Sponsors Link

6 Gejala Penyakit Paget Pada Tulang Yang Harus Anda Waspadai!

Sponsors Link

Penyakit paget merupakan salah satu kelainan tulang dimana sel tulang membentuk sebuah formasi tulang baru. Pada kasus ini proses pembentukan tulang pada manusia terjadi secara abnormal. Oleh karena itu penyakit ini menyebabkan gangguan pada proses regenerasi tulang normal. Jika dibiarkan saja dan tidak segera diobati, penyakit ini akan menyebabkan tulang yang semula normal menjadi rapuh bahkan cacat. selain itu penyakit paget ini dapat menyebabkan tulang terasa ngilu dan pegal.

ads

Penyakit paget sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari faktor usia, keturunan dan tempat tinggal, riwayat keluarga, hingga jenis kelamin. Meskipun demikian sebenarnya semua orang dapat berpotensi mengalami gangguan penyakit paget, tak terkecuali anak – anak.

Tanda-tanda Terkena Penyakit Paget

Penyakit paget tulang ini dapat menimpa semua golongan usia mulai dari anak – anak, dewasa hingga lansia. Meskipun tidak menyebabkan kematian, jika tidak segera diobati penyakit ini dapat menyebabkan cacat fisik dan menggangu penampilan. Untuk itu anda perlu mengetahui gejala penyakit paget pada tulang ini sedini mungkin agar bisa melakukan penanganan dengan segera.

Berikut ini 5 gejala penyakit paget pada tulang yang perlu anda ketahui !

  1. Nyeri Tulang

Gejala penyakit paget pada tulang yang paling sering terjadi yaitu tulang terasa sakit dan ngilu, bila penyakit paget menyerang tulang panggul maka yang terasa sakit adalah tulang panggul begitu pula dengan paget tulang kaki. Nyeri yang timbul akan terasa seperti ditekan – tekan dan akan semakin sakit ketika malam hari. Nyeri yang dirasakan ini bersifat konstan dan terjadi pada tempat yang sama. Untuk menghilangkan rasa sakitnya anda bisa mengkonsumsi obat nyeri tulang kaki yang tersedia di apotik terdekat.

  1. Sendi Kaku dan Bengkak

Pada bagian sendi yang berdekatan dengan tulang yang tekena gangguan penyakit paget, akan terlihat bengkak, nyeri dan kaku. Hal ini disebabkan oleh bantalan sendi atau tulang rawan telah rusak akibat penyakit paget. Selain bengkak, pada area sendi akan terasa nyeri juga.

  1. Gangguan Pada Syaraf

Penyakit paget pada tulang juga dapat menyebabkan kerusakan pada syaraf, hal ini disebabkan karena tulang yang abnormal karena penyakit paget menekan syaraf – syaraf disekitarnya. Sehingga nyeri akan terasa menjalar mulai dari tulang belakang hingga ke bagian kaki atau mulai dari leher hingga ke dada. Sakit yang dirasakan dapat berupa kesemutan, terjadi gangguan keseimbangan, tiba tiba terasa lumpuh, dan kesemutan hingga mati rasa.

  1. Penurunan Pendengaran

Gejala penyakit paget pada tulang yang selanjutnya yaitu penurunan pendengaran. Penyakit paget pada tulang tengkorak kepala dapat menyebabkan penurunan pendengaran pada penderitanya. Hal ini disebabkan oleh pertumbukan tulang tengkorak kepala yang berlebih, selain itu hal ini juga dapat menyebabkan sakit kepala yang sangat hebat.

  1. Sering Kesemutan dan mati Rasa

Penyakit paget pada tulang belakang dapat menyebabkan nyeri, kesemutan bahkan mati rasa pada area lengan dan tungkai. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan pada tulang belakang yang berlebih dapat menyebabkan syaraf – syaraf tubuh terjepit.

  1. Bentuk Kaki Terlihat Abnormal

Penyakit paget yang terjad pada tulang tungkai dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih pada tulang. Hal ini akan menyebabkan tulang menjadi bengkok dan kaki terlihat abnormal. Tulang yang tumbuh secara berlebihan ini juga dapan menggeser dan menyebabkan keretakkan pada tulang yang normal disekitarnya. Jika sudah demikian anda perlu melakukan penyembuhan tulang retak untuk menanganinya. atau anda dapat mengkonsumsi makanan untuk mempercepat penyambungan tulang.

Itu tadi 6 gejala penyakit paget pada tulang yang perlu anda ketahui. Jika anda mengalami beberapa gejala di atas, sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter sebelum terlambat. Penanganan lebih dini akan semakin baik bagi anda untuk mencegah komplikasi penyakit semakin serius, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Tuesday 22nd, May 2018 / 04:05 Oleh :