Sponsors Link

7 Penyebab Nyeri Sendi Jari Tangan yang Sering di Diamkan

Sponsors Link

Ada berbagai macam penyakit tulang yang bisa menyerang kita. Dimulai dari patah tulang, tulang bengkak dan berbagai penyakit lainnya termasuk penyakit nyeri sendi jari tangan. Semua orang dari berbagai macam usia bisa mengalami penyakit yang satu ini. Oleh karena itulah, hampir semua orang idealnya mengetahui informasi-informasi penting yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah penyakit nyeri sendi jari tangan termasuk salah satu di antaranya adalah penyebab nyeri sendiri jari tangan.

ads

Penyakit nyeri sendi jari tangan sebelumnya memang merupakan salah satu jenis penyakit yang berpeluang cukup besar untuk terjadi. Hal ini disebabkan karena jari tangan adalah bagian tubuh yang berperan cukup besar dalam menahan beban atau berat tubuh sehingga potensi sendi jari tangan untuk mengalami masalah pun juga meningkat. Oleh karena itulah nyeri sendi jari tangan harus sebisa mungkin dihindari oleh semua orang. Adapun salah satu caranya, seperti yang telah disebutkan di atas, adalah dengan mengetahui apa saja penyebab nyeri sendi jari tangan dan bagaimana cara untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi.

Adapun berbagai macam penyebab nyeri sendi jari tangan, antar lain adalah sebagai berikut.

1. Cedera

Salah satu hal yang bisa membuat sendi jari tangan terjadi adalah cedera pada bagian jari tangan atau di dekat sendi jari tangan. Misalnya adalah cedera pada tulang rawan dan atau kerusakan yang terjadi pada bagian tendon atau ligamen pada bagian jari tangan. Hal tersebut akan membuat terjadinya nyeri pada bagian sendi jari tangan sebagai dampak yang ditimbulkan dari cedera yang terjadi. Oleh karena itulah, semakin parah cedera yang dialami oleh seseorang, maka semakin besar pula potensi nyeri sendi terjadi sekaligus semakin besar pula tingkat nyeri atau kerusakan sendi yang mungkin dihasilkan.

Cedera sendiri bisa disebabkan karena banyak hal. Misalnya karena kecelakaan ketika beraktivitas berat seperti melakukan olahraga, mengerjakan proyek tertentu, dan berbagai kegiatan lain yang bisa membuat jari tangan memiliki beban berat dan mengakibatkan luka pada salah satu bagian jari tangan. Oleh karena itulah, sangat disarankan apabila hendak melakukan pekerjaan atau aktivitas yang berat, maka diperlukan pemanasan terlebih dahulu untuk mengurangi potensi risiko dari penyakit sendi yang mungkin akan dialami.

2. Penyakit tulang atau sendi

Selain karena cedera, nyeri sendi jari tangan juga bisa disebabkan karena suatu penyakit tertentu yang menyerang tulang atau sendi. Beberapa jenis penyakit yang mungkin menyebabkan hal ini terjadi antara lain adalah penyakit osteoartritis, penyakit asam urat, dan juga penyakit tendonitis. Tentunya masih ada banyak lagi berbagai macam jenis penyakit tulang atau sendi yang bisa menyerangmu, dan semuanya memiliki peluang yang sama untuk menyebabkan terjadinya nyeri sendiri jari tangan.

Untuk menghindari penyebab nyeri sendi jari tangan yang satu ini, tentunya dibutuhkan suatu upaya pencegahan terhadap berbagai macam penyakit yang mungkin menyerang sendi dan juga tulang yang ada di sekitar bagian jari tangan kita. Dengan demikian, kita bisa menghindari berbagai macam penyakit berbahaya tersebut dan tentunya menghindari nyeri sendi jari tangan.

3. Pendarahan pada sendi

Penyebab lain yang bisa membuat terjadinya nyeri pada sendi jari tangan adalah pendarahan yang terjadi pada sendi jari tangan. Pendarahan ini bisa disebabkan karena berbagai macam hal, termasuk cedera ataupun karena penyakit sendi seperti yang sebelumnya telah disebutkan. Dengan kata lain, untuk mencegah agar pendarahan pada sendi tidak terjadi, maka kita pun perlu menghindari berbagai macam penyebab di atas.

Sponsors Link

Pendarahan pada sendi pada prinsipnya tidak terjadi secara mandiri, melainkan selalu disebabkan karena berbagai macam faktor yang membuat sendi jari tangan bisa mengalami berbagai macam masalah. Oleh karena itulah, untuk mencegah agar hal ini tidak terjadi, kita perlu menghindari berbagai macam masalah di atas supaya tidak terjadi pendarahan pada sendi yang berbahaya dan bisa menyebabkan tidak hanya nyeri sendi jari tangan, melainkan juga berbagai macam masalah lainnya.

4. Infeksi

Infeksi pada sendi sebenarnya termasuk salah satu jenis penyakit yang mungkin menyerang sendi jari tangan. Akan tetapi agar lebih detail, kita bisa menyendirikan penyakit yang satu ini sebagai salah satu jenis penyakit yang bisa menyebabkan nyeri sendi jari tangan. Adapun salah satu jenis infeksi yang bisa menyebabkan nyeri sendi jari tangan antara lain adalah artritis septik. Infeksi seperti artritis septik bisa menjadi salah satu penyebab nyeri sendi jari tangan yang berbahaya dan tentunya perlu dihindari. Dengan demikian, kita bisa mencegah agar penyakit infeksi nyeri sendi jari tangan tidak terjadi, sekaligus membuat sendi jari tangan dan juga tulang jari tangan kita aman dari berbagai ancaman penyakit tulang yang mungkin terjadi pada sendi jari tangan kita.

5. Kurang olahraga atau aktivitas

ads

Salah satu penyebab lain yang menyebabkan sendi jari tangan menjadi lebih rentan terhadap nyeri sendi jari tangan adalah karena jari tangan jarang digunakan untuk beraktivitas sehingga sendi jari tangan menjadi lebih lemah atau tidak kuat dalam menahan tubuh ketika tiba-tiba melakukan aktivitas-aktivitas berat. Oleh karena itulah, olahraga yang rutin sangat disarankan untuk menjaga kesehatan sendi jari tangan dan juga berbagai macam kesehatan tubuh yang lain sehingga kita bisa menghindari masalah nyeri yang terjadi pada sendi jari tangan.

Kamu tidak harus melakukan berbagai macam olahraga yang berat untuk menjaga kesehatan jari tangan dan sendi jari tangan yang kamu miliki. Berjalan-jalan secara rutin kurang lebih 15 menit sehari atau lebih sudah bisa menjadi salah satu pilihan olahraga yang baik untuk membuat sendi jari tangan dan jari tangan kita kuat. Apabila kamu ingin lebih lagi, maka berbagai model work-out harian seperti push up, pull up, dan lain sebagainya bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Oleh karena itulah, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak melakukan olahraga bukan?

6. Obesitas atau kelebihan berat badan

Berat badan yang terlalu besar atau berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab nyeri sendi jari tangan. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, sendi jari tangan adalah salah satu bagian utama tubuh yang menopang hampir seluruh beban tubuh. Dengan kata lain, apabila beban tubuh yang harus ditopang oleh sendi jari tangan terlalu besar, tentu saja sendi jari tangan bisa mengalami luka dan semacamnya yang akan berakibat pada nyeri sendi jari tangan.

Untuk menghindari obesitas kita bisa melakukan banyak hal. Akan tetapi, pada umumnya ada dua hal yang harus kita lakukan, yaitu mengubah pola makan dan tentunya melakukan olahraga yang cukup untuk membantu tubuh kita mengurangi lemak yang terlalu banyak dan menjadi salah satu penyebab utama mengapa beban pada jari tangan menjadi semakin besar. Ada berbagai macam olahraga yang bisa kita lakukan untuk membantu mengurangi berat badan tubuh, mulai dari pemanasan, jalan-jalan, lari, futsal dan berbagai macam olahraga lainnya. Tidak peduli seperti apa olahraga yang kamu lakukan, asalkan dilakukan dengan cara yang tepat, berbagai olahraga tersebut bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi berat badan dan tentunya mencegah nyeri sendi jari tangan yang mungkin akan kita alami.

7. Riwayat penyakit sendi atau patah tulang

Selain beberapa penyebab di atas, hal lain yang juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit nyeri sendi jari tangan adalah karena pernah terjadi penyakit sendi pada sendi yang kita miliki. Dengan kata lain, faktor riwayat penyakit sendi juga bisa mendorong meningkatnya risiko penyakit sendi jari tangan pada waktu berikutnya. Oleh karena itulah, pengobatan dan gaya hidup yang baik harus dimiliki untuk mencegah agar penyakit nyeri sendi jari tangan tidak kambuh lagi pada pasien yang sebelumnya telah menderita penyakit sendi jari tangan.

Untuk mencegah agar masalah sendi jari tangan tidak lagi terjadi pada pasien yang pernah mengalami nyeri sendi jari tangan, maka diperlukan suatu gaya hidup yang baik seperti memakan makanan yang bergizi, berolahraga dengan rutin, melakukan pemanasan sebelum melakukan berbagai kegiatan yang berat bagi tubuh, dan berbagai masalah lain yang mungkin dialami oleh orang-orang yang sebelumnya telah mengalami nyeri sendi jari tangan.

Sponsors Link

Itulah beberapa macam penyebab nyeri pada sendi jari tangan yang bisa kita ketahui. Selain mengetahui berbagai macam penyebab nyeri sendi jari tangan di atas, ada baiknya kita juga mengetahui apa saja cara mengobati nyeri sendi jari tangan yang tersedia dan bisa kita lakukan. Adapun beberapa macam cara untuk menyembuhkan atau mengatasi penyakit nyeri sendi jari tangan antara lain adalah sebagai berikut.

Mengonsumsi obat-obatan analgesik untuk meredakan nyeri, sebagai berikut:

  • Melakukan suntikan kortikosteroid, pelumas sendi dan PRP untuk mengurangi radang
  • Melakukan fisioterapi untuk melatih dan menguatkan otot apabila terjadi pelemahan utut
  • Operasi untuk menangani cedera yang menyebabkan nyeri sendi jari tangan
  • Mengistirahatkan tubuh khususnya jari tangan lebih banyak agar terhindar dari tekanan sehingga bisa sembuh dengan lebih cepat
  • Mengompres jari tangan yang sakit dengan es yang dibalut dengan kain yang nyaman
  • Mengurangi gerakan jari tangan supaya penyembuhan bisa terjadi lebih cepat
  • Mengonsumsi teh rebusan daun dan ranting besaran (Morus australis poir)

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengobati sendi jari tangan yang telah terlanjur terjadi atau kita alami. Tentunya berbagai macam pengobatan di atas ada baiknya kamu lakukan di bawah pengawasan dari dokter atau tenaga medis yang ahli sehingga pengobatan tersebut bisa dipastikan menjadi salah satu upaya yang tepat untuk mengobati nyeri sendi jari tangan.

Semoga dengan beberapa informasi di atas kamu bisa mencegah dan juga mengatasi nyeri sendi jari tangan dengan lebih mudah dan cepat ya. Selamat menjaga kesehatan tulang dan sendimu!

Sponsors Link
, ,
Post Date: Tuesday 19th, December 2017 / 04:17 Oleh :
Kategori : Radang Sendi