kondisi cedera rotator cuff dimana biasanya nyeri akan lebih buruk saat Anda sedang tidur.

Penyebab dari kondisi ini adalah bisa karena jaringan tendon yang kekurangan jaringan, terlalu mengangkat beban yang sangat berat dalam jangka waktu lama, melakukan aktivitas pada bagian atas tubuh secara berulang, cedera serius yang terjadi pada bagian bahu, karena faktor usia yang biasanya akan dirasakan pada usia 40 tahun keatas, karena cedera olahraga tertentu yang sering menggerakkan bahu seperti bisbo, memanah atau tenis, faktor keturunan, pekerjaan yang memang sangat beresiko seperti pekerja konstruksi.

Diagnosa

Jika Anda memeriksakan kondisi ini pada dokter, sudah tentu dokter akan melakukan pemeriksaan pada bagian fisik penderita saat sudah menanyai apa saja gejala yang dirasakan. Biasanya dokter akan melakukan penekanan pada bagian bahu serta mengerak gerakan pada posisi yang berbeda, beberapa pemeriksaan dengan menggunakan alat juga kerap dilakukan. Seperti melakukan USG agar bisa menilai struktur bahu ketika digerakan, x-ray agar bisa mendapatkan gambaran akan tulang taji atau bisa juga dengan melakukan MRI scan.

Pengobatan

Beberapa pengobatan yang akan dianjurkan dokter setelah Anda memeriksakan diri adalah:

  • Beristirahat secara total agar bahu bisa kembali pulih
  • Melakukan injeksi
  • Fisioterapi sebagai salah satu  cara menguatkan tulang
  • Operasi jika memang kondisinya sudang memasuki tingkat keparahan yang berbahaya.
Sponsors Link

5. Bahu Terpisah

Kondisi bahu terpisah kemungkinan terjadi dari penyebab sakit bahu pada bagian kiri atau kanan secara berkelanjutan dan menganggu Anda. Ini merupakan suatu bentuk cedera yang terjadi pada ligamen dan juga penahan tulang selangka pada tulang belikat. Tidak sedikit kasus bahu terpisah ini yang kondisinya sudah parah harus melakukan pembedahan.

Secara umum faktor yang bisa menyebabkan kondisi bahu terpisah adalah karena adanya benturan sacara langsung pada bagian bahu karena jatu ataupun terpukul. Sehingga dengan otomatis ligament akan robek dan juga meregang karena adanya benturan tersebut. Atau bisa juga Anda mengalami cedera ketika melakukan olahraga.

Diagnosa

Jika Anda memeriksakan kondisi ini pada dokter, kemungkinan besar untuk melakukan diagnosa paling tepat dokter akan melakukan pemeriksaan x-ray, sehingga diagnose benar-benar bisa ditentukan dari tingkat keparahan cidera yang terjadi.

Pengobatan

Untuk pengobatan yang akan dilakukan pada mereka yang mengalami kondisi bahu terpisah biasanya akan sangat membutuhkan pengobatan yang konservatif, beberapa minggu akan sembuh jika memang beristirahat dengan baik. Namun jika memang kondisinya sudah cukup parah, maka satu-satunya pengobatan adalah dengan melakukan operasi, dan penyembuhannya pun akan cukup lama.

Itulah pembahasan mengenai radang sendi bahu yang sangat penting untuk Anda ketahui. Informasi tersebut sudah dilengkapi dengan penyebab, diagnose serta bagiamana cara untuk mengobatinya. Jika Anda memang mengalami kondisi yang menyebabkan rasa nyeri pada bagian bahu sebaiknya segeralah untuk berkonsultasi pada dokter karena bisa jadi Anda mengalami salat satu kondisi diatas, apalagi jika Anda baru saja mengalami cedera baik karena kecelakaan atau saat beraktivitas.

Agar menjaga kesehatan tulang Anda sejak dini dan terhindar dari gangguan atau permasalahan pada tulang, akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium sebagai salah satu cara pencegahan. Beberapa makanan yang memang mengandung kalsium cukup tinggi adalah makanan dengan olahan atau berbahan dasar susu.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 29th, November 2017 / 14:27 Oleh :
Kategori : Radang Sendi