Sponsors Link

5 Obat Tulang Dada Menonjol yang Paling Efektif

Sponsors Link

Kondisi seseorang dengan tulang dada menonjol biasanya disebut dengan istilah dada merpati atau pectus carinatum. Tulang dada menonjol keluar ini merupakan kondisi yang penyebab penyakitnya sebenarnya belum pasti, tapi berhubungan dengan gangguan atau masalah pada pertumbuhan di jaringan ikat dan bukan menjadi salah satu penyebab tulang tumbuh. Kondisi ini dapat dialami oleh orang tanpa memandang usia, karena bahkan bisa terjadi di berbagai rentang usia bahkan pada bayi. Berikut ini adalah beberapa metode pengobatan atau obat tulang dada menonjol yang bisa digunakan, antara lain adalah:

ads

1. Operasi

Seperti pada beberapa macam penyakit ortopedi, operasi adalah metode yang sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit termasuk tulang dada yang menonjol. Dengan melakukan operasi, tulang dada yang menonjol akan diperbaiki dengan membenahi posisi tulang disesuaikan dengan bentuk normal. Biasanya akan dipasang suatu batangan metal yang berfungsi untuk mencegah tulang dada mengalami pergeseran kembali. Pemulihan dengan operasi biasanya akan memakan waktu sekitar 6 bulan dan penderita harus menmbatasi pergerakan tubuh.

2. Prosedur Nuss

Metode yang bisa digunakan sebagai obat tulang dada menonjol adalah melakukan prosedur manipulasi tulang dengan prosedur Nuss. Pada prosedur ini, penderita akan diberikan sayatan kecil kemudian akan diberikan suatu alat penyangga berupa besi melengkung yang bisa mengurangi rasa sakit akibat mengalami tulang dada menonjol. Pada umumnya setelah sekitar 4 bulan penggunaan alat, penderita akan terlihat lebih tegap. Tulang dada penderita akan rata dan kembali normal, sehingga kepercayaan diri juga dapat meningkat. Biasanya alat penyangga akan dilepas 2 tahun setelah prosedur Nuss dilakukan.

3. Prosedur Ravitch

Prosedur ini adalah metode pembedahan dengan pemberian sayatan berukuran besar pada penderita di dada bagian tengah. Dokter akan mencari tulang dada cacat seperti karena cedera tulang rusuk yang mengakibatkan keadaan tulang dada menonjol. Tulang dada yang cacat kemudian akan diangkat lalu dikembalikan pada posisi yang normal, dibantu dengan suatu alat penopang besi. Biasanya masa pemulihan dengan metode obat tulang dada menonjol ini akan berlangsung sekitar 6-12 bulan, setelah pulih penopang besi akan dikeluarkan dari tulang adad penderita.

4. Antibiotik

Setelah melalui prosedur operasi, bukan berarti penderita sembuh total dari penyakit tulang dada menonjol. Ada beberapa kemungkinan lain yang bisa saja terjadi seperti infeksi dari mikroorganisme maupun virus. Antibiotik biasanya dimasukkan ke dalam daftar obat pasca operasi tulang dada menonjol, juga sering digunakan untuk penanganan pasca operasi lain seperti tulang belakang menonjol keluar. Agar terjadinya infeksi dapat diminimalisir dengan optimal, konsumsi antibiotik harus teratur dan sampai habis.

5. Obat pereda nyeri

Sama seperti pengobatan kelainan pada tulang lainnya, obat pereda nyeri dibutuhkan selama masa pemulihan tulang dada menonjol. Setelah operasi sangatlah normal apabila terasa sakit atau nyeri pada daerah dada, sehingga obat pereda nyeri pada umumnya diresepkan untuk obat tulang dada menonjol. Beberapa contoh obat pereda nyeri yang digunakan adalah ibuprofen, naproksen atau yang lainnya disesuaikan dengan kondisi penderita. Obat pereda nyeri akan mengurangi rasa sakit, ngilu dan nyeri yang timbul pasca operasi tulang dada menonjol.

Demikian informasi mengenai metode pengobatan dan obat yang bisa digunakan menangani salah satu dari macam-macam penyakit tulang yaitu sebagai obat tulang dada menonjol. Untuk konsumsi obat pastikan selalu dalam petunjuk dan pengawasan dokter.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Friday 05th, October 2018 / 02:13 Oleh :
Kategori : Pengobatan