Sponsors Link

8 Cara Terapi Jari Bengkok Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Sponsors Link

Penyakit tulang bukan merupakan suatu hal yang dinanti-nanti oleh setiap orang. Cidera yang dialami tulang akan menghambat segala gerak serta aktifitas sehari-hari. Seperti tulang tangan yang patah. Tangan yang patah dapat diobati dengan cara tradisional maupun operasi. Akan tetapi operasi juga tidak bisa 100% mengembalikan posisi tulang seperti semula. Karena operasi tulang hanya membantu dalam menyambungkan kembali tulang tersebut. Selain itu, akibat patah tulang yang tidak diobati juga merupakan faktor yang menyebabkan proses pemulihan sedikit lebih lama.

ads

Proses pemulihan serta pengembalian pada bentuk semula, tergantung dari proses penyembuhan yang biasanya dilakukan oleh unsur-unsur didalam tulang untuk mengembalikan kondisi tulang seperti semula. Tulang yang tidak menyatu dengan benar merupakan penyebab tulang bengkok setelah operasi. Untuk bisa mengembalikan tulang yang patah setidaknya menyerupai posisi semula dapat dilakukan dengan cara terapi tulang bengkok. Penyakit tulang tangan bengkok macam ini biasa terjadi karena adanya cidera setelah terjadi kecelakaan.

Cidera atau kecelakaan tidak hanya menyerang pada bagian tulang yang memiliki bentuk lebih besar dari yang lainnya. Melainkan juga dapat menyerang pada tulang yang sangat kecil sekalipun. Seperti tulang bahu serta tulang jari. Tulang jari yang mengalami cidera juga akan sangat menghambat pekerjaan. Utamanya bagi orang-orang yang bekerja di kantor dengan tugas melakukan pengetikan di setiap kerjanya akan menjadi penyebab jari tangan bengkok. Cidera tulang jari biasanya juga menyebabkan bengkoknya tulang jari. Cara terapi jari bengkok yang dapat dilakukan yakni :

1. Mengkompres Jari Yang Bengkok

Beberapa penyebab jari bengkok karena adanya kegiatan yang terus menerus dilakukan berulang-ulang tanpa istirahat yang cukup pada jari. Yang mana hal itu juga menyebabkan tangan kaku tidak bisa digerakkan. Untuk itu melakukan kompres terhadap jari yang bengkok dapat dilakukan. Karena air es yang dingin dapat memberikan ketenangan pada syaraf jari yang tegang. Sehingga jari bisa rileks dan digerakkan lurus secara perlahan.

2. Mengurangi Intensitas Gerakan Berulang Yang Sama

Musisi, juru tik serta petani merupakan salah satu profesi yang bisa menyebabkan jari tangan bengkok. Karena adanya kegiatan berulang yang menuntut untuk jari tangan selalu menekuk. Sehingga untuk menghindari terjadinya jari tangan yang bengkok dengan mengurangi intensitas gerakan secara berulang-ulang. Atau bisa juga dengan melakukan beberapa peregangan jari tangan. Selain itu, jari bengkok juga menyebabkan telapak tangan sulit menggenggam.

3. Melakukan Peregangan Pada Tendon

Mengenali ciri-ciri tulang bengkok sangat diperlukan untuk melakukan pencegahan awal. Agar bagian tubuh yang akan mengalami kebengkokan bisa segera diatasi. Salah satunya pada jari. Cara terapi jari bengkok bisa dilakukan dengan melakukan peregangan pada tendon yang memendek. Cara yang dapat dilakukan dengan merendam tangan ke dalam campuran air garam inggris yang hangat selama 10-15 menit.

Kemudian letakkan telapak tangan diatas meja, mulai lakukan peregangan pergelangan tangan dengan meletakkan berat tangan pada meja tadi. Lakukan dengan hitungan 30 detik dengan intensitas waktu 3 hingga 5 kali sehari. Setelah telapak tangan merasa lemas, lakukan peregangan pada jari tangan secara perlahan. Peregangan pada jari bisa sambil dengan melakukan pemijatan ringan. Dan disarankan pemijatan untuk cara terapi jari bengkok hendaknya dilakukan oleh fisioterapi berpengalaman.

4. Menggunakan Alat Untuk Meluruskan Jari

Sponsors Link

Menggunakan bidat/belat jari yang pas merupakan salah satu cara terapi jari bengkok yang dapat dilakukan. Bidai merupakan papan kecil untuk membalut tulang yang patah. Hal ini juga bisa digunakan untuk membalut jari tangan sakit kalau ditekuk yang disebabkan oleh beberapa hal. Alat ini bisa digunakan saat tidur agar jari dapat melakukan peregangan selama tidur, selain itu juga untuk mencegah tangan menggenggam atau menggulung saat tidur.

Bidai yang bagus untuk digunakan yang terbuat dari alumunium dengan cara merekatkan menggunakan plester atau perban anti air. Melepaskan bidai secara berkala dalam sehari untuk merentangkan serta memberikan pijatan pada jari juga diperlukan. Waktu penggunaan alat ini sekitar 6 minggu.

5. Terapi Menggunakan Bola

Bola dapat membantu meluruskan jari kaki yang bengkok. Cara terapi jari bengkok yang satu ini akan membantu jari kaki untuk bisa lurus seperti milik orang-orang pada umumnya. Cara penggunaannya cukup meletakkan bola berada tepat dibawah jari kaki. Kemudian gerakkan bola dengan kekuatan jari kaki dan telapak kaki dengan gerakan maju mundur. Lakukan gerakan ini sesuai kemampuan yang dimiliki dan tidak memaksakan diri.

6. Terapi Dengan Memanfaatkan Tenaga Dari Luar

Sponsors Link

Terapi sambil duduk dapat membantu dalam melakukan terapi ini. Terapi ini juga merupakan cara terapi jari bengkok yang akan memudahkan serta menghemat tenaga. Dua cara terakhir ini bisa dilakukan di rumah dengan alat yang sangat mudah dan gampang ditemui di rumah. Terapi sambil duduk bisa dilakukan untuk memudahkan dalam memberikan tekanan pada jari kaki yang diperoleh dari luar tenaga jari kaki. Caranya dengan cukup menekan atau menekuk jari kaki ke atas dan ke bawah dengan tenaga yang tidak terlalu kuat.

7. Terapi Dengan Berdiri Tegak

Jika dirasa tenaga yang dimiliki kuat untuk melakukan terapi secara berdiri tegak, terapi yang satu ini bisa digunakan sebagai cara terapi jari bengkok. Caranya dengan menempelkan kedua telapak kaki pada lantai. Kemudian lakukan gerakan lurus pada jari kaki ke dalam dan keluar dari telapak kaki. Hal ini dapat membantu dalam meluruskan jari kaki yang bengkok.

8. Konsumsi Obat Yang Mengandung Anti-Inflamasi

Konsumsi NSAID (Non-Steroidal anti-inflammatories drugs) seperti ibuprofen atau naproxen. Kandungan zat yang ada didalam NSAID akan mengurangi rasa nyeri pada jari bengkok. Perlu diperhatikan jika mengkonsusi obat ini harus sesuai dengan resep dokter. Karena jika penggunaannya lebih dari 2 minggu atau berlebih akan menimbulkan luka atau radang pada lambung (maag). Cara ini dilakukan untuk membantu mempercepat penyembuhan dengan cara terapi jari bengkok.

Beberapa cara terapi jari bengkok bisa dilakukan di rumah secara mandiri. Akan tetapi, alangkah lebih baik jika melakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada dokter spesialis. Dan cara terapi yang dilakukan juga atas anjuran dari dokter akan lebih bagus lagi. Itulah beberapa cara terapi jari bengkok, semoga bisa membantu serta memberikan manfaat dalam penyembuhan jari yang bengkok.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Thursday 03rd, May 2018 / 03:36 Oleh :
Kategori : Pengobatan