Sponsors Link

10 Fungsi dan Peran dari Tulang Pengumpil yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Sebelum kita membahas dan mempelajari tentang fungsi dan peran dari tulang pengumpil, maka sebaiknya kita juga mengetahui bahwasanya tulang merupakan salah satu yang berfungsi vital bagi tubuh. Tualnglah yang nantinya akan menyokong tubuh dan memudahkan kita dalam bergerak secara bebas. Danjika terjadi masalah seperti tulang rusuk sakit ketika batuk akan mempengaruhi kinerja tulang tersebut.

ads

Karena sangat vital, maka peranan tulang ini harus dijaga dan duganakan dnegan baik sbeagaimana mestinya. Orang akan melakukan beragam jenis olahraga secara rutin untuk membuat tulang menjadi kuat dan melatih ototnya agar tidak mengalami cidera, karena masing-masing tulang memiliki fungsi nya seperti fungsi tulang hasta di dalam tubuh.

Pengertian Tulang Pengumpil

Sebelum kita lanjut akan pembahasan dari fungsi dan peran dari tulang pengumpil ini, maka kita sebaiknya mempelajari apa yang dimaksud dari tulang pengumpil tersebut. yang dimaksud dengan tulang pengumpil adalah bagian dari tulang yang memiliki ukuran 2 ujung yang lebih pendek jika dibandingkan dnegan tulang ulna. Ini adalah tulang yang berada pada bagian lengan bawah. Dan tulang pengumpil ini juga dikenal dnegan sebutan tulang radius. Ini adalah bagian tulang yang membantu dalam penyusunan tulang lengan bawah dnegan tulang hasta.

Jadi sebenarnya fungsi dan peran dari tulang pengumpil ini tidak bisa dijauhkan dari fungsi tulang hasta. tentunya memang ada beberapa perbedaan tulang pengumpil dan hasta yang membedakan keduanya. Dan dipostingan kali ini kita akan membahas secara lebih detail tentang fungsi dan peran dari tulang pengumpil ini. Kita bisa menemukan sum-sum tulang di dalam tulang pengumpil ini. Bentuk dari kedua jenis tulang yakni hasta dan pengumpil ini sama, yakni berbentuk tulang pipa. Tulang ini memiliki rongga, panjang dan memiliki ujung yang besar.

Letak dari tulang pengumpil ini sejajar dnegan letak tulang hasta. jadi, tidak terlalu sulit untuk menemukan letak dari tulang pengumpil jika and amengetahui dimana letak tulang hasta tersebut.otot yang ada di tulang pengumpil ini akan memantu menggerakan tulang lengan bawah dan inilah yang nantinya melakukan pergerakan pada bagian siku.

Fungsi dan Peran Tulang Pengumpil

Tulang sendiri merupakan jaringan ikat yang telah tersusun dari serat, sel dan juga matriks ekstraseluler. bagian terkeras dan terletak di lapisan terluang daerah tulang ini adalah daerah yang dinamai dnegan naman matriks tulang. Adanya endapan mnieral yang ada di tulang inilah yang menjadi bahan penyusun matriks tulang dan menyebabkan matriks tersebut bisa terbentuk dnegan baik.

Nah setelah sebelumnya kita membahas susunan dari tulang, kali ini kita juga akan membahas bagian terpenting dari tulang pengumpil yang merupakan penyusun tulang tersebut. Kita perlu mengetahui bagian-bagian ini agar nantinya tidak terjadi kesalahan dan menyebabkan cidera seperti cidera tulang rawan. Seperti yang kita jabarkan diatas bahwasanya tulang pengumpil ini adalah bagian dari tulang lengan bawah yang nantinya akan menyambungkan lengan bawah bersama siku. Ini juga dikenal dengan istilah tulang radius.

Jari-jarinya lebih pendek dari dua tulang panjang lengan bawah, yang lain adalah ulna. Ini memanjang dari siku ke pergelangan tangan, dan adalah tulang di sisi ibu jari lengan. Berputar di sekitar ulna dan memungkinkan tangan untuk memutar dan menjadi fleksibel. Jari-jarinya adalah tulang panjang berbentuk prisma, yang sedikit melengkung secara longitudinal. Ini berartikulasi dengan kapitulum humerus, takik radial dan kepala ulna.

Setelah sebelumnya kita mengenali apa itu tulang pengumpil, maka berikut akan kita jabarkan fungsi dan peran dari tulang pengumpil tersebut, yaitu:


  1. Tulang yang memiliki tugas untuk menggerakan anggota tubuh bagian atas.
  2. Tulang yang akan menjadi pengghubung antara jempol (ibu jari) dan ruas siku.
  3. Tulang yang merupakan penyusun lengan pada bagian bawah.
  4. Tulang yang merupakan tempat melekatnya bagian dari otot lengan.
  5. Tulang yang memiliki fungsi signifikan dnegan tulang hasta.
  6. Menjadi salah satu tulang penguat bagi bagian lengan bawah.
  7. Menjadi salah satu tulang yang memiliki peran dalam pergerakan jari.
  8. Mengontrol gerakan siku
  9. Menjadi tulang yang menyusun bagian dari tulang lengan bawah.
  10. Sebagai salah satu tumpuan untukl menopang bagian lengan.

Demikianlah fungsi dan peran dari tulang pengumpil.Dan fungsi ini secara tidak langsung juga memerlukan kerja sama dari tulang hasta agar keduanya bisa bekerja secara optimal dan menghasilkan gerakan yang selaras. Tulang pengumpil nantinya akan menempel di otot yang ada di ujung tulang hasta, yang manan nantinya otot ini akan berfungsi sebagai penggerak lengan bawah dnegan sendi engsel dan akan meberikan gerakan naik maupun gerakan turun lengan tersebut.

Batang jari-jari memiliki dasar yang luas yang berartikulasi dengan ujung bawah ulna dan dengan tulang bagian atas pergelangan tangan. Dua ekstremitasnya disebut sebagai ujung proksimal dan distal. Ujung distal adalah blok tulang yang dapat dirasakan di ujung distal lengan depan, belakang dan sisi lateral. Menurut InnerBody, jari-jarinya paling sempit di siku dan melebar saat melebar ke pergelangan tangan. Pada ujung proksimalnya, kepala bulat membentuk bagian pivot dari sendi siku yang memungkinkan rotasi lengan bawah dan tangan. Ini jauh lebih luas di ujung distalnya daripada ulna dan membentuk sebagian besar sendi pergelangan tangan.

Radius , dalam anatomi, bagian luar dari dua tulanglengan bawah saat dilihat dengan telapak tangan menghadap ke depan. Semua vertebrata darat memiliki tulang ini . Pada manusia itu lebih pendek dari tulang lengan bawah lainnya, yangulna. Kepala jari-jari berbentuk disk, permukaan cekung atasnya berartikulasi dengan humerus ( tulang lengan atas ) di atas, dan permukaan sisi berartikulasi dengan ulna. Di bagian atas poros adalah proyeksi kasar, yangtuberositas radial, yang menerima tendon biseps .

Sebuah punggungan, yang merupakan batas interoseus, memanjang panjang poros dan memberikan lampiran untuk membran interoseus yang menghubungkan radius dan ulna. Proyeksi pada ujung bawah jari-jari,Proses styloid, dapat dirasakan di bagian luar pergelangan tangan di mana ia bergabung dengan tangan . Permukaan bagian dalam proses ini menyajikan ulnaris takik berbentuk U di mana ulna berartikulasi. Di sini jari-jari bergerak di sekitar dan melintasi ulna ketika tangan diputar untuk menyebabkan telapak tangan menghadap ke belakang (pronasi ).

Anatomi Tulang Radius

Tulang jari-jari adalah lateral dan sedikit lebih pendek dari dua tulang lengan bawah. Berputar untuk menghasilkan gerakan supinasi dan pronasi lengan bawah. Supinasi adalah gerakan yang memungkinkan Anda untuk mengubah telapak tangan Anda ke atas dalam siku dan pronasi yang dilipat menyebabkannya menghadap ke tanah. Gerakan-gerakan ini sangat penting untuk banyak tugas sehari-hari seperti menulis, menggambar, dan melempar bola. Jari-jari berputar di sekitar ulna untuk menghasilkan gerakan pada sendi radio-ulnar proksimal dan distal.

Itu berarti radius bergerak di sekitar ulna untuk menghasilkan gerakan. Jari-jarinya adalah tulang panjang khas yang terbuat dari tulang kompak dengan pusat berongga dan tulang spons mengisi ujungnya. Pada ujung proksimal dan distal jari-jari, tulang kompak diperkuat oleh kolom tipis tulang spons yang memberikan radius kekuatan ekstra tanpa menambah massa secara signifikan. Permukaan luar jari-jari ditutupi lapisan tipis jaringan ikat fibrosa yang dikenal sebagai periosteum. Bagian artikular ditutupi dengan kartilago hialin.

Sendi yang dibentuk oleh Radius

Rdius ini mengambil bagian dalam pembentukan sendi berikut :

  • Sendi Siku, ini membentuk sendi radiocaptellar oleh artikulasi antara kepala jari-jari, dan capitellum humerus.
  • Sendi Radioulnar Proksimal, artikulasi antara kepala radial, dan takik radial ulna.
  • Pergelangan Tangan, sendi terbentuk oleh ujung distal jari-jari dan tulang karpal.
  • Sambungan Radioulnar Distal, artikulasi antara ulnaris takik dan kepala ulna.

Radius adalah tulang lateral lengan bawah dan homolog dengan tibia ekstremitas bawah. Radius bersama dengan ulna menghubungkan siku ke lengan bawah. Ini memiliki ujung atas, ujung bawah, dan poros.


Ujung Atas Tulang Radius

Bagian paling atas jari-jari berbentuk cakram dan disebut kepala jari-jari. Itu ditutupi dengan kartilago hialin. Ini memiliki permukaan cekung superior yang berartikulasi dengan capitellum humerus di sendi siku. Lingkar tulang ini juga artikular dan berartikulasi dengan takik radial ulna dan ligamen annular, sehingga membentuk sendi radioulnar superior seperti adanya ciri-ciri patah tulang pergelangan tangan. Kepala terus di bawah sebagai leher yang tertutup oleh batas bawah sempit ligamen annular. Kepala dan leher bebas dari ikatan kapsuler dan dapat berputar bebas di dalam soket.

Penonjolan tulang yang disebut tuberositas radius terletak tepat di bawah bagian medial leher. Ini memiliki bagian posterior kasar dan bagian anterior yang halus. Ini menyediakan lampiran ke tendon biseps. Distal ke siku, tubuh jari-jari terus dalam garis lurus sepanjang sisi lateral lengan bawah sebelum tiba-tiba melebar tepat di atas sendi pergelangan tangan. Poros radial mengembang dengan diameter saat bergerak secara distal. Sama seperti ulna, itu berbentuk segitiga, dengan tiga perbatasan dan tiga permukaan. Di tengah permukaan lateral , ada kekasaran kecil untuk pemasangan otot pronator teres. Ini memiliki tiga batas dan tiga permukaan.

Batas anterior membentang dari batas anterior tuberositas radial ke proses styloid. Ini oblique di bagian atas batang, dan vertikal di bagian bawah.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Sunday 09th, December 2018 / 03:28 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang