Sponsors Link

Pergelangan Kaki Terkilir, Bahayakah? Bagaimana Pengobatannya?

Sponsors Link

Keseleo atau terkilir merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada pergelangan kaki. Hal ini banyak terjadi terutama pada mereka yang banyak menggerakan kaki, seperti pemain sepak bola. Terkilir akan mengakibatkan cedera pada bagian ligamen kaki. Keseleo menjadi penyebab tulang ngilu dan bagian yang terkilir akan sulit untuk digerakan.

ads

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan keseleo, seperti melakukan aktivitas yang tidak berhati-hati sehingga terjatuh dan kaki menjadi terkilir. Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, terkilir dapat membawa dampak yang membahayakan. Kaki yang keseleo dapat menjadi awal yang menyebabkan timbulnya ciri-ciri  tulang retak pada bagian kaki.

Bahaya Pergelangan Kaki Terkilir

Banyak orang yang mengabaikan pergelangan kaki terkilir atau keseleo. Setelah jatuh dan pergelangan kaki menjadi terkilir, si penderita sebagian besar berpikir bahwa keseleo atau terkilir akan sembuh setelah beristirahat dengan baik atau dengan sedikit pertolongan dari dokter. Padahal jika tidak ditangani dengan baik dan benar, hal ini dapat menyebabkan masalah yang sangat serius pada penderita.

Berdasarkan penelitian Hubbar-Turner menunjukan mereka yang pernah mengalami keseleo akan lebih sedikit berjalan kaki di bandingkan mereka yang belum pernah mengalami keseleo sebelumnya. Keseleo dapat menyebabkan ketidakstabilan kaki. Bila anda mengalami masalah ketidak seimbangan atau tidak stabil pada kaki anda yang sedang kronis, anda bisa membuat langkah jalan kaki sedikitnya 2.000 langka pada dasar orang normal.

Selain itu, mereka yang mengalami terkilir atau keseleo akan lebih malas untuk bergerak dibandingkan mereka yang pergelangan kakinya tidak terkilir.

Pergelangan kaki yang terkilir juga mengakibatkan hal-hal berikut:

  1. Kecacatan. Keseleo yang tidak diobati dengan benar dan cenderung dibiarkan dapat mengakibatkan kecacatan permanen pada bagian kaki. Hal ini akan membuat seseorang kesulitan untuk beraktivitas.
  2. Arthritis. Penelitian menunjukan seseorang yang pernah mengalami keseleo atau terkilir memiliki kemungkinan terkenal arthritis 9,4 persen. Sedangkan mereka yang tidak mengalami terkilir hanya memiliki resiko arthritis sebesar 1,8 persen. arthritis merupakan salah satu jenis radang sendi. Keseleo yang tidak segera disembuhkan akan menimbulkan ciri-ciri radang sendi.
  3. Masalah jantung atau pernapasan. Studi menujukan seseorang yang terkilir memiliki kemungkinan terkena masalah jantung atau pernapasan lebih tinggi dibandingkan meraka yang tidak, yaitu 31 persen berbanding 24,5 persen.

Ini menunjukan bahwa pergelangan kaki yang terkilir tidak dapat diabaikan begitu saja.

Pengobatan Pergelangan Kaki Terkilir

Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengobati pergelangan kaki yang terkilir. Cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut:

  1. Lindungi pergelangan kaki yang terkilir dengan menggunakan perban atau balut dengan kain. Hal ini akan mengurangi kemungkinan cedera yang lebih parah dan cara menyembuhkan tulang retak akibat terkilir.
  2. Hindarkan kaki dari melakukan aktivitas yang berat. Misalnya tidak melompat atau berlari hingga kaki tidak lagi mengalami rasa sakit. Lakukan hal ini 2 hingga 3 hari setelah kaki mengalami terkilir. Lakukan aktivitas yang ringan, seperti berjalan di sekitaran rumah. Hal ini merupakan cara untuk menguatkan tulang kaki, namun tetap menjaga kesehatan pergelangan kaki yang terkilir.
  3. Jangan mandi air panas, pergi ke sauna, mengkonsumsi minuman beralkokhol, atau memijat pergelangan yang keseleo selama 72 jam setelah kaki terkilir. Hal ini membantu menjadi obat tulang bergeser karena terkilir yang dialami.

Lakukanlah beberapa hal di atas untuk menghilangkan rasa sakit dan menjadi obat nyeri pada tulang kaki sehingga bagian yang terkilir dapat segera disembuhkan.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 05th, March 2018 / 02:57 Oleh :