Sponsors Link

7 Makanan Penyebab Flu Tulang Makin Bertambah Parah

Sponsors Link

Flu tulang atau juga biasa disebut dengan demam chikungunya adalah suatu gangguan kesehatan yang disebabkan karena infeksi virus Chikungunya yang disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Pada umumnya penyakit ini akan ditandai dengan munculnya gejala seperti demam, batuk, pilrk, demam berdarah dan nyeri yang sangat pada persedian tulang.

ads

Bahkan ada beberapa kasus flu tulang yang bisa menyebabkan kelainan pada tulang penderita dan menyebabkan perubahan bentuk tulang. Ketika mengalami gejala flu tulang, ada beberapa macam makanan penyebab flu tulang akan bertambah parah yang sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi penderitanya, yaitu sebagai berikut:

1. Makanan yang berlemak

Lemak yang berasal dari makanan seperti makanan bersantan, jeroan maupun daging selain dapat membuat gemuk dan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, juga dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah. Selain itu lemak juga bisa menyebabkan gangguan kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan kesulitan untuk melawan terserang virus dan memperparah kondisi ciri flu tulang yang dialami.

2. Makanan cepat saji

Makanan penyebab flu tulang lainnya yang bisa memperparah flu tulang adalah makanan cepat saji. Makanan cepat saji mengandung lemak jenuh yang tidak sehat dan tidak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Makanan cepat saju jika dikonsumsi saat flu tulang, tidak akan menambah asupan nutrisi tapi malah menyebabkan sakit lebih parah atau muncul penyakit lainnya.

3. Makanan mengandung kafein

Tidak hanya minuman makanan yang mengandung kafein seperti coklat beserta olahannya sebaiknya juga dihindari konsumsinya. Coklat yang juga menjadi pantangan flu tulang dapat menyebabkan tubuh mudah mengalami dehidrasi, yang mana dehidrasi bisa memperparah gejala maupun kondisi flu tulang.

4. Makanan yang manis

Selain dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh, gula yang diserap tubuh bisa menghambat sirkulasi darah dan mengganggu fungsi dari sel darah putih dalam sistem kekebalan tubuh. Jadi konsumsi gula yang juga menjadi pantangan radang sendi sebaiknya juga dihindari karena menjadi salah satu makanan penyebab flu tulang semakin parah.

5. Makanan beralkohol

Tidak hanya minuman saja, makanan juga ada yang mengandung alkohol seperti buah kelengkeng, durian, rambutan dan segala jenis tape. Walaupun enak, beberapa makanan yang memiliki kandungan alkohol ini sebaiknya dihindari karena bisa menjadi alasan mengapa tulang terasa sakit dan ngilu semakin menjadi saat flu tulang.

6. Makanan kemasan

Pada umumnya makanan kemasan juga termasuk makanan penyebab flu tulang bisa semakin parah karena mengandung bahan pengawet juga garam yang cukup tinggi, yang mana selain tidak memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh juga bisa mempermudah tubuh mengalami dehidrasi. Apabila tubuh dehidrasi maka otot akan semakin sakit dan kekebalan tubuh juga akan menurun.

7. Makanan yang dimakan mentah

Bakteri atau virus yang bisa mengganggu sitem kekebalan tubuh bisa menyebar melalui makanan yang dikonsumsi mentah seperti lalapan, sushi, sashimi dan lain sebagainya. Sehingga dengan meminimalisir dan menghindari mengkonsumsi makanan mentah bisa membantu cara menyembuhkan flu tulang secara alami juga mencegah flu tulang semakin parah.

Selain menjadi makanan penyebab flu tulang semakin parah, makanan di atas juga sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya agar tidak menyebabkan gangguan atau macam-macam penyakit tulang lainnya. Demikian ulasan mengenai beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi agar tidak memperparah flu tulang yang dialami. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 15th, November 2018 / 02:34 Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman