Sponsors Link

Pembengkakan Tulang Belakang – Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati

Sponsors Link

Pernah mengalami gejala radang dan bengkak pada tulang belakang ?. Hal ini memang bagi orang awam bisa dianggap sepele, banyak yang berpikiran kalau gejala tersebut hanya sakit dan nyeri biasa, karena pegal atau kelelahan. Contoh masalah tulang belakang bengkok ke samping, kenapa? apa bahayanya?.

ads

Namun, siapa sangka jika gejala berangsur dalam waktu yang lama dan sering kambuh. Hal ini perlu menjadi perhatian, karena bisa jadi itu merupakan awal dari penyakit pembengkakan tulang belakang. Jika dibiarkan begitu saja tentu akan berbahaya. Beberapa contoh cara mengobati pengapuran tulang belakang paling ampuh.

Pengertian Penyakit Pembengkakan Tulang Belakang

Pembengkakan tulang belakang atau bahasa ilmiahnya yaitu ankylosing spondylitis merupakan satu penyakit peradangan yang ditandai dengan penyatuan pada tulang belakang, hal ini yang menyebabkan gerakan terbatas pada penderitanya dan rasa sakit yang teramat sangat bahkan parah. Apabila tulang belakang tersebut menyatu dengan tulang rusuk, maka kondisi ini juga dapat menyebabkan kesulitan bernafas dan sesak napas. Penyebab, gejala tulang belakang sering kesemutan  dan pengobatan.

Pada kasus pembengkakan tulang belakang sering dimulai pada sendi  yang terletak tepat di atas panggul, kemudian menyebar sampai tulang belakang, menuju tulang belakang dada, dan kemudian menyebar pada tulang belakang leher. Umumnya gejala penyakit ini sangat ringan sehingga penderita tidak menyadari akan gejala dari penyakit ini. Namun, gejala dapat berubah begitu parah apabila penderita tidak segera mengecek kondisi kesehatannya,  sehingga hal ini berdampak pada kualitas hidup yang kurang sehat.

Penyebab Penyakit Pembengkakan Tulang Belakang

Penyebab dari pembengkakan tulang belakang dapat diyakini bahwa hal ini diwariskan secara genetik atau bawaan sejak lahir. Sebagian besar penderita masalah penyakit ini memiliki gen yaitu hla-b27. Namun, tidak semua yang memiliki gen ini juga dapat terkena penyakit pembengkakan tulang belakang, selain dari faktor genetik, pola hidup dan gaya hidup juga menjadi faktor lain pemicu penyakit ini.

Oleh karena itu bagi mereka yang memang sudah memiliki gen atau memiliki kerabat dengan penyakit ini lebih baik untuk segera konsultasikan ke dokter ahli agar risiko menderita radang tulang belakang dapat ditangani dengan tepat. Dampak dan masalah tulang belakang terasa nyeri saat makan pedas apa bahayanya?.

Selain dari gen hla-b27, beberapa penelitian menunjukkan adanya gen lain yaitu seperti gen arts1 dan il23r yang memiliki peranan penting dalam mempengaruhi sistem kekebalan tubuh atau imun. Oleh sebab itu sangatlah penting untuk mengetahui dasar gen yang terdapat pada tubuh Anda, apabila imun pada tubuh sudah tidak dapat menahan berbagai jenis gen pencetus penyakit ini, maka lambat laun akan berakibat pada gejala pembengkakan tulang belakang. Benarkah jika tulang belakang bunyi kretek, bahayakah? apa akibatnya?.

Gejala Pembengkakan Tulang Belakang

Umumnya pada penderita penyakit ini memiliki tingkat gejala yang berbeda, contoh penderita akan mengalami gejala bertahap, mulai ringan sampai pada kondisi berat. Pada tahap ringan, penderita akan mengalami adanya kekakuan dan nyeri di punggung bagian bawah, terutama pada pagi hari.

Namun, rasa sakit tersebut akan hilang pada siang hari. Dan penderita juga akan mengalami rasa sakit dan nyeri pada daerah sekitar sendi sakroiliaka, pantat, atau bagian belakang paha. Inilah dampak dan juga efek samping transplantasi sumsum tulang belakang wajib tahu.

Jika diperhatikan gejala awal penyakit memang mirip dengan sakit punggung biasa dan pada umumnya hal ini yang menjadi kesalahan diagnosa bagi penderitanya.

Sponsors Link

Namun, perbedaan penyakit ini dengan penyakit punggung biasa yaitu bahwa rasa sakit dan rasa kaku timbul secara sering dan berlangsung selama lebih dari 30 menit di pagi hari dan akan muncul kembali pada saat – saat menjelang istirahat di malam hari.

Timbulnya rasa nyeri dan kaku juga dapat menyerang pada leher, bahu. Bahkan pada tingkat yang serius dapat menyebabkan pada rasa sakit dan pembengkakan di daerah sekitar lutut, pergelangan kaki dan juga pada sendi tangan.

Dan bagi beberapa penderita lain, terdapat pula gejala seperti : nyeri pada tumit, nyeri bagian dada, sering merasa lelah, nyeri pada pinggul, terjadi peradangan pada mata dan juga usus. Bahayanya sakit tulang belakang dan gangguan kencing, kenapa?.

Ketika pembengkakan menjadi salah satu gejala, penderita akan merasakan bahwa gejala pembengkakan muncul dan hilang, dan tingkat nyeri bervariasi pada setiap serangan. Nyeri ringan sering tidak dirasakan atau diketahui secara rinci, akan tetapi pada saat tulang belakang terasa sakit dan nyeri, maka rasa sakit dapat menjadi parah, bahkan menyebabkan penderita tidak dapat melakukan kegiatan normal.

Cara Mengatasi dan Mengobati Pembengkakan Tulang Belakang

Setelah Anda mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya Anda harus terlebih dahulu melakukan pengecekan kondisi Anda ke dokter specialis. Lalu dokter  akan merujuk Anda untuk diagnosis dan perawatan peradangan (arthritis), keropos tulang, gangguan otot dan tulang belakang, serta beberapa jenis penyakit autoimun.

Sponsors Link

Selama perawatan penyakit, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli terapi fisik, ahli terapi okupasi dan ahli kesehatan lainnya agar tindakan dapat dilakukan dengan tepat. Berikut contoh dampak masalah tulang belakang bengkok ke samping, kenapa? apa bahayanya?.

Dokter akan melakukan seperti pemeriksaan fisik diikuti dengan tes darah (LED) dan tes C-reaktif protein (CRP). Dokter juga dapat meminta rontgen untuk memeriksa kondisi tulang belakang Anda agar hasil dapat terdeteksi dengan benar.

Penting banyak melakukan terapi dan pengobatan secara berkala agar kondisi penyakit dapat diobati dengan baik, walau penyakit ini memang agak sulit untuk disembuhkan. Apabila  kelenturan tulang belakang dan sendi dapat dipertahankan, kerusakan permanen dapat dihindari. Beberapa pantangan setelah operasi tulang belakang yang harus dihindari.

Umunya dokter akan memberikan beberapa obat seperti obat anti-peradangan non-steroid (NSAID) untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi bengkak, kortikosteroid untuk menghilangkan rasa sakit dengan cepat, dan obat biologis yang dirancang untuk mengobati pembengkakan. Obat jenis ini memerlukan waktu untuk bekerja bahkan dibutuhkan beberapa bulan sebelum efeknya terlihat. Berikut ini penyebab tulang belakang menonjol keluar akibat, bahaya dan penanganannya.

Kasus penyakit tulang belakang yang parah akan dilakukan tindakan seperti pembedahan untuk memperbaiki sendi yang rusak parah dan mengganti sendi dengan sendi buatan. Atau bagi beberapa pasien mungkin memerlukan bedah penggantian pinggul total jika pinggul telah rusak parah akibat penyakit ini.

Semoga penjelasan mengenai pembengkakan tulang belakang menjadi perhatian Anda untuk menjaga gaya hidup lebih sehat, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 06th, April 2018 / 06:16 Oleh :